PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, MARKETPLACE, KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNESA MELALUI EFIKASI DIRI

Main Article Content

INDAH KALARA NAIBORHU
Susanti Susanti

Abstract

Intensi berwirausaha di kalangan mahasiswa diharapkan dapat terus meningkat sehingga mahasiswa dapat mulai berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan baru sekaligus membantu mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan, marketplace dan kecerdasan adversitas terhadap intensi berwirausaha mahasiswa pendidikan akuntansi UNESA dengan efikasi diri sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 140 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Metode analisis data menggunakan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan dan marketplace terhadap intensi berwirausaha sedangkan kecerdasan adversitas berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap intensi berwirausaha. Efikasi diri tidak memperkuat pengaruh pendidikan kewirausahaan dan marketplace terhadap intensi berwirausaha mahasiswa sedangkan efikasi diri mampu memperkuat pengaruh kecerdasan adversitas terhadap intensi berwirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
NAIBORHU, I. K., & Susanti, S. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, MARKETPLACE, KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNESA MELALUI EFIKASI DIRI. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(2), 107–124. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p107-124
Section
Articles

References

Ács, Z. J. et al. (2019) ˜The Global Entrepreneurship Index. doi: 10.13140/RG.2.2.17692.64641.

Adnyana, I. G. L. A. and Purnami, N. M. (2016) ˜Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy dan Locus Of Control Pada Niat Berwirausaha, E-Jurnal Manajemen Unud, 5(2), pp. 11601188.

Alrubaiee, L., Alshaibi, H. and Al-Bayati, Y. (2012) ˜Relationship between B2B E-Commerce Benefits, E-Marketplace Usage and Supply Chain Management Relationship, Global Journal of Management and Business Research, 12(9).

Ambarriyah, S. B. and Fachrurrozie (2019) ˜Efek Efikasi Diri Pada Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kecerdasan Adversitas Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa, Economic Education Analysis Journal, 8(3), pp. 10451060. doi: 10.15294/eeaj.v8i3.35720.

Aryaningtyas, A. T. and Palupiningtyas, D. (2019) ˜Pengaruh Kepribadian Proaktif Terhadap Intensi Kewirausahaan Mahasiswa¯: Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Variabel Moderasi, Matrik¯: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. doi: 10.24843/matrik:jmbk.2019.v13.i01.p02.

Astri, W. and Latifah, L. (2017) ˜Pengaruh Personal Attributes, Adversity Quotient Dengan Mediasi Self Eefficacy Terhadap Minat Berwirausaha, Economic Education Analysis Journal, 6(3), pp. 737751.

Fatoki, O. (2014) ˜The Entrepreneurial Intention of Undergraduate Students in South Africa: The Influences of Entrepreneurship Education and Previous Work Experience, Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(7), pp. 294299. doi: 10.5901/mjss.2014.v5n7p294.

Fradani, A. C. (2014) ˜Pengaruh Kecerdasan Adversitas, Pendidikan Kewirausahaan Dalam Keluarga, Dukungan Keluarga, dan Efikasi Diri Pada Intensi Berwirausaha Siswa SMK Negeri 2 NGANJUK, Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), pp. 157170.

Gurina, M. A. et al. (2020) ˜Leaders of Change Key Strategic Instruments: Marketplaces as the Basis of the Uberization Model for Managing Global Companies, Int. Trans. J. Eng. Manag. Appl. Sci. Technol., 11(2), pp. 112. doi: 10.14456/ITJEMAST.2020.21.

Handaru, A. W., Parimita, W. and Mufdhalifah, I. W. (2015) ˜Membangun Intensi Berwirausaha Melalui Adversity Quotient, Self Efficacy, dan Need For Achievement, Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(2), pp. 155166. doi: 10.9744/jmk.17.2.155166.

Hardini, H. T. and Taufiq, M. (2021) ˜Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Attitudes as Predictors of Student Entrepreneurial Intention, Enrichment: Journal of Management, 11(2), pp. 290296.

Kurniawan, A., Khafid, M. and Pujiati, A. (2016) ˜Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi, dan Kepribadian Terhadap Minat Wirausaha Melalui Self Efficacy, Journal of Economic Education, 5(1).

Kusmaeni, E. and Sulistyowati, E. (2017) ˜Pengaruh Pembelajaran Variasi dan Fasilitas Terhadap Prestasi Mahasiswa Pada Materi Akuntansi Pengantar Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating, AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 8(2).

Latifah and Nurmalasari (2013) ˜Analisis Pengaruh Mata Kuliah Entrepreneurship Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha (Studi Kasus: AMIK œBSI PONTIANAK), Jurnal Khatulistiwa Informatika, 1(1), pp. 4757.

Mahendra, A. M., Djatmika, E. T. and Hermawan, A. (2017) ˜The Effect of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention Mediated by Motivation and Attitude among Management Students, State University of Malang, Indonesia, International Education Studies, 10(9), pp. 6169. doi: 10.5539/ies.v10n9p61.

