Kekuatan Jenis Kelamin Terhadap Pola Perilaku Konsumsi Islam Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Negeri Surabaya

Authors

  • Ayu Larasati Universitas Negeri Surabaya
  • Rachma Indrarini Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Islamic Consumption Behavior, Gender

Abstract

This study aims to determine the strength of gender to Islamic consumption behavior of Islamic Economics students, Surabaya State University. Islamic consumption behavior measured by the five basic principles of consumption in Islam. This study uses quantitative descriptive method. The research sample set were 146 students but only 91 students could be further processed. Data source were obtained from questionnaires with guttman scale and analyzed by probit regression using Stata 14. The result showed that woman have a higher probability of behaving in Islamic consumption than man.

References

Astuti, E.D. 2013. Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang pada Ibu Rumah Tangga di Kota Samarinda. Ejournal Psikologi, 1 (2): 148-156.

Damayanti, N., & Harti. 2013. Perbedaan Jenis Kelamin Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 1 (3).

Gumulya, J., & Widiastuti, M. 2013. Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 11 (1).

Hidayat, A., & Kurniawan, C. 2016. Pengaruh Konsepsi Diri dan Kepercayaan Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pembelian Gadget pada Mahasiswa Fakultas Hukum Non Reguler Universitas Islam Riau. An-Nafs, 10 (1).

Manan, M.A. 1995. Teori dan Praktek Ekonomi Islam. Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Wakaf.

Nurudin, dkk. 2014. Ukuran Sampel dan Distribusi Sampling dari Beberapa Variabel Random Kontinu. Buletin Ilmiah Mat. Stat dan Terapannya (Bimaster), 3 (1): 1-6.

Riadhah, C.A., & Rachmatan, R. 2016. Perbedaan Konsumsi Hedonis pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Asal Fakultas. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi Desember 2016, 3 (2): 179-190.

Tooy, S.M. 2015. Analisis Perbedaan Perilaku Impulse Buying Konsumen Laki-laki dan Perempuan Berdasarkan Proses Afektif dan Kognitif. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3 (2): 111-126.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Larasati, A., & Indrarini, R. (2020). Kekuatan Jenis Kelamin Terhadap Pola Perilaku Konsumsi Islam Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(1), 167–174. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/26520

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 22 , PDF Downloads: 77