PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN ETOS KERJA ISLAMI TERHADAP KEPUASAN MUZAKKI PADA BAZNAS KABUPATEN TUBAN
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Etos Kerja Islami, Kepuasan MuzakkiAbstrak
Abstrak
Zakat memiliki peranan penting dalam membantu mengatasi masalah kemiskinan yang terjadi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas pelayanan dan etos kerja islami terhadap kepuasan muzakki pada Baznas Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dan menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan diukur menggunakan skala likert. Teknik analisis data Regresi Linear Berganda dengan menggunakan Program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan muzakki, etos kerja islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan muzakki. Sedangkan secara simultan kualitas pelayanan dan etos kerja islami berpengaruh terhadap kepuasan muzakki pada Baznas Kabupaten Tuban. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengelolaan-pengelolaan zakat di Indonesia.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Etos Kerja Islami, Kepuasan Muzakki
Referensi
Al-Qur'an dan Terjemahannya Kementrian Agama Republik Indonesia.
Aryani, D., & Rosinta, F. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Bisnis & Birokrasi : Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi 17(2). https://scholarhub.ui. ac.id/jbb,vol17/iss2/3.
Bin, A. W., & Nor, H. M. (n.d.). Preliminary Insights on the Effect of Islamic Work Ethic on Relationship Marketing and Customer Satisfaction Preliminary Insights on the Effect of Islamic Work Ethic on Relationship Marketing and Customer Satisfaction. May 2015.
Badan Pusat Statistik. Jumlah Penduduk Miskin Menurut Wilayah 2023. https://www.bps.go.id/indicator/23/183/1/jumlah-penduduk-miskin-menurut-wilayah.html.
Baznas. (2023). profil baznas. Diambil kembali dari baznas.go.id: https://v2.baznas.go.id/baznas-profile.
Baznas Tuban. (2023). Rekening zakat. Diambil Kembali dari tuban smart city: https://kabtuban.baznas.go.id/rekening.
Bloktuban. (2023, Maret 31). Potensi Zakat di Tuban Capai Rp.1.119 Triliun. Diambil kembali dari bloktuban.com: https://bloktuban.com/2023/03/31/potensi-zakat-di-tuban-capai-rp1-119-triliun/?m=1.
Fauzie. A. (2023). Potensi Zakat-Infak di Tuban Tembus Rp 1,1 Triliun Lebih. Radartuban: https://radartuban.jawapos.com/nasional/861331072/potensi-zakatinfak-di-tuban-tembus-rp-11-triliun-lebih. Diakses tanggal 14 November 2023.
Ghazali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, M. (2005). Dasar-Dasar Perbankan. PT. Bumi Aksara.
Kotler, P., & Keller. (2018). Marketing Management 13rd Edition. Jakarta : Pearson Education.
Mukhlis, M. 2019). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman J & T di Muara Bulian. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 3(1), 1-9
Norfai. (2020). Manajemen Data Menggunakan SPSS. Universitas Islam Kalimantan.
Peraturan Menteri Agama Nomor 52 Tahun 2014 tentang Syarat dan Tata Cara Perhitungan Zakat Mal dan Zakat Fitrah Serta Pendayagunaan Zakat Untuk Usaha Produktif.
Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Ponorogo: Wade Grup.
Putro, Semuel, Brahmana, Ritzky., (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.2, No. 1, (2014) 1-9.
Saputro, H., & Prasetyo, A. (2014). Pengaruh Etos Kerja Islam Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Waroeng Steak&Shake di Surabaya. JESTT.1(3).
Suasana, D. (2008). Analisis Pengaruh Etika Kerja Islam Terhadap Sikap Karyawan Bagian Akuntansi dalam Perubahan Organisasi (Studi Kasus pada Bank Umum Non Syariah di Wilayah Eks Keresidenan Banyumas Jawa Tengah. JAA, 12 No 1.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sultan, Z., & Kurniawan, T. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Etika Kerja Terhadap Kepuasan Nasabah Megafirst Pada Pt. Bank Mega Tbk. (PERSERO) (Studi Empiris Pada Kantor Cabang Pembantu Makassar Veteran Selatan). YUME: Journal of Management, 2(3). https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume%0APENGARUH
Sunardi, D. (2014). Etos Kerja Islami. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1(1).
Tasmara, T. (2002). Membudayakan Etos Kerja Islami. Gema Insani Press.
Tiara Nursiva, R., & Tiara Nursiva, R. (2021). The Effect Of Service Quality On Member Satisfaction Mediated By Cooperative Image: Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran, Dan Akuntansi - JPEPA, 2(2), 199-217. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jpepa/article/view/252
Timur, Y. P., Ratnasari, R. T., Pitchay, A. A., & Jamilu, U. (2023). Public Perception Of Amil Zakat Institutions In Indonesia: Insight Discovery From Machine Learning. Jurnal Ekonomi & Bisnis Islam, 9(2).
Undang-Undang Nomor 38 Tahun 1999 tentang pengelolaan zakat.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Tri Setyawati, Khusnul Fikriyah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 379
,
PDF Downloads: 431








