PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK BARUNAWATI SURABAYA

Main Article Content

Atya Rizkiana

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of socioeconomic status, learning motivation, and learning disipline on student achievement at SMK Barunawati Surabaya. This study quantitative methods as a research methodology descriptive design. Population in this study are tenth grades students in SMK Barunawati Surabaya who are 103 students. Sampel was 82 students, selected by using Proporsional Random Sampling. Data analysed using multiple regression analysis. The result showed that socioeconomic status, learning motivation and learning discipline has partially significant impact on student achievement. Socioeconomic status, learning motivation and learning discipline have a significant impact on student achievement

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rizkiana, A. (2017). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK BARUNAWATI SURABAYA. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 2(2), 186–200. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p186-200
Section
Articles

References

Azwar, Saifuddin. 2003. Tes prestasi: Fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Burden, P. R, & Byrd, D. M. 2014. Method for Effective Teaching (4th Ed.). Boston: Allyn and Bacon

Cahyono, Purwo. 2013. Pengaruh Budaya Organisai dan Status Sosial Ekonomi Pada Kompetensi Profesional Guru di SMA Negeri 13 Surabaya. Tesis. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan . Vol. 1. No. 2 Oktober. Hal. 174 185.

Eryanto, Henry & Darma Rika S. 2013. Pengaruh Modal Budaya, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Vol.1 No.1 Maret 2013 ISNN: 2302 2663. Hal 49-59.

Hadiyanto, Herman. 2013. Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan, Pendapatan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa SMA Negeri 15 Surabaya. Tesis. Universitas Negeri Surabaya.

Hasibuan, Malayu.S.P. 2001. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hulinggi, Sumarno. 2007. Hubungan antara supevisi pengawas sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, perilaku mengajar guru, motivasi belajar siswa, dan pemanfaatan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri di Sulawesi Tengah. Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Mujiono, Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Nasution, Syafrina dan Lemta Tarigan. 2013. Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Mnat Anak Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi (Studi Kasus Kelas XI Semester Genap di SMA Sinar Husni Medan Helventia Kabupaten Deli Serdang Tahun Pelajaran 2010/2011). Artikel Penelitian. Jurnal CITIZENSHIP Volume 00 Nomor 00 2013. Hal. 35- 52.

Ogunshola, Femi & A.M Adewale. 2012. The Effects Of Parental Socio-Economic Status on Academic Performance of Student in Selected Schools in Edu Lga of Kwara State Nigeria. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences July 2012. Vol. 2 No. 7 ISSN: 2222-6990.

Pangaribuan, Firman. 1996. Hubungan Gaya Kognitif, Kemampuan Penalaran Formal, Status Sosial Ekonomi Orang tua dan Lingkungan Pendidikan Keluarga dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 1 SMU Negeri Kodya Pematang Siantar. Tesis. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang. Program Pascasarjana.

Purwati, Ana. 2011. Pengaruh Status Sosal Ekonomi Orang Tua, Persepsi Atas Lingkungan, dan Prestasi Belajar Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi. Tesis. Jurnal Ekonomi Bisnis. TH.16, No. . Hal. 11-16.

Saifi, Saifullah & Tariq Mehmood. 2011. Effects Of Socioeconomic Status On Student Achievement. International Journal of Social Sciences and Education Volume: 1 Issue: 2 April 2011. Hal. 119-128

Schunk, Dale H., Paul R. Pintrich, dan Judith L. Meece (Eds). 2008. Motivation in Education: Theory, Research and Application, Third Edition. New Jersey: Pearson Educati. Inc.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syamsuddin. 2002. Hubungan Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SLTP Negeri di Kabupaten Malang. Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang.

Syarafuddin, Muhammad. 2010. Hubungan Antara Lingkungan Belajar, Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur. Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang.

Tirtarahardja, Umar. 2005. Pengantar Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tjundjing, S. 2001. Hubungan antara IQ, EQ, dan AQ dengan prestasi pendidikan pada siswa SMU. Anima, Indonesian Psichological Journal. Vol .17. No. 1. Hal 69-92.

Tomo, J. 2008. Hubungan Antara Sikap, Motivasi, Disiplin Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa D-II PGSD Prajabatan FKIP Uiversitas Pattimura. Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang.

Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widodo, Heri. 2007. Pengaruh Hasil Praktek Kerja Industri (Prakerin), Motivasi Belajar, dan Latar Belakang Keluarga Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Jurusan Listrik di Kendal. Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wijani, Tri Ervina K. 2013. Pengaruh Konsep Kemandirian, Motivasi dan Lingkungan Belajar Pada Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri di Kabupaten Gresik. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol. 1. No. 2 Oktober. Hal. 129137.

Yanti, Teti Sofia dan Icih Sukarcih. 2006. Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Prestasi Siswa Sekolah Dasar Dalam Mata Pelajaran Matematika Di Kecamatan Cicadas Kota Bandung. Mimbar Volume XXII No.2 April-Juni. 206-212.