HASRAT BERWIRAUSAHA UNTUK MENJADI PENDIRI USAHA DAN MINAT BERWIRAUSAHA ONLINE: PERANAN NORMA SUBJEKTIF SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Main Article Content

Ahmadi Usman
Syamsuddin Syamsuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efek minat berwirausaha menjadi pendiri usaha terhadap minat berwirasuaha online dengan norma subjektif sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Data penelitian ini berasal dari 252 mahasiswa dari tiga perguruan tinggi di Kota Makassar yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner online. Partial least square–structural equation model digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasrat berwirausaha menjadi pendiri usaha berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha online mahasiswa. Selain itu, variabel norma subjektif melemahkan hubungan antara hasrat berwirausaha menjadi pendiri usaha dan minat berwirausaha online pada mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Usman, A., & Syamsuddin, S. (2023). HASRAT BERWIRAUSAHA UNTUK MENJADI PENDIRI USAHA DAN MINAT BERWIRAUSAHA ONLINE: PERANAN NORMA SUBJEKTIF SEBAGAI VARIABEL MODERASI. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 11(1), 103–114. https://doi.org/10.26740/jepk.v11n1.p103-114
Section
Articles

References

Anjum, T., Heidler, P., Amoozegar, A., & Anees, R. T. (2021). The impact of entrepreneurial passion on the entrepreneurial intention; moderating impact of perception of university support. Administrative Sciences, 11(2), 45.

Feng, B., & Chen, M. (2020). The impact of entrepreneurial passion on psychology and behavior of entrepreneurs. Frontiers in Psychology, 11, 1733.

Haryono, S. (2017). Metode SEM untuk Penelitian Manajemen AMOS. LISREL PLS, Luxima.

Kristanto, H., & Pratama, R. W. (2020). Effects of the neuroticism and agreeableness personality types on entrepreneurial intention with subjective norm as moderator. Expert Journal of Business and Management, 8(1).

Lee, Y., Cortes, A. F., & Joo, M. (2021). Entrepreneurship education and founding passion: the moderating role of entrepreneurial family background. Frontiers in Psychology, 12, 743672.

Setyawati, S. M., Suliyanto, S., Rosiana, M., & Fauzi, D. R. (2022). The Effect Of Digital Literacy On Online Entrepreneurial Intentions: The Moderating Role Of Subjective Norms. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 12(1).

Syed, I., Butler, J. C., Smith, R. M., & Cao, X. (2020). From entrepreneurial passion to entrepreneurial intentions: The role of entrepreneurial passion, innovativeness, and curiosity in driving entrepreneurial intentions. Personality and Individual Differences, 157, 109758. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S019188691930697X