Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan PT.Hasanah Mulia Investama

Authors

  • Firza Oktavia Nurul Kumala Universitas Negeri Surabaya
  • Moch. Khoirul Anwar

DOI:

https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p26-39

Keywords:

price, Product quality, purchase decision

Abstract

The development of the property sector business in Surabaya is quite rapid, signaling an economic improvement towards a better future. These conditions make competition between developers. The competition made PT Hasanah Mulia Investama consider product quality and price with the aim of increasing purchasing decisions that are closely related to consumer behavior which is an important element that must be known by the company. Prompts in Islam in terms of purchasing decisions, consumers should consider the use of goods not only as a desire to satisfy. This research aims to determine the effect of price and product quality on PT Hasanah Mulia Investama's housing purchase decisions and views on the Islamic economy. This research method is quantitative and multiple linear regression analysis techniques and questionnaires as instruments for collecting respondents with a sample size of 38 people. The results showed that partially and simultaneously the price and quality of products affected the purchasing decisions at PT Hasanah Mulia Investama.

References

Anonim.(2018). “Mengenal Properti Syariah dan Perumahan Syariah yang Sedang Booming. https://rumahsyari123.com/mengenal-properti-syariah-dan-perumahan-syariah/”.(Mei,10,2020)

Asnan, F. M., & Asnawi, N.(2017). Pemasaran Syariah: Teori, Filosofi, Dan Isu-Isu Kontemporer. PT Rajagrafindo

Anwar, I. (2015). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Peralatan Masak Di Showroom Maxim Housewares Grand City Mall Surabaya”. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(12).

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur.Analisis Konversi Lahan Sawah Di Jawa Timur 2015.Jawa Timur:Badan Pusat Statistik

Habibah, U & Sumiati.(2016). "Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura". Jurnal Ekonomi dan Bisnis1(1)

Jayani, D. H.(2019). "Pertumbuhan Harga Properti Melambat Di Triwulan II 2019. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2019/08/12/Pertumbuhan-Harga-Properti-Melambat-Di-Triwulan-Ii-2019".(November,13,2019)

Julianto, Arhando Pramdia. (2016). "Hingga 2025, Kebutuhan Rumah Di Indonesia Tembus 30 Juta Unit. Https://Money.Kompas.Com/Read/2016/09/17/195151226/Hingga.2025.Kebutuhan.Rumah.Di.Indonesia.Tembus.30.Juta.Unit".(November,20,2019)

Karim, A. A.(2011). Ekonomi Mikro Islam. PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Gary, A. (2014). Prinsip-Prinsip Manajemen.Edisi Ke 14. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L.(2014). Manajemen Pemasaran.Edisi Ke 13. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L.(2016). Marketing Managemen.Edisi Ke 15.Erlangga

Mustikasari, W.(2014)."Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopiah Merek Gading Gajah Gresik". Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 2(20).

Peter, J. P., & Olson, J. C.(2000).Consumer Behavior : Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Edisi 1. Erlangga.

Puspa, R., Permana, A., & Nuryanti, S. (2017). "Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Perumahan Ciujung River Parkserang, Banten)". Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 3(2).

Pratiwi, Mila Yuni. 2017. "Pengaruh Hagra, Promosi, dan Citra Merk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu". Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(7)

Rahayu, S. (2017). "Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Majalah Media Asuransi (Studi Kasus: PT. Media Asuransi Indonesia)". Jurnal Pemasaran Komptetitif, 1(1).

Yulianto, Agus. (2020). "Pembelian rumah dengan skema sesuai syariah meningkat". Https://www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/q6wojm396(Juni, 06,2020)

Rinaldi, M.(2016). "Bisnis Properti Syariah Tumbuh Pesat". Https://Www.Liputan6.Com/Bisnis/Read/2472024/Bisnis-Properti-Syariah-Di-Indonesia-Tumbuh-Pesat. (November,24,2019)

Saragih, H.(2019). "Pengembang Properti : Bunga KPR RI Seharusnya Single Digit". Https://Www.Cnbcindonesia.Com/Market/20190925105519-17-102071/Pengembang-Properti-Bunga-Kpr-Ri-Seharusnya-Single-Digit. (November,26,2019)

Septiana.(2015). "Analisis Konsumsi Dalam Islam".Jurnal Dinar, 1(2).

Siregar, S.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif. PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sumarwan.(2011). Perilaku Konsumen Dan Penerapan Dalam Pemasaran. Edisi 2. PT Ghalia Indonesia.

Supriyono, K., Hasiolan, L. B., & Mukeri.(2015). "Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah Pada Perumahan Bukit Semarang Baru (Bsb) City Di Semarang". Journal Of Management, 1(1).

Surya.(2013)."Luas Lahan Pertanian Di Jawa Timur Alami Penyusutan". Https://Www.Tribunnews.Com/Regional/2013/09/03/Luas-Lahan-Pertanian-Di-Jawa-Timur-Alami-Penyusutan.(Desember,01,2019)

Syula, M.Syakir.(2014).Syariah Marketing. Jakarta: Mizan Publishing

Tamunu, M., & Tumewu, F. (2014). "Analyzing The Influence Of Price And Product Quality On Buying Decision Honda Matic Motorcyles In Manado". Jurnal EMBA, 2(3): 1255–1263.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. CV Andi Offset.

Wakhidah, H. Al. (2012). "Harga Rumah Naik, Kualitas Bangunan Rumah Bersubsidi Tetap. Https://M.Solopos.Com/Harga-Rumah-Naik-Kualitas-Bangunan-Rumah-Bersubsidi-Tetap-189921". (November,10,2019)

Wangean,RH & Mandey, S.L (2014). "Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kosumen pada Mobil All New KIA Rio di Kota Manado"..Jurnal EMBA.2(3)

Zainal & Hadad, D.(2014).Islamic Bussiess Management : Praktik Manajemen Bisnis yang Sesuai Syariat Islam. Yogyakarta:BPFE

Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). "Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Morning Bakery Batam". Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2): 123.

Downloads

Published

2020-07-29

How to Cite

Nurul Kumala, F. O., & Anwar, M. K. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan PT.Hasanah Mulia Investama. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 26–39. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p26-39

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 4577 , PDF Downloads: 4640