Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Inklusi

Authors

  • suli wati IAIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p103-112

Keywords:

Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Inklusi

Abstract

 

Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kompetensi  pedagogik guru PAI dengan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI pada sekolah inklusi di SMP IT Nidaul Hikmah Kota Salatiga pada tahun ajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B dan VIII B yang berjumlah 62 orang termasuk peserta didik berkebutuhan khusus tunadaksa dan kesulitan belajar (slow learner). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pendekatan korelasional. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data atau informasi menggunakan angket/lembar kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji hipotesis korelasi product moment yang dibantu dengan program aplikasi SPSS versi 25.00. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kompetensi pedagogik guru PAI  yang masuk kategori sangat rendah sebesar 3,2%, kategori rendah sebesar 27,9%, kategori sedang sebesar 48,4% dan kategori tinggi sebesar 20,9%. Motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI yang masuk kategori sangat rendah sebesar 27,4%, kategori rendah sebesar 27,4%, kategori sedang sebesar 33,9% dan kategori tinggi sebesar 11,3%. Hubungan kompetensi pedagogik guru PAI dengan motivasi belajar dalam mata pelajaran PAI berdasarkan perhitungan korelasi menyatakan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan nilai  > r tabel sebesar 0,495 > 0,244. Menunjukan bahwa hubungan kompetensi pedagogik guru PAI dengan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI mempunyai korelasi positif yang sedang dan signifikan.

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Inklusi

 

 Abstract

This study aims to determine whether there is a correlation between the pedagogical competence of Islamic Education Teachers and the learning motivation of students in Islamic Education subjects in inclusive schools at SMP IT Nidaul Hikmah, Salatiga in academic year 2018/2019. The subjects in this study were 62 students of class VII B and VIII B including students with special needs with disabilities and learning difficulties (slow learner). This approach of research is quantitative correlation. The method used to obtain data or information by using a questionnaire or questionnaire sheet. The analysis used in this research is using descriptive analysis and the product moment correlation hypothesis testing which assisted by the application program SPSS version 25.00. The results of this study showed that the pedagogical competence of Islamic Education teachers in the very low category was 3.2%, the low category was 27.9%, the moderate category was 48.4% and the high category was 20.9%. The learning motivation of students in the Islamic Education subject in the very low category was 27.4%, the low category was 27.4%, the moderate category was 33.9% and the high category was 11.3%. The correlation between Islamic Education teacher pedagogical competence and learning motivation in the Islamic Education subjects based on the calculation of the correlation stated that the null hypothesis (Ho) was rejected and the alternative hypothesis (Ha) was accepted with the value of > r table with 0.495 > 0.244. Indicated that the correlation between the Islamic Education teacher pedagogical competence and students learning motivation in Islamic Education subjects has a positive moderate category and significant correlation.

Keywords: Teacher Pedagogical Competence, Learning Motivation, Islamic Education,  Inclusive Education

