Pengaruh Pemahaman Tentang Riba dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung di BNI Syariah Surabaya

Authors

  • Rifaatul Mahmuda Universitas Negeri Surabaya
  • Moch. Khoirul Anwar Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

understanding of usury, understanding of profit sharing, decision to deposit.

Abstract

This study aims to examine the effect of understanding usury and profit sharing on the decision of customers' savings at BNI Syariah Surabaya Branch Office. This research was conducted by using a quantitative approach. The number of samples used in this study were 100 Muslim respondents who were taken from customers by using questionnaires measured through a test scale and likert and analyzed by using SPSS program assistance. The results of this study indicate that partially understanding of usury does not have a significant effect on the on the decision of customers' savings. Based on the T test that has been conducted shows that the understanding of profit sharing has a significant effect on the decision of customers' savings. According to R square test, usury and understanding of profit sharing have a percentage effect up to 8.9% on saving decision.

References

Al-Quran Terjemahan. 2015. Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah.

Iskandar., Azmi. I.A.G & Madun. (2012). Pemahaman Nasabah Bank Muamalat Indonesia Banda Aceh Terhadap Akad Mudharabah. Share, 1(2), 163-174.

Nurhidayati, S.E., & Anwar, M. K. 2018. Pengaruh Faktor Demografi Terhadap literasi keuangan Karyawan Perbankan Syariah di Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam, 1(1) 1-12

OJK. 2015, Roadmap Perbankan syariah. https://www.ojk.go.id/id/.../syariah/.../roadmap-pbs_2015-2019.pdf. Diakses pada tanggal 05 Januari 2019

OJK. 2016, Survey Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2016. Diperoleh dari https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Documents/Pages/Siaran-Pers-OJK-Indeks-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Meningkat/17.01.23%20Tayangan%20%20Presscon%20%20nett.compres sed.pdf. Diakses pada tanggal 10 Januari 2019

OJK. 2018, Statistik Perbankan Syariah. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/Default.aspx. Diakses pada tanggal 02 Oktober 2018.

Megawati. 2015. Analisis Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pad Apt Bank Tabungan Negara Syariah (Persero). Jurnal manajemen ide dan inspirasi. 2 (2) 103-119

Panghayo, N. A., & Musdholifah, M. 2018. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pemilihan Layanan Keuangan Syariah. Al-Uqud: Journal of Islamic Economics, 2(2), 152-167. Diperoleh pada 19 Juli 2019.

Patriana & Nurismalatri. 2018. Analisis Faktor Penentu Keputusan Konsumen Muslim Daam Memilih Jasa Perbankan: Bank Syariah vs Bank Konvensional. Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 3(1), 51-61

Peter, J.P. & Olson, J.C. 2017. Perilaku Konsumen. Trej. Diah Tantri Dwiandani. Salemba Empat. Jakarta

Robbani, S. 2013. Analisis Pemahaman Nasabah Bni Syariah Tentang Ke‘Syariah’an Bni Syariah (Studi Kasus BNI Syariah Godean, Sleman, Yogyakarta). Jurnal Ekonomi Islam, 2 (1), 41-60. Diperoleh pada 02 Januari 2019.

Siaran Pers. 2018. BNI Syariah Raih Penghargaan Program PR Terbaik 2018.

https://www.bnisyariah.co.id. Diakses pada tanggal 02 Februari 2019.

Wibisono, D. 2003. Riset Bisnis Panduan bagi Praktisi dan Akademisi. PT Gramedia Pustaka Utama.Bandung.

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Mahmuda, R., & Anwar, M. K. (2019). Pengaruh Pemahaman Tentang Riba dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung di BNI Syariah Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 2(3), 54–63. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/26498

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 17 , PDF Downloads: 25