Maresch, D. et al. (2016) ˜Technological Forecasting & Social Change The impact of entrepreneurship education on the entrepreneurial intention of students in science and engineering versus business studies university programs, Technological Forecasting & Social Change, 104, pp. 172179. doi: 10.1016/j.techfore.2015.11.006.

Mayasari, V. and Perwita, D. (2017) ˜Analisis Pengaruh Kecerdasan Adversitas, Kepribadian Entrepreneurship dan Internal Locus of Control Terhadap Intensitas Berwirausaha, Equilibria Pendidilan, 2(1).

Michelle, K. and Tendai, C. (2016) ˜The Association of Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Intention among University Students in the Eastern Cape Province of South Africa, International Journal of Educational Sciences, 12(3), pp. 200211. doi: 10.1080/09751122.2016.11890427.

Nurhadifah, S. N. and Sukanti (2018) ˜Pengaruh Kepribadian, Lingkungan Keluarga, dan Teman Sebaya Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVI(2), pp. 8298. doi: 10.21831/jpai.v16i2.22055.

Omar, N. A. et al. (2019) ˜The Influence Of Self-Efficacy, Motivation, and Independence On Students Entrepreneurial Intentions, Journal of Nusantara Studies, 4(2), pp. 128. doi: http://dx.doi.org/10.24200/jonus.vol4iss2pp1-28.

Permana, G. P. L. and Parasari, A. A. A. I. (2019) ˜Pengaruh Hedonic Motivation, Social Influence, dan Perceived Enjoyment Terhadap Penggunaan Marketplace Pada UMKM di BALI¯: Studi Kasus Pada HIPMI Provinsi BALI, Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 4(1), pp. 90102.

Prabawati, S. and Susanti (2019) ˜Pengaruh Efikasi Diri, Pendidikan Kewirausahaan, Literasi Keuangan, dan Literasi Digital terhadap Perilaku Berwirausaha Siswa SMK Negeri 10 Surabaya, Journal Pendidikan Akuntansi, 07(01), pp. 6476.

Pramiswari, D. A. A. and Dharmadiaksa, I. B. (2017) ˜Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(1), pp. 261289.

Rengiah, D. P. and Sentosa, A. P. D. I. (2016) ˜The Effectiveness Of Entrepreneurship Education In Developing Entrepreneurial Intentions Among Malaysian University Students¯: (A Research Findings On The Structural Equation Modeling), European Journal of Business and Social Sciences, 5(02), pp. 3043. Available at: url: http://www.ejbss.com/recent.aspx-/.

Santi, N., Hamzah, A. and Rahmawati, T. (2017) ˜Pengaruh Efikasi Diri, Norma Subjektif, Sikap Berperilaku, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha, Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 1(1), pp. 7183.

Sari, B. and Rahayu, M. (2020) ˜Pengaruh Lingkungan, Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan E-commerce pada Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa FEB UPI YAI, Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 2(3), p. 23.

Septiana, D. and Nurkhin, A. (2018) ˜Sikap Berwirausaha Memediasi Kecerdasan Dalam Menghadapi Rintangan Terhadap Intensi Berwirausaha, Economic Education Analysis Journal, 7(2). doi: 10.15294/eeaj.v7i3.28310.

Srianggareni, N. M., Heryanda, K. K. and Telagawathi, N. L. W. S. (2020) ˜Pengaruh Moderasi Self Efficacy Pada Hubungan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha di Universitas Pendidikan Ganesha, Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1). doi: 10.23887/pjmb.v2i1.26183.

Srimulyani, V. A. (2013) ˜Analisis Pengaruh Kecerdasan Adversitas, Internal Locus Of Control, Kematangan Karir Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Bekerja (Studi Empiris Pada Mahasiswa Kelas Karyawan Unika Widya Mandala Madiun), Widya Warta No. 02 Tahun XXXV III.

Tessema Gerba, D. (2012) ˜Impact of entrepreneurship education on entrepreneurial intentions of business and engineering students in Ethiopia, African Journal of Economic and Management Studies, 3(2), pp. 258277. doi: 10.1108/20400701211265036.

Trihudiyatmanto, M. (2019) ˜Membangun Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Pengaruh Faktor E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Gender, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ. doi: 10.32699/ppkm.v6i2.678.

Vemmy, C. (2013) ˜Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Siswa SMK, Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), pp. 117126. doi: 10.21831/jpv.v2i1.1022.

Wulandari, S. S., Pudyantini, A. and Giyatno, Y. (2013) ˜Analysis The Influence Of Adversity Quotient Networking and Capital Through The Enterpreneurial Intentions Of Unsoeds Student,
Sustainable Competitive Advantage (SCA), 2(1), pp. 112.

Yustiani, R. and Yunanto, R. (2017) ˜Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi, Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 6(2).