ANALISIS POTENSI PARIWISATA DI KABUPATEN CIANJUR

Authors

  • Tineu Indrianeu Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi
  • siti fadjarajani Universitas Siliwangi
  • Elgar Balasa Singkawijaya univeristasi Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.26740/jggp.v19n1.p73-90

Keywords:

Potensi Parwisata, Kabupaten Cianjurb

Abstract

Potensi wisata merupakan segala hal dan kejadian yang diatur dan disediakan sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pariwisata baik berupa suasana, kejadian, benda, maupun jasa. Potensi wisata juga dapat berupa sumberdaya alam yang beraneka ragam dari aspek fisik dan hayati, serta kekayaan budaya manusia yang dapat dikembangakan untuk pariwisata. Wilayah Kabupaten Cianjur memiliki potensi Sumber Daya Alam yang melimpah namun kondisi tersebut mengalami permasalahan yang dibatasi oleh kerentanan dan kelabilan tanah sehingga untuk pengelolaan dibutuhkan strategi yang tepat. Diantara ketiga 32 wilayah yang terdapat di Kabupaten Cianjur, wilayah utara berkembang dengan cepat dan letaknya sangat strategis. Dengan hal demikian penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana potensi pariwisata di Kabupaten Cianjur. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Dari hasil penelitian dihasilkan bahwa obyek wisata di Kabupaten Cianjur adalah layak dan potensial untuk dikembangkan, Kajian ini juga telah melakukan perumusan skala prioritas obyek wisata yang paling potensial untuk dikembangkan yang berdasarkan atas hasil analisis keuangan/investasi yang meliputi nilai Net Present Value (NPV), nilai Internal Rate Of Return (IRR) dan Payback Period (PP).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tineu Indrianeu, Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi

Dosen FKIP Pendidikan Geografi Universitas siliwangi/Asisiten Ahli

siti fadjarajani, Universitas Siliwangi

Pendidikan Geografi

Elgar Balasa Singkawijaya, univeristasi Siliwangi

pendidikan geografi

References

<p>A. Yoeti, O. (1997). Tourism Planning and Development. PT Pradnya Paramita.</p><p>Fadillah, N., &amp; Eforis, C. (2020). British journal. 1 (1), 3249.</p><p>Freddy Rangkuti. (2013). SWOT Analysis Technique of Dissecting Business Cases. Gramedia Pustaka Utama.</p><p>Ministry of Tourism. (2009). Law No. 10 of 2009. In the Ministry of Tourism and Creative Economy. Ministry of Tourism.</p><p>Pendit, NS (1990). Tourism Science A Prime Introduction. PT Pradnya Paramita.</p><p>Pranomo, H. (2012). Dictate of Tourism Geography Lecture. UNY.</p><p>Sugiyono. (2016). Qualitative, Quantitative, and R &amp; D Research Methods. PT Alphabet.</p><p>Sujali. (1989). Geography of Tourism and Tourism. Lecture Handbook. Sujali. (1989). Geography of Tourism and Tourism. Lecture Handbook. Yogyakarta: Faculty.</p><p>Suwantoro, G. (1997). Tourism Basics. Andi.</p><p>Suwantoro, G. (2004). Tourism Basics. Andi.</p><p>Yoeti, OA (2002). Introduction to Tourism Science. PT Angkasa.</p>

Published

2021-06-06
Abstract views: 1952 , PDF Downloads: 10509