PENGARUH KONSEP DIRI, TEMAN SEBAYA DAN BUDAYA KONTEMPORER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA SMP NEGERI 41 SURABAYA

Dwi Murwanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri, teman sebaya dan budaya kontemporer secara parsial  terhadap perilaku konsumtif siswa kelas VII, VIII dan IX di SMP Negeri 41 Surabaya, dan pengaruh konsep diri, teman sebaya dan budaya kontemporer secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif siswa kelas VII, VIII dan IX di SMP Negeri 41 Surabaya Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik angket digunakan untuk mengumpulkan data dengan obyek penelitian di SMP Negeri 41 Surabaya. Penentuan sample penelitian menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 291 siswa kelas VII, VIII dan IX dari total populasi sebanyak 1070 siswa. Teknik menganalisa data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: Konsep diri berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen,  mengisyaratkan bahwa  konsep diri yang kuat ada kecenderungan perilaku konsumtifnya juga meningkat apabila ada konflik. Teman sebaya  berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, disebabkan persahabatan. Budaya kontemporer secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Konsep diri, teman sebaya dan budaya kontemporer secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif hal ini karena adanya konflik sehingga konsep diri yang kuat bisa terpengaruh terhadap perilaku konsumtif, begitu juga dengan teman sebaya dan budaya kontemporer.

Full Text:

PDF

References


Baron, R. A dan Donn Byrne. 2003. Psikologi Sosial . Jakarta: Erlangga

Dariyo, Agoes. 2007. Psikologi Perkembangan: Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: Refika Aditama

Durmaz , Y., .2014. The Influence of Cultural Factors on Consumer Buying Behaviour and an Application in Turkey. Global Journal of Management and Business Research: E Marketing.Volume 14 Issue 1 Version 1.0.

Gountas, John, dan Mavondo, Felix. 2003. Self-concept and Motivation as predictors of actual consumer behaviour ANZMAC Conference Proceedings Adelaide 1-3 December

Gumulya, J dan Widiastuti, M. 2013. Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Volume 11 Nomor 1, Juni. Fakultas Psikologi Universitas Esa unggul.

Jung, Kwon dan Kau, Keng .2004.Culture’s Influence on Consumer Behaviors: Differences Among Ethnic Groups in a Multiracial Asian Country. Advances in Consumer Research Volume 31.

Kiriinya, S.N., Bwisa, H., dan Orwa, G.O., 2014. Children’s Peer Group Influence on Family Purchase Decisions in Kenya, International Journal of Advanced Research in Management and Social Sciences, Vol. 3 No. 11, November.

Makgosa, R., and Mohube, K., 2007. Peer influence on young adults’ products purchase decisions. African Journal of Business Management pp. 064-071, June.

Mangkunegara, A.P., 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan cetakan pertama, penerbit PT. Remaja Rsodakarya. Bandung

Nayeem, T., 2012. Cultural Influences on Cunsumer Behavior. International Journal of Business and Management. Vo. 7, No. 21. ISSN 1833-3850. E-ISSN 1833-8119. Published by Canadian of Science and Education.

Pimthong, Saran, 2015 Psychosocial Factors Correlated with Sufficient Consumption Behavior of Students in Thailand and Malaysia. Behavioral Science Research Institute, Srinakharinwirot University, Bangkok, Thailand .Asian Social Science; Vol. 11, No. 4;

Primadini I, Y. dan Budiani, M.S. 2009. Hubungan Antara Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Di SMA Trimurti Surabaya. Program Studi Psikologi, FIP, Unesa. Volume 03 Nomor 02 Tahun 2014.

Primadini, Y, dan Budiani, M.S., 2014.Hubungan Antara Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Di SMA Trimurti Surabaya, Character. Volume 03 Nomor 02 Tahun 2014

Saad, Mohamad dan Metawie, M.,2015. Store Environment, Personality Factors and Impulse Buying Behavior in Egypt: The Mediating roles of Shop Enjoyment and Impulse Buying Tendencies,Journal of Business and Management Sciences ,Vol. 3, No. 2, 2015, pp 69-77.

Santrock. 2007. Life-Span Development. Seven Edition. New York: Mc Graw-Hill Companies, Inc.

Soekamto, S., 2007. Sosiologi Suatu Pengantar, (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Sumartono. 2002. Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Peran Iklan Televisi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tirtarahardja, Umar & La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Umar, H. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Wang, F. and Xu, S., 2009, Impact of Cultural Values on Consumption Behavior: A Survey of Contemporary Chinese University Students. Guangdong University of Foreign Studies, Intercultural Communication Studies XVIII:1.

Yakup, D., Mücahit, C dan Reyhan, O,. 2011. The Impact of Cultural Factors on the Consumer Buying Behaviors Examined through An Impirical Study. International Journal of Business and Social Science Vol. 2 No. 5


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment





 

ISSN online : 2579-387X

ISSN print   : 2303-324X

Publisher:

Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

Sponsoring Organizations:

Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO)


Addres: Kampus Unesa Ketintang Gedung K.9 Surabaya 60231 Phone/Fax. (031) 8293484

email: jepk@unesa.ac.id

WA   : 085648017971

 

Index, Archive, and Citation :