PERAN LITERASI DIGITAL DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI TEKNOPRENEUR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji peran langsung dan tidak langsung dari orientasi kewirausahaan dalam menentukan intensi teknopreneur siswa melalui mediasi literasi digital. Penelitian ini juga menguji pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap literasi digital. Data cross-sectional dikumpulkan dari 157 siswa menggunakan metode saturated sampling. Analisis statistika deskriptif digunakan untuk menilai gambaran umum variabel penelitian, sedangkan hipotesis diuji menggunakan regresi mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap intensi teknopreneur, orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap literasi digital, literasi digital mampu memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap intensi teknopreneur siswa. Temuan ini memberikan dukungan kepada pemangku kebijakan untuk menyusun kebijakan pendidikan dalam membantu siswa menumbuhkan intensi berwirausaha dalam bidang teknologi di masa depan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
BPS. (2022). Tingkat Pengangguran Terbuka. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/11/07/1916/agustus-2022--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-86-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-3-07-juta-rupiah-per-bulan.html#:~:text=Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Agustus,kerja yang terdampa
Gilster, P., & Glister, P. (1997). Digital literacy. Wiley Computer Pub. New York.
Kemdikbud. (2021). Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik dan Anak Didik di Era Digital. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/literasi-digital-bagi-tenaga-pendidik-dan-anak-didik-di-era-digital
Kemdikbud. (2022). Analisis Pendidikan Kewirausahaan Di Sekolah Menengah Kejuruan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/kajian/detail/analisis-pendidikan-kewirausahaan-di-sekolah-menengah-kejuruan
Kemdikbudristek. (2022). Program Baru Wirausaha Merdeka Targetkan Lulusan Siap Kerja dan Berwirausaha. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://dikti.kemdikbud.go.id/festival-kampus-merdeka/program-baru-wirausaha-merdeka-targetkan-lulusan-siap-kerja-dan-berwirausaha/
Kemenkopukm. (2022). Kejar Target Rasio Kewirausahaan, KemenKopUKM Kick Off Program Patenpreneur 2022. Kementerian Koperasi dan UKM. https://kemenkopukm.go.id/read/kejar-target-rasio-kewirausahaan-kemenkopukm-kick-off-program-patenpreneur-2022
Koe, W.-L., Mahphoth, M. H., Alias, N. E., Krishnan, R., & Arham, A. F. (2021). Factors influencing intention towards technopreneurship among university students. Journal of Educational and Social Research, 11(1), 162.
Lingappa, A. K., Kamath, A., & Mathew, A. O. (2022). Engineers and Social Responsibility: Influence of Social Work Experience, Hope and Empathic Concern on Social Entrepreneurship Intentions among Graduate Students. Social Sciences, 11(10), 430.
Salhieh, S. M., & Al-Abdallat, Y. (2021). Technopreneurial Intentions: The Effect of Innate Innovativeness and Academic Self-Efficacy. Sustainability, 14(1), 238.