ANALISA FAKTOR PENENTU LOKASI PASAR SIDOTOPO WETAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/jggp.v18n1.p63-68Keywords:
Pasar, teori lokasi, sidotopo wetanAbstract
Pasar dengan lokasi yang strategis akan mempengaruhi minat masyarakat untuk mengunjungi lokasi tersebut dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Adanya penentuan lokasi pasar bukan hanya menjadi keputusan dari pemerintah, akan tetapi juga keinginan dan pemangku kepentingan dari para pengelola dan pengguna pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lokasi Pasar Sidotopo Wetan berdasarkan hasil kajian faktor lokasi penentu pasar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah metodetheoritical analytic dan empirical analytic. Metode theoritical analytic menggunakankonstruksi teori untuk melandasi perumusan faktor-faktor pertimbangan dalam menentukanlokasi pasar berdasarkan teori-teori yang ada.Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan Metode Analytical HeirarchyProcess dengan nilai Inconsistency 0.02, kriteria yang paling berpengaruh dalampenetuan lokasi Pasar Sidotopo Wetan adalah faktor sosial ekonomi. Kemudian yangmenjadi prioritas ke dua dalam penentuan lokasi pasar tersebut adalah sarana danprasarana yang tersedia, prioritas ketiga adalah kebijakan dan pemerintahan, sertaterakhir kondisi fisik wilayah