PENGARUH LITERASI EKONOMI SISWA, HASIL BELAJAR EKONOMI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA SMP NEGERI DI SURABAYA BARAT

Endah Murniatiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi ekonomi siswa, hasil belajar ekonomi, dan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa SMP Negeri di Surabaya Wilayah Barat. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 28 Surabaya kelas VIII sebanyak 369 orang dan siswa SMP Negeri 40 Surabaya kelas VIII sebanyak 330 siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 254 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi ekonomi siswa, hasil belajar ekonomi, dan teman sebaya secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap perilaku konsumsi. Literasi ekonomi siswa, hasil belajar ekonomi, dan teman sebaya secara simultan berpengaruh signifikan positif terhadap perilaku konsumsi siswa.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. (2007). Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2000). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Azhari, Akyas. 2004. Psikologi Umum dan Perkembangan. Bandung: Teraju.

Arnold, Mark J. dan Reynolds, Kristy. E. 2003. ”Hedonic Shopping Motivation”. Journal of Retailing, Vol. 79 No.2, pp. 77-95.

Budiwati, Neti. 2014. Analisis Literasi Ekonomi dan Perilaku Konsumen (Survey pada Guru SMA di Kota Bandung). (Disertasi). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Cauffman, E., & Steinberg, L. 2000. Researching adolescents’ judgment and culpability. In T. Grisso & R. G. Schwartz (Eds.), Youth on trial: A developmental perspective on juvenile justice (pp. 325–343). Chicago: The University of Chicago.

Chaplin, J. P. 2001. Kamus Lengkap Psikologi. Penerjemah: Dr. Kartini Kartono. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Clark, A. E. & Loheac, Y. 2005. “It Wasn’t Me, It was Them!” Social Influence in Risky Behavior by Adolescents. IZA Discussion Paper No. 1573, April 2005. Bonn, Germany : P.O. Box 7240

Damsar. 2009. Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta : Kencana Prenada Media

Damsar. 2011. Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Daroin, Ana Dhaoud. 2010. Pengaruh Kualitas Pembelajaran Ekonomi, Pengetahuan Dasar Ekonomi (Economic Literacy) dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Efisiensi dalam Berkonsumsi Siswa Kelas XI dan XII Ilmu Sosial SMAN 1 Malang. (Tesis). Malang: UM.

Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kurikulum Pendidikan SMP. http://nanunalmufarah.blogspot.com/2012/10/karakteristik-bidang-studi-ekonomi-unla.html diakses 21 nop 2014, pk. 23.10 wib

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Featherstone, M. 2001. Postmodernisme dan Budaya Konsumsi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gardner, Margo and Steinberg, Laurence. 2005. “Peer Influence on Risk Taking, Risk Preference, and Risky Decision Making in Adolescence and Adulthood: An Experimental Study”. Temple University. Developental Psychology. 2005. Vol. 41, No. 4, 625-635

Geckova, A. M., Steward, R., Van Diljk, J. P., Orosova, O., Groothoff, J.W., Post, D. 2005. “Influence of Socio-Economic Status, Parents and Peers on Smoking Behaviour of Adolescents”. Eur Addict Res 2005; 11: 204-209.

Hadija, Lisa. 2013. “Pengaruh Teman Sebaya dan Prestasi Belajar Ekonomi Pada Perilaku Konsumsi Siswa SMA Khadijah Surabaya”. JurnalEkonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol. 1 No. 2.

Hamalik, Oemar. 2008. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Harari, Tali T. & Hornik, Jacob. 2010. “Factors Influencing Product Involvement Among Young Consumers”. Journal of Consumer Marketing. Volume 27 • Number 6 • 2010 • 499–506.

Haryono, A. 2008. “Pengaruh Proses Pembelajaran, Penilaian Hasil Belajar dan Status Sosial Ekonomi terhadap Tingkat Economic Literacy Siswa SMA di Kota Malang” Disertasi Malang : PPS UM

Hoyer, Wayne D & MacInnis, Deborah J. 2008. Consumer Behavior. 5th Edition. Canada: Cengage Learning.

Ioanas, E. & Stoica, I. 2014. “Social Media and its Impact on Consumers Behavior”. International Journal of Economic Practices and Theories, Vol. 4, No. 2, 2014.

Kustiandi, J. 2011. Beberapa Kajian Teori Kawasan Pendidikan Ekonomi. Malang PPS UM.

Kotler, P & Amstrong, G. 2006. Principle of Marketing. 14th edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kotler, Philip.2007. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian. Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat

Laursen, E. 2005. “Rather Than Fixing Kids-Build Positive Peer Cultures. Reclaiming Children And Youth.” Proquest Education Journal. 14. 3. 137-142.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 1988. Perilaku Konsumen. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Mappiare, A. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya : Usaha Nasional.

Mathews, L. G. 1999. “Promoting economic literacy: ideas for your classroom”. Paperprepared for the 1999 AAEA annual meeting Nashville, Tennessee

Monks, F.J., Knoers, A.M.P. & Haditono, S.R. 2000. Psikologi Perkembangan : Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Mowen, J.C & M.Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Edisi ke 5, jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mulyasa, E. 2008. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Remaja, Rosdakarya. Bandung

Mercan, N., Kahya, V., Alamur, B. 2014. “A Research regarding to relationship between economic literacy and Consumer Preferences in Knowledge Economy”. European Journal of Research on Education, 2014. 2Special Issue 6, 1-13

National Council on Economic Education. 2005. Compaign for economic literacy: Test Your Own Economic Literacy. (http://www.ncee.net/cel/test), diakses 12 Desember 2014.