References

<p>Al-Zyoudi, Mohammed. 2006. <em>Teachers Attitudes Towards Inclusive Education In Jordanian Schools. International Journal Of Special Education</em>. Vol. 21, No. 1<em></em></p><p>Arikunto Suharsimi. 2016. <em>Manajemen Penelitian</em>. Jakarta: Rineka Cipta</p><p>Ariastuti, Reni dan Vitri Dyah Herawati. 2016. Optimalisasi Peran Sekolah Inklusi. <em>Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat</em>. Vol. 1, No. 1</p><p>Armstrong, Derrick, Dkk. 2011. <em>Inclusion: By Choice Or By Chance?. International Journal Of Inclusive Education. </em>Vol. 15, No. 1</p><p>Desiningrum, Dinie Ratri. 2016. <em>Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. </em>Yogyakarta: Psikosain.</p><p>Garnida, Dadang. 2015. <em>Pengantar Pendidikan Inklusif</em>. Bandung: Refika Ditama</p><p>Husein, Latifah. 2017. <em>Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional</em>. Yogyakarta: Pustaka Baru Press</p><p>Ilahi, Takdir Muhammad. 2013. <em>Pendidikan Inklusif</em>. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media</p><p>Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. 2016. <em>Metodologi Penelitian</em>. Bandung: PT. Refika Aditama.</p><p>Irwantoro Nur dan Yusuf Suryana. 2016. <em>Kompetensi Pedagogik. </em>Surabaya: Genta Goup Production.Use the "Insert Citation" button to add citations to this document.</p><p> </p><p>Ismail. 2015. Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. <em>Jurnal Mudarrisuna</em>. Vol. 4, No. 2</p><p>Jung, Carl G., diterjemahkan oleh Afthonul Afif. 2017. <em>Psikologi dan Agama</em>. Yogyakarta: IRCiSoD</p><p>Lunenburg, Fred C. 2011. <em>Goal-Setting Theory of Motivation. International Journal of Management, Business, and Administration</em>. Vol. 15, No. 1</p><p>Mahabbati, Aini. 2012. Pendidikan yang Inklusif dan Menyenangkan. <em>Hasil Penelitian Disajikan dalam Seminar Nasional Diseminasi Hasil Pelatihan Luar Negeri Bidang Pendidikan Dasar Program Bermutu Dikti Hotel Grand Dafam MM Yogyakarta,</em> 23-25 Mei.</p><p>Nuryovil, dkk. 2017. Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian Guru. <em>Journal of Mechanical Engineering Education. </em>Vol. 4, No. 2</p><p>Santika, Dewa Ayu Putu Candra, dkk. 2013. Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PPL Jurusan Pendidikan Teknik Informatika terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Se-Kota Singaraja. <em>Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika</em>. Vol. 6, No. 3</p><p>Sardiman, 2010. <em>Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar</em>. Jakarta: Raja Grafindo Persada</p><p>Siberman, Melvin L., diterjemahkan oleh Raisul Muttaqien. 2016. <em>Active Learning.</em> Bandung: Nuansa</p><p>Soetjipto dan Raflis Kosasi. 2009. <em>Profesi Keguruan</em>. Jakarta: Rineka Cipta.</p><p>Tarsidi, Didi. 2012. Disabilitas dan Pendidikan Inklusif pada Jenjang Pendidikan Tinggi. <em>Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.</em> Vol. 11. No. 2</p><p>Ulva, Maria dan Rizki Amalia. 2020. Proses Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Sekolah Inklusi. <em>Journal On Teacher Education</em>. Vol. 1, No. 2.</p><p>Uno, Hamzah B. 2011. <em>Teori Motivasi Dan Pengukurannya</em>. Jakarta: Bumi Aksara</p><p>Vani, Gabriela Christina, dkk. 2013. Pengasuhan (<em>Good Parenting)</em> bagi Anak dengan Disabilitas. Prosiding KSM: Riset &amp; PKM. Vol. 2, No. 1</p><p>Wathoni, Kharisul. 2013<em>. </em>Implementasi Pendidikan Inklusi Dalam  Pendidikan Islam<em>. Jurnal Stain Ponorogo</em>.Vol 1 No. 1</p><p>Wahyuningsih, Roy. 2017. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 5 Jombang. <em>Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, dan Manajemen</em>.Vol. 1, No. 1</p><p>(Kompas diakses pada tanggal 24 Agustus 2020 pukul 10.00 WIB)</p>: <a href="https://edukasi.kompas.com/read/2019/11/28/14021431/jumlah-data-masuk-siswa-disabilitas-di-sekolah-inklusif-masih-sedikit?page=all">https://edukasi.kompas.com/read/2019/11/28/14021431/jumlah-data-masuk-siswa-disabilitas-di-sekolah-inklusif-masih-sedikit?page=all</a>

Downloads

Published

2021-06-17

How to Cite

wati, suli. (2021). Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Inklusi. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 103–112. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p103-112

Issue

Section

Articles
Abstract views: 288 , PDF Downloads: 386 , PDF Downloads: 0