KEGIATAN MENDAKI GUNUNG SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.26740/jggp.v19n1.p63-72Keywords:
mendaki gunung, sikap, pendidikan karakterAbstract
Pendidikan harus mampu menghasilkan individu yang berpengetahuan, terampil, dan mempunyai sikap yang baik. Selama ini pendidikan hanya berfokus pada tujuan kognitif berupa angka-angka, sedangkan aspek sikap belum tersentuh secara optimal. Perlu inovasi pembelajaran yang menghasilkan individu yang berkarakter, yang mempunyai sikap yang baik untuk hidup di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek sikap yang tumbuh selama kegiatan mendaki gunung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data adalah obervasi partisipasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan mendaki gunung dapat menumbuhkan sikap baik pada diri peserta didik. Beberapa sikap yang tumbuh adalah sikap perencanaan, kerja sama, tanggung jawab, menghormati, kebersamaan, bersyukur, jujur, peduli, berani, tangguh, toleransi, dan sikap waspada. Bagi peneliti selanjutnya, perlu pengembangan model kegiatan untuk menghasilkan individu yang lebih lengkap yang berkarakter.