PROFIL KECEPATAN MEMBACA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI: MASIH MENJADI SEBUAH TANTANGAN

Authors

  • Eva Kristinawati Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Reni Ambarwati
  • Nur Qomariyah
  • Sari Kusuma Dewi

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v2n1.p1-8

Keywords:

intensitas membaca, memorizing speed, membaca cepat

Abstract

Membaca dengan cepat disertai dengan pemahaman penuh merupakan hal yang sangat diharapkan oleh pembaca. Penelitian deskriptif kualitatif ini mendekripsikan profil membaca cepat 87 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi melalui teknik analisis deskriptif kualitatif terhadap skor memorizing speed. Instrumen yang digunakan meliputi angket untuk penjaringan data sosio-demografi, empat bacaan biologi berbahasa Inggris yang terdiri dari 500 kata beserta pertanyaan untuk tiap bacaan. Penelitian ini mengaitkan skor yang diperoleh dengan beberapa data sosio-demografi responden, misalnya kemampuan Bahasa Inggris, asal daerah, dan intensitas membaca. Lebih dari separuh responden mencapai kategori sedang (56%), sedangkan kategori tinggi hanya dapat dicapai oleh empat mahasiswa. Kelas Unggulan mencapai rerata skor 140 wpm (word per minute) dan unggul dari kelas reguler 109 wpm. Proporsi kategori rendah paling banyak secara berturut-turut dimiliki oleh responden yang berasal dari desa (56,7%), kota kecil (32,5%), dan kota besar (18,75%). Tidak semua mahasiswa yang pernah mengikuti kursus Bahasa Inggris mencapai skor yang lebih baik. Namun, semakin rendah kategori kemampuan membaca, semakin banyak dijumpai mahasiswa yang tidak pernah mengikuti kursus. Intensitas membaca dalam satu bulan nampaknya tidak berpengaruh secara langsung terhadap skor mahasiswa. Empat mahasiswa yang memiliki kategori tinggi justru membaca kurang dari satu buku selama satu bulan. Profil membaca cepat mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi menyisakan tantangan, baik untuk dosen pengampu maupun mahasiswa agar dapat meningkatkan skor yang lebih tinggi.

Author Biography

Eva Kristinawati Putri, Universitas Negeri Surabaya

Juruan Biologi

References

Amir, A. (2019). The Effect of Reading Strategies and Speed Reading on Students Reading Comprehension Skill in Higher Education. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 301: 409-412.

Asgari, M., Rafiee, M. (2018). Meta-cognitive Learning Strategies: The Effect of Training Strategies on Memorizing, Comprehension and The Speed of Reading. Khazar Jurnal of Humanities and Social Sciences, 21(3): 21-34.

Balota, D. A. (2016). Speed Reading: You Cant Always Get What You Want, but Can You Sometimes Get What You Need? Psychological Science in the Public Interest, 17(1): 13.

Haerazi, Irawan, L. A. (2020). The Effectiveness of ECOLA Technique to Improve Reading Comprehension in Relation to Motivation and Self-Efficacy. iJET 15(1): 61-76.

Rick T. (2014). How to Measure Your Speed Reading. Diakses melalui web http://www.insanity-mind.com/measure-reading-speed/ pada 9 Oktober 2020.

Karim, S. A., Sudiro, S., Sakinah, S., Aziz Y. A. (2016). Slow Reading and Speed Reading: Two Different Techniques in Reading Comprehension. Proceedings of the 5th International Seminar on Quality and Affordable Education (ISQAE) 2016 Enriching Quality and
Providing Affordable Education through New.

Leonard, L. B., Weismer, S. E., Miller, C. A., Francis, D. J., Tomblin, J.B., Kail, R.V. (2007). Speed of Processing, Working Memory, and Language Impairment in Children. Journal of Speech, Language, and Hearing Research, 50: 408-428.

Löwenadler, J. (2019). Patterns of variation in the interplay of language ability and general reading comprehension ability in L2 reading. Language Testing, 36(3): 369390.

Mahriza, R. (2016). Speed Reading to Improve Students Reading Skill. JL3T, II(2): 86-100.

Papatga, E., Ersoy, A. (2016). Improving Reading Comprehension Skills Through the SCRATCH Program. International Electronic Journal of Elementary Education, 9:124150.

Sabet, M. K., Tahriri, A., Haghi, E. B. (2014). The impact of task-based approach on Iranian EFL learners motivation in writing research abstracts. Journal of Language Teaching and Research, 5(4): 953-962.

Downloads

Published

2021-03-30

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 256 , PDF Downloads: 5717