ATENSI BERWIRAUSAHA MELALUI MATA KULIAH DIGITALISASI BISNIS

Main Article Content

Novelia Utami
Onny Fitriana Sitorus

Abstract

Berwirausaha menjadi salah satu solusi mengurai tingkat pengangguran di Indonesia, oleh sebab itu perguruan tinggi wajib memiliki mata kuliah kewirausahaan kedalam kurikulumnya, bahkan beberapa perguruan tinggi memiliki beberapa matakuliah untuk mendukung kelengkapan pembekalan berwirausaha seperti yang ada pada program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka yakni mata kuliah digitalisasi bisnis sebagai penguat dari mata kuliah kewirausahaan dan ekonomi kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitiannya adalah mahasiswa yang telah lulus mata kuliah digitalisasi bisnis dengan analisis menggunaan regresi linear berganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah uji F sebesar 7,357 terdapat pengaruh pengaruh positif yang simultan antara minat berwirausaha dengan materi digitalisasi bisnis yang didapatkan di kelas diantaranya pemahaman konsep bisnis digital, pemasaran online dan teknologi finansial. Materi yang paling signifikan mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwirausaha adalah pemahaman konsep bisnis digital. Dengan adanya penelitian ini dapat mengembangkan metode pembelajaran dosen pengampu mata kuliah digitalisasi bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Utami, N., & Sitorus, O. F. (2024). ATENSI BERWIRAUSAHA MELALUI MATA KULIAH DIGITALISASI BISNIS. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 12(1), 119–132. https://doi.org/10.26740/jepk.v12n1.p119-132
Section
Articles

References

Aban, N. (2020). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Flores. Jurnal Analisis, 19, 76–84.

Anwar, I., Ahmad, A., Saleem, I., & Yasin, N. (2023). Role of entrepreneurship education, passion and motivation in augmenting Omani students’ entrepreneurial intention: A stimulus-organism-response approach. The International Journal of Management Education, 21(3). https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1472811723000800

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2022). Februari 2022: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,83 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 2,89 juta rupiah per bulan. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/05/09/1915/februari-2022--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-83-persen.html

Darmawan, I. (2021). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Caring Economics. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(1), 9–16. https://doi.org/10.21831/jep.v18i1.40035

Fahmi, I., Fachruddin, R., & Silvia, V. (2019). Analisis E-Business pada Keputusan Kewirausahaan Bisnis Digital (Sebuah Kajian Literatur Studi). Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 71–75. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3583

Faizah, F. N. (2022). Eksistensi bisnis kuliner halal melalui digital marketing di era new normal. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(1), 85–98. https://doi.org/10.36407/serambi.v4i1.513

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9. Universitas Diponogoro.

Hidayat, F. (2021). Industri E-Commerce Raup Untung di Masa Pandemi. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/ekonomi/727253/industri-ecommerce-raupuntung-di-masa-pandemi

Hintikka, J., Taipale-Erävala, K., Lehtinen, U., & Eskola, L. (2022). Let’s be entrepreneurs – Finnish youth’s attitudes toward entrepreneurship. Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy. https://doi.org/10.1108/jec-07-2021-0099

Indonesiabaik.id. (2021). Indonesia 5 Besar dengan Startup Terbanyak Dunia. https://indonesiabaik.id/videografis/indonesia-5-besar-dengan-startup-terbanyak-dunia#:~:text=Indonesia Urutan ke-5 Dunia,%2C Tokopedia%2C Ruangguru hingga Bukalapak

Jaenudin, A., Suroto, S., & Astuti, D. P. (2019). Menumbuhkan Minat Berwirausah Melalui teknologi Digital Pada Pembelajaran Kewirausahaan Mahasiswa Di Era Industri 4.0. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 2(2), 84–95. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/E3J/article/view/19903/0

Kusuma, J. W., Maliki, B. I., & Fatoni, M. (2020). Peran Pendidikan Dalam Menyiapkan Bisnis Tradisional Memasuki Era Digital. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.57

Leong, K. (2018). FinTech (Financial Technology): What is It and How to Use Technologies to Create Business Value in Fintech Way? International Journal of Innovation, Management and Technology, 9(2), 74–78. https://doi.org/10.18178/ijimt.2018.9.2.791

Ouragini, I., & Lakhal, L. (2024). The Effect of Entrepreneurial Marketing Education on The Determinants of Students’ Entrepreneurial Intention. The International Journal of Management Education, 22(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijme.2023.100903

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Putri, N. I., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Munawar, Z. (2021). Kajian Empiris Pada Transformasi Bisnis Digital. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 1–15. http://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/600

Ramadhani, N. T., & Nurnida, I. (2016). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Ber-Entrepreneur. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 4(2), 135. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v4i2.654

Ridha, R. N., Burhanuddin, B., & Wahyu, B. P. (2017). Entrepreneurship intention in agricultural sector of young generation in Indonesia. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 11(1), 76–89. https://doi.org/10.1108/apjie-04-2017-022

Rosmiati, Junias, D. T. S., & Munawar. (2015). Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa di Surabaya. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 17(1), 21–30. https://doi.org/10.109744/jmk.17.21-30

Saptono, A., Wibowo, A., Widyastuti, U., Narmaditya, B. S., & Yanto, H. (2021). Entrepreneurial self-efficacy among elementary students: the role of entrepreneurship education. Heliyon, 7(9), e07995. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07995

Subagiyo, T. (2021). Kemendikbudristek Sebut Minat Wirausaha Mahasiswa Meningkat. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/2347062/kemendikbudristek-sebut-minat-wirausaha-mahasiswa-meningkat#mobile-nav

Sugiyono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Usman, A., & Syamsuddin. (2023). Hasrat Berwirausaha untuk Menjadi Pendiri Usaha dan Minat Berwirausaha Online: Peranan Norma Subjektif Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 103–114. https://doi.org/10.26740/jepk.v11n1.p103-114

Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Suparno, Sebayang, K. D. A., Mukhtar, S., & Shafiai, M. H. M. (2023). How does digital entrepreneurship education promote entrepreneurial intention? The role of social media and entrepreneurial intuition. Social Sciences and Humanities Open, 8(1), 100681. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100681