Ormrod, Jeanne. Ellis. 2008. Educational Psychology Developing Learners Sixth Edition (Psikologi Pendidikan Jilid 2 Edisi ke 6). Alih Bahasa: Amitya Kumara. Jakarta: Erlangga

Peter, J. Paul & Olson, Jerry C. (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy. 9th : McGraw-edition. New York Hill/Irwi

Poerwodarminto. 1990. Kamus Besar Bahasa Indinesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Porter, Burton F. 1988. Reason of Living – A Basic Ethics. Russell Sage College. ISBN-10; 0023960507 ISBN-13; 9780023960505. 1988. Pearson. Paper.

Prasastianta, D. E. 2011. Pengaruh Minat Pada Pelajaran Ekonomi, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Pengetahuan Ekonomi Dan Rasionalitas Ekonomi Terhadap Perilaku Ekonomi. Malang: UNM

Prijana, 2005. Metode Sampling Terapan untuk Penelitian Sosial. Humaniora. Bandung.

Purwati, Ana. 2011. “Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, persepsi atas lingkungan, dan prestasi belajar ekonomi terhadap perilaku konsumsi”. Jurnal Ekonomi Bisnis, Th. 16, No. 1, Maret 2011 14 Februari 2014

Raharjo, Bambang Puji. 2008. Panduan Belajar Ekonomi. Yogyakarta: Lembaga Pendidikan Primagama.

Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Afabeth

Riduwan. 2012. Dasar-Dasar Statistika. Cetakan kesepuluh. Bandung: Alfabeta

Robbins, Stephen P. dan Judge, Timpthy A. 2008. Perilaku Organisasi. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada

Ryan, A.M. 2001. “The Peer Group as a Context for the Development of Young Adolescent Motivation and Achievement”. Journal of Child Development, 72 4: 1135-1150.

Salemi, Michael K. 2005. “Teaching Economic Literacy: Why, What and How”. International Review of Economics Education, Volume 4, issue 2 (2005), pp. 46-57

Samuelson, Paul A. & Nordhaus, William D. 2000. Mikroekonomi. Jakarta : Erlangga

Santrock, John. 2002. Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup Jilid 1 Edisi Ke 5). Alih Bahasa: Juda Damanik, Achmad Chusairi. Jakarta: Erlangga

Santrock, J.W. 2003. Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga

Santrock, J. W. 2007. Psikologi Perkembangan. Edisi 11 Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2001. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shaffer, David R. 2005. Social and Personality Deveopment. USA : Thompson.

Schiffman, L.G. & Kanuk, L.L. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi ke-7. Jakarta : PT Indeks.

Sina, Peter Garlans. 2012. “Analisis Literasi Ekonomi”. Jurnal Economia. Volume 8. Nomor 2.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Sukirno, Sadono. 2002. Pengantar Teori Mikroekonomi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sukirno, Sadono. 2014. Mikroekonomi Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sukmadinata, N.S. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Suwatno. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta.

Tirtahardja, Umar dan La Sula. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Umar, Husein. 2003. Metodologi Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT Gramedia Pustaka

Wahyuni, T. Endang. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta. [Online]. Vol. 2. No. 3. Desember 2011. 12 Halaman. Tersedia : http://www.scribd.com/doc/14339457/Faktor-faktor-yang-Mempengaruhi-Konsumsi-Mahasiswa-Fakultas-Ekonomi-Universitas-PGRI-Yogyakarta.19

Walgito, Bimo 1994. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset

Wibowo. 2013. Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Willis, S.S. 2005. Remaja & Masalahnya: Mengupas Berbagai Bentuk Kenakalan Remaja, Narkoba, Free Sex dan Pemecahannya. CV Alfabeta: Bandung.

Wirawan, Yahya R. 2015. Pengaruh Status Sosial Ekonomi OrangTua terhadap Prestasi Belajar Ekonomi dan Perilaku Konsumsi Siswa SMA Negeri 01 Kota Jombang. Tesis. Surabaya : Unesa

Wulandari. 2011. “Hanya 42,6 Persen Guru Ekonomi Berkualitas Baik”. Republika. Edisi 3 April 2011

Yanti, S, Maksum, J.H. , Asriati, N. 2014. Pengaruh penguasaan konsep ekonomi dan status sosial ekonomi orang tua terhadap pola perilaku konsumsi siswa Tesis magister pendidikan ekonomi tidak dipublikasikan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Yunus, N. K. Y, Ishak, S. & Jalil, N. A. 2010. “Economic Literacy amongst the Secondary School Teachers in Perak Malaysia”. Information Management and Business ReviewVol. 1, No.2, pp. 69-78, Dec. 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment





 

ISSN online : 2579-387X

ISSN print   : 2303-324X

Publisher:

Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

Sponsoring Organizations:

Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO)


Addres: Kampus Unesa Ketintang Gedung K.9 Surabaya 60231 Phone/Fax. (031) 8293484

email: jepk@unesa.ac.id

WA   : 085648017971

 

Index, Archive, and Citation :