PENGARUH BIAYA PRIBADI (PRIVATE COST) DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

Beti Mawarnia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh biaya pribadi terhadap hasil belajar, menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran ekonomi terhadap hasil belajar, serta  menganalisis pengaruh biaya pribadi dan persepsi siswa tentang pembelajaran ekonomi terhadap hasil belajar.Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas XI jurusan IPS dari SMAN 1, SMAN 2 dan SMAN 3 Kota Mojokerto angkatan tahun 2013/2014. Jenis pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 255 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner atau angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel biaya pribadi (X1) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar demikian juga variabel persepsi siswa tentang pembelajaran ekonomi (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (Y). Sedangkan secara simultan biaya pribadi dan persepsi siswa tentang pembelajaran ekonomi berpengaruh terhadap hasil belajar. Dari hasil penelitian yang telah dijabarkan sebelumnya, maka peneliti merekomendasikan agar siswa mengoptimalkan alokasi biaya pribadi untuk pendidikan dan memiliki persepsi tentang pembelajaran ekonomi secara positif sehingga hasil belajar yang didapat lebih optimal lagi.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Ekajaya.

Doppelt, Yaron dan Christian D. Schunn. (2008). Identifying students’ perceptions of the important classroom features affecting learning aspects of a design-based learning environment. (Online). DOI 10.1007/s10984-008-9047-2. Journalof Faculty of Educational Sciences. Media B.V. Vol.2

Fattah, Nanang. 2009. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

James Birt. 2014. Mixed media visualization effect on student perceptions and learning outcomes. Journal Education & Technology (Online) Vol. 2 pp. (514-518).

Jennie, Jahnke. 2010. Student perceptions of the impact of online discussion forum participation on learning outcomes. Journal of Learning Design Vol. 3 Number. 2.

Nishimura, Mikiko. (2008).Impacts of the universal primary education policy on educational attainment and private costs in rural Uganda. Journal Economic Education V0l. 28 pages 161-175.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007. Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas

Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005. Standart Nasional Pendidikan . Jakarta: Depdiknas

Permen Diknas RI Nomor 41 Tahun 2007. Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Purwanto, Ngalim. (1996) . PrinsipdanTeknikEvaluasiPengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sarwoko, Suyantoro Sigit. (2005). Statistik inferensi: Untuk Ekonomi dan Bisnis. Jakarta. Andi.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Somenarain, Latchman. (2010). Student Perceptions and Learning Outcomes in Asynchronous and Synchronous Online Learning Environments in a Biology Course. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching Vol. 6, Number. 2.

Soraya. 2013. Pengaruh Pembiayaan Pendidikan Oleh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri . (Online) artikel penelitian. Universitas Tanjungpura Pontianak. ((http://google.comDiakses 24 April 2015)

Steep, Jonita dan Greany. (2002). Student Perceptions On Language Learning In A Technological Environment: Implications For The New Millennium. Journal Language Learning & Technology (Online). Vol. 6 No.1 PP. 165-180, Januari 2002. (http://google.com Diakses 23 Mei 2015

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil PBM. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sugiyono, 2011.MetodePenelitianManajemen. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung.Alfabeta

Suhirman. 2012. Pengaruh biaya pendidikan terhadap hasil belajar melalui proses belajar mengajar di SMA Negeri Se-Kabupaten Rembang.Jurnal penelitian pendidikan ekonomi JEE 1 (2) (2012)

Sumarini, Sri dan Yuli Ekawati. (2013). Pengaruh Motivasi belajar, Sikap dan Persepsi Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Di SMA Negeri 9 Pontianak Timur. (Online) Jilid 37 .1

Supriadi, Dedi. (2003) . Satuan Biaya Pendidikan Dasar Dan Menengah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syukur, Fatah NC. Dan Nor, Mohammad Ichwan (Eds). (2008). Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasail Media Group

Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wayan, I Dwija. (2008). Hubungan Antara Konsep Diri, Motivasi Berprestasi dan Perhatian Orang tua Dengan Hasil Siswa Kelas II Sekolah Menengah Atas Unggulan di Kota Amlapura. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undhiksa (Online). Vol XXXXI No. 1, Januari 2008. (http://google.com. Diakses 23 Mei 2015)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment





 

ISSN online : 2579-387X

ISSN print   : 2303-324X

Publisher:

Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

Sponsoring Organizations:

Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO)


Addres: Kampus Unesa Ketintang Gedung K.9 Surabaya 60231 Phone/Fax. (031) 8293484

email: jepk@unesa.ac.id

WA   : 085648017971

 

Index, Archive, and Citation :