Inovasi metode pembelajaran pada masa peralihan pandemi covid-19 di SMA Veteran 1 Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.26740/jggp.v20n1.p19-30Abstract
Pandemi COVID-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia saat ini, khususnya pada dunia pendidikan. Akibat dari adanya wabah tersebut mengharuskan semua elemen pendidikan untuk beradaptasi dengan teknologi. Metode pembelajaran konvensional di sekolah yang umumnya interaksi antara peserta didik dan guru dapat terjadi secara tatap muka, harus diubah secara besar-besaran ke metode dalam jaringan. Sistem pembelajaran daring yang fleksibel tersebut membuat kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif. Akibat dari sistem pembelajaran daring tersebut, peserta didik menjadi malas dalam belajar, kehilangan minat belajar dan kehilangan semangat belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif yang mana dalam penelitian ini mengacu pada teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara mendalam dengan informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu inovasi metode pembelajaran yang dapat diterapkan di SMA Veteran 1 Sukoharjo sebagai proses perubahan pembelajaran dari daring ke luring.
Kata kunci : pandemi, daring, inovasi pembelajaran
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL GEOGRAFI Geografi dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.