KEGIATAN MENDAKI GUNUNG SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Alif Putra Lestari Surabaya State of University SMA Muhammadiyah 10 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jggp.v19n1.p63-72

Keywords:

mendaki gunung, sikap, pendidikan karakter

Abstract

Pendidikan harus mampu menghasilkan individu yang berpengetahuan, terampil, dan mempunyai sikap yang baik. Selama ini pendidikan hanya berfokus pada tujuan kognitif berupa angka-angka, sedangkan aspek sikap belum tersentuh secara optimal. Perlu inovasi pembelajaran yang menghasilkan individu yang berkarakter, yang mempunyai sikap yang baik untuk hidup di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek sikap yang tumbuh selama kegiatan mendaki gunung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data adalah obervasi partisipasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan mendaki gunung dapat menumbuhkan sikap baik pada diri peserta didik. Beberapa sikap yang tumbuh adalah sikap perencanaan, kerja sama, tanggung jawab, menghormati, kebersamaan, bersyukur, jujur, peduli, berani, tangguh, toleransi, dan sikap waspada. Bagi peneliti selanjutnya, perlu pengembangan model kegiatan untuk menghasilkan individu yang lebih lengkap yang berkarakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

<p>Andini, N. F. (2018). Pengaruh Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Sikap Kepedulian Lingkungan Bagi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi STKIP Ahlussunah Bukittinggi. <em>Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah</em>, <em>3</em>(2), 109118.</p><p>Asa, A. I. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara Dan Driyarkara. <em>Jurnal Pendidikan Karakter</em>, <em>9</em>(2), 245258.</p><p>Huda, M. (2016). <em>Implementasi Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Ranah Afektif di SMPN 1 Tanara Serang Banten</em> [UIN Syarif Hidyataullah Jakarta]. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33140</p><p>Imtihan, N., Zuchdi, D., &amp; Istiyono, E. (2017). Analisis Problematika Penilaian Afektif Peserta Didik Madrasah Aliyah. <em>Schemata: Jurnal Pascasarjana IAIN Mataram</em>, <em>6</em>(1), 6380. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata/article/download/836/465/</p><p>Kadir, S. F. (2015). Strategi Pembelajaran Afektif Untuk Investasi Pendidikan Masa Depan. <em>Jurnal Al-Tadib</em>, <em>8</em>(2), 135149.</p><p>Kemdikbud RI. (2018). Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. <em>JDIH Kemendikbud</em>, <em>2025</em>, 1527.</p><p>Mernisa, M., &amp; Djukri. (2018). PENGARUH PENERAPAN OUTDOOR LEARNING PROCESS ( OLP ) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMA PADA MATERI EKOSISTEM. <em>Jurnal Nalar Pendidikan</em>, <em>6</em>(2), 128135.</p><p>Muhtadi, A. (2016). Pengembangan Sikap dan Perilaku Siswa yang Bermoral dalam Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. <em>FIP UNY¯; Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan</em>, <em>20</em>.</p><p>Nisa, J. (2015). Outdoor Learning Sebagai Metode Pembelajaran Ips Dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. <em>SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal</em>, <em>2</em>(1), 111. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1339</p><p>Nurasiah, S. (2019). Meningkatkan Sikap Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique. <em>Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education</em>, <em>2</em>(1), 8492. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4435</p><p>Purnomo, A. (2015). PENGARUH PEMBELAJARAN OUTDOOR TERHADAP PENGETAHUAN, DAN SIKAP PELESTARIAN LINGKUNGAN MAHASISWA S1 PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG. <em>JURNAL PENDIDIKAN GEOGRAFI</em>, <em>20</em>(1), 951952.</p><p>Rahman, F. A., Kristiyanto, A., &amp; Sugiyanto. (2017). Motif, Motivasi, Dan Manfaat Aktivitaspendakian Gunung Sebagai Olahraga Rekreasi Masyarakat. <em>Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga</em>, <em>16</em>(2), 143153. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i2.4251</p><p>Rahman, F. A., Sugiyanto, &amp; Kristyanto, A. (2018). Mountaineering physical activities as community recreational sports. <em>Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, &amp; Pengembangan</em>, <em>3</em>(3), 398405.</p><p>Rasmilah, I. (2016). Pembelajaran Outdoor Study Untuk Membentuk Kepedulian Lingkungan. <em>Jurnal Geografi Gea</em>, <em>13</em>(1), 8591. https://doi.org/10.17509/gea.v13i1.3312</p><p>Saputra, D. (2017). <em>Kecerdasan Spiritual Pada Mahasiswa Pecinta Alam</em> [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/53972</p><p>Sukmaliah,  neneng E., Amalia, A. R., &amp; Neneng, A. S. (2018). METODE OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR KECERDASAN SOSIAL. <em>Jurnal ADHUM</em>, <em>VIII</em>(1), 126.</p><p>Taufik, A., Subarjah, H., Supriyadi, T., &amp; Fauzi, R. A. (2018). PENGARUH KEGIATAN PEMBELAJARAN OUTDOOR EDUCATION TERHADAP SIKAP KEMANDIRIAN SISWA DALAM PENDIDIKAN JASMANI. <em>Jurnal PGSD UPI</em>, 171180.</p><p>Yıldırım, G., &amp; Akamca, G. Ö. (2017). The effect of outdoor learning activities on the development of preschool children. <em>South African Journal of Education</em>, <em>37</em>(2), 110. https://doi.org/10.15700/saje.v37n2a1378</p><p>Zafirah, A., Agusti, F. A., Engkizar, Anwar, F., Alvi, A. F., &amp; Ernawati. (2018). Penanaman nilai-nilai karakter terhadap peserta didik Melalui permainan congkak sebagai media pembelajaran. <em>Jurnal Pendidikan Karakter</em>, <em>8</em>(1), 95104. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21678</p><p> </p>

Published

2021-06-06

How to Cite

Lestari, A. P. (2021). KEGIATAN MENDAKI GUNUNG SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER. JURNAL GEOGRAFI Geografi Dan Pengajarannya, 19(1), 63–72. https://doi.org/10.26740/jggp.v19n1.p63-72
Abstract views: 917 , PDF Downloads: 587