ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT LAMONGAN MENJADI NASABAH BANK SYARIAH
Kata Kunci:
knowledge, religiosity, social environment, interestsAbstrak
Bank Syariah masih memiliki kendala, salah satunya adalah masih rendahnya wawasan masyarakat mengenai bank syariah, dengan dibuktikannya masyarakat yang masih banyak yang menggunakan bank konvensional maupun perorangan (bank harian) untuk melakukan transaksi. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, religiusitas, dan lingkungan sosial terhadap minat masyarakat Lamongan menjadi nasabah bank syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Pengolahan data menggunakan IMB SPSS 25. Sedangkan pengumpulan data dengan angket (kuesioner), teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling. Analisis data menggunakan uji analisis korelasi berganda, uji T, Uji F, Uji koefisien determinan (R2). Populasi dalam penelitian ini 100 masyarakat Lamongan dijadikan sampel. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana, diketahui bahwa variabel pengetahuan, religiusitas, dan lingkungan sosial masyarakat Lamongan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat masyarakat lamongan menjadi nasabah bank syariah. Hal ini dibuktikan dengan hasil thitung yang lebih besar dari pada ttabel yakni dengan masing-masing nilai 2,137, 6,429 dan 2,350 dengan ttabel sebesar 1,984. Selanjutnya, secara simultan dinyatakan adanya hubungan positif dan signifikan antara variabel pengetahuan, religiusitas dan lingkungan sosial dengan minat masyarakat lamongan menjadi nasabah bank syariah, dilihat pada hasil perhitungan Fhitung yang lebih besar ketimbang Ftabel yaitu 18,540 > 3,09.
Kata Kunci : pengetahuan, religiusitas, lingkungan sosial, minat
Referensi
Aswandi, B. (2020). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Di Desa Bujak Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Ntb). UIN Mataram.
Hasana, N. (2021). Pengaruh Pengetahuan Dan Pelayanan Terhadap Persepsi Dan Minat Menabung Masyarakat Muslim Di Bank Syariah (Study pada Masyarakat Kecamatan Tonra, Kabupaten Bone). In Publication Article.
Ibnunas, B. (2020). Pengaruh Religiusitas terhadap Minat Pembelian Produk Halal (Studi Kasus Pada CNI Street Food di Jakarta Barat). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Irayani, R., & Kristanto, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Tentang Bank Syariah, Religiusitas, Lingkungan Sosial, Dan Uang Saku Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Di Bank Syariah (Studi Kasus pada Mahasiswa STIE Bank BPD Jateng). X(2).
Jihan, R. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Literasi Digital Terhadap Keputusan Bertransaksi Menggunakan Bsi Mobile Sebagai Digital Payment [Politeknik Negeri Jakarta]. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Khotimah, N. (2018). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung Dan Loyalitas Di Bank Syariah Mandiri (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Gresik. Jmm17, 5(01). https://doi.org/10.30996/jmm17.v5i01.1712
Khusnah, A. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat menjadi Nasabah di Bank Syariah (Studi Pada Masyarakat Desa Ogan Lima Kec. Abung Barat, Kab. Lampung Utara) (Vol. 3, Issue 2). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Maretha, E. V., Latifah, F. N., & Masruchin, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Mahasiswa Sidoarjo Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 205. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4579
Maulidi, R. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Menggunaka Bank Syariah. In Skripsi, IAIN Salatiga. IAIN Salatiga.
Nurngaeni. (2018). Pengaruh Pengetahuan dan Persepsi Mahasiswa Tentang Perbankan Syariah terhadap Keputusan menjadi Nasabah di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto). https://eprints.uinsaizu.ac.id/4574/1/
Prasetyo, E. D., & Siwi, M. K. (2022). Pengaruh Pengetahuan Perbankan Syariah dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah. Jurnal Ecogen, 5(1), 91. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i1.12765
Raihana, S., & Aulia, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Lokasi, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Di Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya). JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance., 2(2), 110. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v2i2.8643
Wanakusuma, I., & Widiyanti, D. R. (2023). Analisis Pasca Merger: Komparasi Tingkat Kesehatan Bank Syariah Dengan Bank Konvensional di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 2393. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i2.8941
Yanti, R. (2022). Pengaruh Lingkungan Sosial, Emosional dan Pengetahuan Produk terhadap Minat Mahasiswa Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah FEBI IAIN Tulungagung) (Vol. 4, Issue 11). IAIN Tulungagung.
Yusmad, H. M. A. (2018). Aspek Hukum Perbankan Syariah dari Teori ke Praktik - Muammar Arafat Yusmad - Google Buku. In CV Budi Utama. https://books.google.co.id/books?id=4oBJDwAAQBAJ&pg=PA38&dq=pengertian+mobile+banking&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwj2t5bj1tTuAhUowzgGHYgmAOIQ6AEwAnoECAIQAg#v=onepage&q=pengertian mobile banking&f=false
Zamakhsyari, L., Winarni, D., & Wage, W. (2022). Pengaruh Pengetahuan Mahasiswa tentang Riba terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 6(2), 113. https://doi.org/10.30595/jssh.v6i2.14953
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Musaidatul Maulidiyah, Eva Zunia Khoiriyah, Fira Nurafini, Diva Carrisa Putri

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 422
,
PDF Downloads: 410








