ATENSI BERWIRAUSAHA MELALUI MATA KULIAH DIGITALISASI BISNIS
Main Article Content
Abstract
Berwirausaha menjadi salah satu solusi mengurai tingkat pengangguran di Indonesia, oleh sebab itu perguruan tinggi wajib memiliki mata kuliah kewirausahaan kedalam kurikulumnya, bahkan beberapa perguruan tinggi memiliki beberapa matakuliah untuk mendukung kelengkapan pembekalan berwirausaha seperti yang ada pada program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka yakni mata kuliah digitalisasi bisnis sebagai penguat dari mata kuliah kewirausahaan dan ekonomi kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitiannya adalah mahasiswa yang telah lulus mata kuliah digitalisasi bisnis dengan analisis menggunaan regresi linear berganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah uji F sebesar 7,357 terdapat pengaruh pengaruh positif yang simultan antara minat berwirausaha dengan materi digitalisasi bisnis yang didapatkan di kelas diantaranya pemahaman konsep bisnis digital, pemasaran online dan teknologi finansial. Materi yang paling signifikan mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwirausaha adalah pemahaman konsep bisnis digital. Dengan adanya penelitian ini dapat mengembangkan metode pembelajaran dosen pengampu mata kuliah digitalisasi bisnis.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) who wish to publish with Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
The publisher publishes and distributes the Article with the copyright notice to the Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan with the article license CC-BY-NC-SA 4.0.
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aban, N. (2020). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Flores. Jurnal Analisis, 19, 76–84.
Anwar, I., Ahmad, A., Saleem, I., & Yasin, N. (2023). Role of entrepreneurship education, passion and motivation in augmenting Omani students’ entrepreneurial intention: A stimulus-organism-response approach. The International Journal of Management Education, 21(3). https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1472811723000800
Badan Pusat Statistik Indonesia. (2022). Februari 2022: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,83 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 2,89 juta rupiah per bulan. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/05/09/1915/februari-2022--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-83-persen.html
Darmawan, I. (2021). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Caring Economics. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(1), 9–16. https://doi.org/10.21831/jep.v18i1.40035
Fahmi, I., Fachruddin, R., & Silvia, V. (2019). Analisis E-Business pada Keputusan Kewirausahaan Bisnis Digital (Sebuah Kajian Literatur Studi). Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 71–75. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3583
Faizah, F. N. (2022). Eksistensi bisnis kuliner halal melalui digital marketing di era new normal. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(1), 85–98. https://doi.org/10.36407/serambi.v4i1.513
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9. Universitas Diponogoro.
Hidayat, F. (2021). Industri E-Commerce Raup Untung di Masa Pandemi. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/ekonomi/727253/industri-ecommerce-raupuntung-di-masa-pandemi
Hintikka, J., Taipale-Erävala, K., Lehtinen, U., & Eskola, L. (2022). Let’s be entrepreneurs – Finnish youth’s attitudes toward entrepreneurship. Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy. https://doi.org/10.1108/jec-07-2021-0099
Indonesiabaik.id. (2021). Indonesia 5 Besar dengan Startup Terbanyak Dunia. https://indonesiabaik.id/videografis/indonesia-5-besar-dengan-startup-terbanyak-dunia#:~:text=Indonesia Urutan ke-5 Dunia,%2C Tokopedia%2C Ruangguru hingga Bukalapak
Jaenudin, A., Suroto, S., & Astuti, D. P. (2019). Menumbuhkan Minat Berwirausah Melalui teknologi Digital Pada Pembelajaran Kewirausahaan Mahasiswa Di Era Industri 4.0. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 2(2), 84–95. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/E3J/article/view/19903/0
Kusuma, J. W., Maliki, B. I., & Fatoni, M. (2020). Peran Pendidikan Dalam Menyiapkan Bisnis Tradisional Memasuki Era Digital. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.57
Leong, K. (2018). FinTech (Financial Technology): What is It and How to Use Technologies to Create Business Value in Fintech Way? International Journal of Innovation, Management and Technology, 9(2), 74–78. https://doi.org/10.18178/ijimt.2018.9.2.791
Ouragini, I., & Lakhal, L. (2024). The Effect of Entrepreneurial Marketing Education on The Determinants of Students’ Entrepreneurial Intention. The International Journal of Management Education, 22(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijme.2023.100903
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Putri, N. I., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Munawar, Z. (2021). Kajian Empiris Pada Transformasi Bisnis Digital. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 1–15. http://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/600
Ramadhani, N. T., & Nurnida, I. (2016). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Ber-Entrepreneur. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 4(2), 135. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v4i2.654
Ridha, R. N., Burhanuddin, B., & Wahyu, B. P. (2017). Entrepreneurship intention in agricultural sector of young generation in Indonesia. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 11(1), 76–89. https://doi.org/10.1108/apjie-04-2017-022
Rosmiati, Junias, D. T. S., & Munawar. (2015). Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa di Surabaya. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 17(1), 21–30. https://doi.org/10.109744/jmk.17.21-30
Saptono, A., Wibowo, A., Widyastuti, U., Narmaditya, B. S., & Yanto, H. (2021). Entrepreneurial self-efficacy among elementary students: the role of entrepreneurship education. Heliyon, 7(9), e07995. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07995
Subagiyo, T. (2021). Kemendikbudristek Sebut Minat Wirausaha Mahasiswa Meningkat. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/2347062/kemendikbudristek-sebut-minat-wirausaha-mahasiswa-meningkat#mobile-nav
Sugiyono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.
Usman, A., & Syamsuddin. (2023). Hasrat Berwirausaha untuk Menjadi Pendiri Usaha dan Minat Berwirausaha Online: Peranan Norma Subjektif Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 103–114. https://doi.org/10.26740/jepk.v11n1.p103-114
Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Suparno, Sebayang, K. D. A., Mukhtar, S., & Shafiai, M. H. M. (2023). How does digital entrepreneurship education promote entrepreneurial intention? The role of social media and entrepreneurial intuition. Social Sciences and Humanities Open, 8(1), 100681. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100681