Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Inklusi
DOI:
https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p103-112Keywords:
Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan InklusiAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI pada sekolah inklusi di SMP IT Nidaul Hikmah Kota Salatiga pada tahun ajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B dan VIII B yang berjumlah 62 orang termasuk peserta didik berkebutuhan khusus tunadaksa dan kesulitan belajar (slow learner). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pendekatan korelasional. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data atau informasi menggunakan angket/lembar kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji hipotesis korelasi product moment yang dibantu dengan program aplikasi SPSS versi 25.00. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kompetensi pedagogik guru PAI yang masuk kategori sangat rendah sebesar 3,2%, kategori rendah sebesar 27,9%, kategori sedang sebesar 48,4% dan kategori tinggi sebesar 20,9%. Motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI yang masuk kategori sangat rendah sebesar 27,4%, kategori rendah sebesar 27,4%, kategori sedang sebesar 33,9% dan kategori tinggi sebesar 11,3%. Hubungan kompetensi pedagogik guru PAI dengan motivasi belajar dalam mata pelajaran PAI berdasarkan perhitungan korelasi menyatakan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan nilai > r tabel sebesar 0,495 > 0,244. Menunjukan bahwa hubungan kompetensi pedagogik guru PAI dengan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI mempunyai korelasi positif yang sedang dan signifikan.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Inklusi
Abstract
This study aims to determine whether there is a correlation between the pedagogical competence of Islamic Education Teachers and the learning motivation of students in Islamic Education subjects in inclusive schools at SMP IT Nidaul Hikmah, Salatiga in academic year 2018/2019. The subjects in this study were 62 students of class VII B and VIII B including students with special needs with disabilities and learning difficulties (slow learner). This approach of research is quantitative correlation. The method used to obtain data or information by using a questionnaire or questionnaire sheet. The analysis used in this research is using descriptive analysis and the product moment correlation hypothesis testing which assisted by the application program SPSS version 25.00. The results of this study showed that the pedagogical competence of Islamic Education teachers in the very low category was 3.2%, the low category was 27.9%, the moderate category was 48.4% and the high category was 20.9%. The learning motivation of students in the Islamic Education subject in the very low category was 27.4%, the low category was 27.4%, the moderate category was 33.9% and the high category was 11.3%. The correlation between Islamic Education teacher pedagogical competence and learning motivation in the Islamic Education subjects based on the calculation of the correlation stated that the null hypothesis (Ho) was rejected and the alternative hypothesis (Ha) was accepted with the value of > r table with 0.495 > 0.244. Indicated that the correlation between the Islamic Education teacher pedagogical competence and students learning motivation in Islamic Education subjects has a positive moderate category and significant correlation.
Keywords: Teacher Pedagogical Competence, Learning Motivation, Islamic Education, Inclusive Education
References
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section


