ATENSI BERWIRAUSAHA MELALUI MATA KULIAH DIGITALISASI BISNIS

Main Article Content

Novelia Utami
Onny Fitriana Sitorus

Abstract

Berwirausaha menjadi salah satu solusi mengurai tingkat pengangguran di Indonesia, oleh sebab itu perguruan tinggi wajib memiliki mata kuliah kewirausahaan kedalam kurikulumnya, bahkan beberapa perguruan tinggi memiliki beberapa matakuliah untuk mendukung kelengkapan pembekalan berwirausaha seperti yang ada pada program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka yakni mata kuliah digitalisasi bisnis sebagai penguat dari mata kuliah kewirausahaan dan ekonomi kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitiannya adalah mahasiswa yang telah lulus mata kuliah digitalisasi bisnis dengan analisis menggunaan regresi linear berganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah uji F sebesar 7,357 terdapat pengaruh pengaruh positif yang simultan antara minat berwirausaha dengan materi digitalisasi bisnis yang didapatkan di kelas diantaranya pemahaman konsep bisnis digital, pemasaran online dan teknologi finansial. Materi yang paling signifikan mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwirausaha adalah pemahaman konsep bisnis digital. Dengan adanya penelitian ini dapat mengembangkan metode pembelajaran dosen pengampu mata kuliah digitalisasi bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Utami, N., & Sitorus, O. F. (2024). ATENSI BERWIRAUSAHA MELALUI MATA KULIAH DIGITALISASI BISNIS. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 12(1), 119–132. https://doi.org/10.26740/jepk.v12n1.p119-132
Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2022). Februari 2022: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,83 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 2,89 juta rupiah per bulan. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/05/09/1915/februari-2022--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-83-persen.html

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9. Universitas Diponogoro.

Hidayat, F. (2021). Industri E-Commerce Raup Untung di Masa Pandemi. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/ekonomi/727253/industri-ecommerce-raupuntung-di-masa-pandemi

Indonesiabaik.id. (2021). Indonesia 5 Besar dengan Startup Terbanyak Dunia. https://indonesiabaik.id/videografis/indonesia-5-besar-dengan-startup-terbanyak-dunia#:~:text=Indonesia Urutan ke-5 Dunia,%2C Tokopedia%2C Ruangguru hingga Bukalapak

Ramadhani, N. T., & Nurnida, I. (2016). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Ber-Entrepreneur. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 4(2), 135. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v4i2.654

Saptono, A., Wibowo, A., Widyastuti, U., Narmaditya, B. S., & Yanto, H. (2021). Entrepreneurial self-efficacy among elementary students: the role of entrepreneurship education. Heliyon, 7(9), e07995. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07995

Subagiyo, T. (2021). Kemendikbudristek Sebut Minat Wirausaha Mahasiswa Meningkat. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/2347062/kemendikbudristek-sebut-minat-wirausaha-mahasiswa-meningkat#mobile-nav

Sugiyono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Suparno, Sebayang, K. D. A., Mukhtar, S., & Shafiai, M. H. M. (2023). How does digital entrepreneurship education promote entrepreneurial intention? The role of social media and entrepreneurial intuition. Social Sciences and Humanities Open, 8(1), 100681. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100681