PENGARUH SISTEM PENILAIAN KINERJA MENGGUNAKAN RATING BINTANG TERHADAP KINERJA DENGAN DISIPLIN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Main Article Content

Ambar Sari Widyaningtyas
Lieli suharti

Abstract

Penilaian kinerja adalah hasil atau tingkat keberhasilan seseorang selama periode tertentu dalam melaksanakan tugas. Sedangkan pemberian rating merupakan bagian dari evaluasi terhadap kinerja yang dicoba oleh karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem penilaian kinerja menggunakan rating bintang terhadap kinerja dengan disiplin kerja sebagai variabel mediasi pada driver gojek di Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis dan desain penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan merupakan non probability sampling yaitu accidental sampling. Metode analisis data menggunakan regresi sederhana dan peran mediasi menggunakan uji sobel. Hasil penelitian membuktikan bahwa sistem penilaian kinerja dengan rating bintang berpengaruh positif  terhadap disiplin kerja driver, disiplin kerja dan sistem penilaian kinerja dengan rating bintang berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja driver, dan disiplin kerja mampu memediasi pengaruh sistem penilaian kinerja dengan rating bintang terhadap kinerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Widyaningtyas, A. S., & suharti, L. (2022). PENGARUH SISTEM PENILAIAN KINERJA MENGGUNAKAN RATING BINTANG TERHADAP KINERJA DENGAN DISIPLIN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 10(2), 131–140. https://doi.org/10.26740/jepk.v10n2.p131-140
Section
Articles

References

Aspiyah, M. and Martono, S. (2016) ‘Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja dan Pelatihan pada Produktivitas Kerja’, Management Analysis Journal, 5(4).

Astutik, M. (2016) ‘Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan’, 14(2).

Bernardin, H. et al. (2003) Human resource management (An Experimental Approach International Edition). Singapore: Mc. Graw-Hill Inc.

Evita, S.N., Muizu, W.O.Z. and Atmojo, R.T.W. (2017) ‘Penilaian kinerja karyawan dengan menggunakan metode Behaviorally Anchor Rating Scale dan Management by Objectives (studi kasus pada PT Qwords Company International)’, PEKBIS (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis), 9(1), pp. 18–32.

Fahmi, I. (2017) Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Frendy (2011) Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Januari, C.I. (2015) Pengaruh penilaian kinerja terhadap kepuasan kerja dan prestasi kerja (studi pada karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia, tbk wilayah malang). Brawijaya University.

Kurniasari, C. and Ghozali, I. (2013) ‘Analisis pengaruh rasio CAMEL dalam memprediksi financial distress perbankan Indonesia’, Diponegoro Journal of Accounting, pp. 98-107.

Kurniawan, R. (2019) Analisis Upah Dan Insentif Terhadap Kepuasan Kerja Pada Driver Gojek DI Jember. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.

Lailiyah, U.W. and Wahyuningsih, T.. (2019) ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Driver Grab-Bike Kabupaten Banjarnegara’, Jurnal Media Ekonomi, pp. 190–201.

Lopes, E. (2016) ‘Pengaruh Motivasi Terhadap Disiplin Kerja Dan Kinerja Pegawai Pada Direcção Geral Dos Serviços Corporativos Ministério Das Obras Públicas Dili Timor-Leste’, Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 6(2).

Muharsih, L. (2016) ‘Analisis Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Karyawan di Rumah Sakit Rawamangun Jakarta Timur’, Psychopedia, 1(1), pp. 56–68.

Pranitasari, D. and Khotimah, K. (2021) ‘Analisis Disiplin Kerja Karyawan. Jurnal’, Akuntansi dan Manajemen, 18(01), pp. 22–38.

Rivai, Veithzal and Basri (2012) Performence Appraisal: Sistem yang Tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Romadlon, D.W. (2019) Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Santika, V., Perizade, B. and Hadjri, M.I. (2020) Pengaruh Insentif Terhadap Kinerja Pengemudi Grabbike (Studi Kasus Pada Pengemudi Grabbike Di Bukit Besar Palembang). Sriwijaya University.

Setiobudi, E. (2017) ‘Analisis Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Studi pada PT. Tridharma Kencana’, JABE (Journal of Applied Business and Economics), 3(3), pp. 170–182.

Silalahi, U. (2015) Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono (2016) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono and Hariyanto (2012) Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Torang, S. (2014) Organisasi dan Manajemen. Bandung: ALFABETA.