KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, MOTIVASI BELAJAR, DAN GAYA BELAJAR BERPENGARUH TERHADAP PEMAHAMAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 GONDANG, NGANJUK

Main Article Content

Dwi Nila Andriani

Abstract

The aims of this research are for Analyzing the influence of professional teacher competence, learning motivation, and learning styles of students for economic understanding of eleventh grades student of SMA Negeri 1 Gondang, Nganjuk. In this research, writer uses quantitative methods as a research methodology. Population in this research are eleventh grades students in SMA Negeri 1 Gondang who are 112 students. Writer uses Simple Random Sampling as a Research technique which consists of 88 samples. Result of this research shows There is 77, 3% significance between professional teacher competence, students learning motivation, students learning styles and economic understanding of students

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Andriani, D. N. (2017). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, MOTIVASI BELAJAR, DAN GAYA BELAJAR BERPENGARUH TERHADAP PEMAHAMAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 GONDANG, NGANJUK. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 2(1), 42–56. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n1.p42-56
Section
Articles

References

Ataturk (2011), penelitiannya yaitu The Investigation of the learning styles of university. The Online Journal of New Horizons in Education Volume 3, Issue 1. Diakses pada tanggal 28 Maret 2014.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.

Djamarah, S.B. 2011. Psikologi belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ghamari, Mohammad. 2011. "The Relationship of Internal Motivation Components and Academic Achievment among High School Student".
International Journal of Human Resource Studies. ISSN Vol. 1 No. 2. 2011. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2013

Hamdu, Ghullam, Lisa Agustina. 2011. "pengaruh motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar IPA Di Sekolah Dasar". Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1 April 2011. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2013

Gintings, Abdorrakhman. 2010. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Humaniora.

Hamalik, Oemar. 2001. Psroses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Hasrul. 2009." Pemahaman tentang gaya belajar". Jurnal MEDTEK, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2009. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2013

Iriani, Dewi dan Mutia, Leny. 2013." Identifikasi Gaya Belajar dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar siswa pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMPN 2 Kerinci". Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung. Diakses pada tanggal 05 Oktober 2013.

Joy, Telu Hamilton Ekeke. 2012. Conceptual framework of teacher's competence in relation to students' academic achievment.International journal of Networks and systems. Volume 2, No 3, April-May 2013. diakses pada tanggal 14 Desember 2013.

Kulshrestha. 2013. "Teachers Training and Profesional Competence". ISSN. Vol. 2 Isuue 4. March 2013

Majid. Abdul, 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru , Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mousavi, Renae dkk. 1995, Reducing Cognitive Load by Mixing Auditory and Visual Presentation Modes. ". Journal of Educational Psychology Vol. 87, No. 2, 319-334 Diakses pada tanggal 13 April 2014

Nasution, M.A. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim, M. 2000. Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung : PT
Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.
Raja Grafindo

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan :Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rejeki, Sri. 2011. "pengaruh kondisi ekonomi keluarga, motivasi belajar, dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa". Diakses pada tanggal 05 Oktober 2013

Sulistyowati, Yunik dkk. 2012, Pengaruh motivasi belajar dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran ips ekonomi siswa kelas vii smp negeri 3 magelang tahun pelajaran 2011/2012. Economic Education Analysis Journal. Diakses pada tanggal 28 Maret 2014. Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : PT. Kencana.

Upami, Lilik. 2012, "pengaruh gaya belajar motivasi, dan pemahaman akuntansi terhadap indeks prestasi mahasiswa akuntansi". Jurnal Pendidikan 2012. Diakses pada tanggal 30 Maret 2014.

Usman Uzer.M. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.