Inovasi metode pembelajaran pada masa peralihan pandemi covid-19 di SMA Veteran 1 Sukoharjo

Authors

  • Dika Yuliana Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.26740/jggp.v20n1.p19-30

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia saat ini, khususnya pada dunia pendidikan. Akibat dari adanya wabah tersebut mengharuskan semua elemen pendidikan untuk beradaptasi dengan teknologi. Metode pembelajaran konvensional di sekolah yang umumnya interaksi antara peserta didik dan guru dapat terjadi secara tatap muka, harus diubah secara besar-besaran ke metode dalam jaringan. Sistem pembelajaran daring yang fleksibel tersebut membuat kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif. Akibat dari sistem pembelajaran daring tersebut, peserta didik menjadi malas dalam belajar, kehilangan minat belajar dan kehilangan semangat belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif yang mana dalam penelitian ini mengacu pada teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara mendalam dengan informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu inovasi metode pembelajaran yang dapat diterapkan di SMA Veteran 1 Sukoharjo sebagai proses perubahan pembelajaran dari daring ke luring.

 Kata kunci : pandemi, daring, inovasi pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-08-03

How to Cite

Yuliana, D. (2022). Inovasi metode pembelajaran pada masa peralihan pandemi covid-19 di SMA Veteran 1 Sukoharjo. JURNAL GEOGRAFI Geografi Dan Pengajarannya, 20(1), 19–30. https://doi.org/10.26740/jggp.v20n1.p19-30
Abstract views: 497 , PDF Downloads: 565