DESAIN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA BERBASIS TECHNOPRENEURSHIP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun desain pendidikan kewirausahaan mahasiswa yang dapat menciptakan dan mengembangkan technopreneur. Penelitian dilakukan di Universitas Riau. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi; kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berbasis technopreneurship memerlukan integrasi dan sinergi antara kewirausahaan dan akademik prodi/jurusan kedalam isi (materi), kegiatan, dan metode untuk membangun kompetensi kewirausahaan mahasiswa. Isi pendidikan kewirausahaan berupa materi yang disajikan, dibahas, dan dikembangkan dalam kegiatan, sedangkan kegiatan dan metodenya meliputi perkuliahan, pelatihan, pembinaan, dan lomba kewirausahaan, serta inkubasi bisnis. Perkuliahan kewirausahaan untuk menciptakan kompetensi kewirausahaan dasar (memiliki pola pikir dan kemampuan menciptakan pekerjaan), pelatihan dilaksanakan untuk menumbuhkan kompetensi kewirausahaan menengah (menyusun proposal usaha yang layak), sedangkan pembinaan dan inkubasi bisnis untuk mengembangkan kompetensi kewirausahaan lanjut (menjalankan/mengembangkan usaha). Status mata kuliah kewirausahaan perlu ditingkatkan menjadi mata kuliah wajib. Pendidikan kewirausahaan diprogramkan dan dilaksanakan oleh unit kewirausahaan berdasar Keputusan Rektor.
Downloads
Article Details
Author(s) who wish to publish with Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
The publisher publishes and distributes the Article with the copyright notice to the Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan with the article license CC-BY-NC-SA 4.0.
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bondan, S. 2014. ˜Koperasi Mahasiswa Sebagai Media Pembelajaran Kewirausahaan, Majalah Ilmiah Dinamika, 40(1), pp. 5059.
Dit. Akademik Ditjen. Dikti Kemdiknas. 2008. Technopreneurship. Jakarta: Direktorat Akademik Ditjen. Pendidikan Tinggi Kemdiknas RI.
Fayolle, A. 2009. ˜Entrepreneurship Education in Europe¯: Trends and Challenges Contents ¢ Current trends in European entrepreneurship education. OECD LEED Programme.
Galus, B. S. 2009. Relevansi Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi, Dinas Dikpora DIY. Available at: http://www.pendidikan-diy.go.id/dinas_v4/?view=v_artikel&id=17 (Accessed: 10 April 2016).
Gasse, Y. and Tremblay, M. 2006. ˜Entrepreneurship Education Among Students at a Canadian University¯: An Extensive Empirical Study of Students Entrepreneurial Preferences and Intentions, in Fayolle, A. and Klandt, H. (eds). Massachusetts: Edward Elgar Publishing, p. 1990. doi: https://doi.org/10.4337/9781847201652.00021.
Handrimurtjahjo, A. D. 2013. ˜Model Pembelajaran Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi, Jurnal Universitas Paramadina, 10(2), pp. 729755.
Kodrat, D. S. and Christina, W. 2015. Entrepreneurship sebuah ilmu. Edited by O. M. Dwiasri and N. I. Sallama. Jakarta: Erlangga.
Pajarinen, M., Rouvinen, P. and Ylä-Anttila, P. 2006. ˜Growth-orientation of nascent entrepreneurs (in Finnish with English summary), Discussion Papers, p. 2006.
Prawirokusumo, S. 2010. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.
Rasmussen, A., Moberg, K. and Revsbech, C. 2015 A Taxonomy of Entrepreneurship Education - Pepspectives on Goals, Teaching and Evaluation. Odense C, Denmark: The Danish Foundation for Entrepreneurship.
Sumarno and Suarman. 2017. ˜Development of technopreneurship-based entrepreneurship education for students at Universitas Riau, Indonesia, International Journal of Economic Research, 14(12), pp. 6574.
Suparno, O. O., Hermawan, A. and Syuaib, M. F. 2008. ˜Technopreneurship. Available at: http://ono.suparno.staff.ipb.ac.id/articles/ technopreneurship-2
Suryana .2013. Kewirausahaan: Kiat dan proses Menuju Sukses. 4th edn. Jakarta: Salemba Empat.
Taatila, V. P. 2010. ˜Learning entrepreneurship in higher education, Education+Training, 52(1), pp. 4861. Available at: https://doi.org/10.1108/00400911011017672.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.