Pengaruh Marketing Mix-7P Terhadap Kepuasan Nasabah BRI Syariah Kantor Cabang Malang

Authors

  • Diani Ajeng Larasati Universitas Negeri Surabaya
  • Toni Seno Aji Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Marketing Mix, Customer Satisfaction, Islamic Banking

Abstract

The aim of this research is to find out whether the marketing mix affect to customer satisfaction in BRI Syariah branch office Malang. This research uses associative quantitative methods. The sample used in this study amounted to 100 respondents who came from Malang branch BRI Syariah customers and used accidental sampling techniques.The Questionnaires used a Likert scale.The results of this study indicate that place, process, and physical evidence variables affect on customer satisfaction, while product, price, promotion and people has not been affecting the customer satisfaction at the BRI Syariah branch office Malang.

References

Al-Qur’an dan Terjemahannya Kementrian Agama Republika Indonesia.

Al-arif, Nur Rianto. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung:Alfabeta

Amir, M Taufik. 2011. Manajemen Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Arief. 2007. Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing

Ascarya. 2007. Akad & Produk Bank Syariah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Badan Pusat Statistik. 2016. Penduduk Menurut Wilayah dan Agama yang Dianit. Diakses melalui https://www.sp2010.bps.go.id Tanggal 18 Desember 2018

Bisri, Widasiwi, H. 2018. Analisis Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus BNI Syariah Kantor Cabang Cinere). Jurnal Moneter. Vol 5 No 1

BRI Syariah. 2018. Sejarah BRI Syariah Kantor Cabang Malang

Caroline, R.M, Dkk. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Kepada Konsumen Kendaraan Merek Toyota Di Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 30 No 1

Dendawijaya, Lukman. 2005. Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia

Gemaltifa, Derian. 2014. Pengaruh Penerapan Islamic Perspective on Marketing Mix Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Mini Market Ahad Mart, Ceger, Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi

Hadis Riwayat Abu Daud, Ibnu Mubarak dan Muslim. Tersedia di https://muslim.or.id

Info Perbankan. 2018. Penghargaan BRI Syariah. Diakses melalui https://www.infoperbankan.com tanggal 12 Desember 2018

Kavanillah, D dan Ridlwan, A.A. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel Andita Syariah Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam.Vol 7 No 2

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid I. Edisi kedua belas. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga

Kurniawan, I dan Shihab, M.S. 2015. Pengaruh Nilai Nasabah, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Hubungan Terhadap Kepuasan Nasabah Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Mandiri. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya. Vol 13 No 2

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktik. Edisi kesatu. Jakarta: Salemba Empat

Mulyawisdawati, Richa A. 2012. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di Karita Muslim Square Yogyakarta. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Afkaruna. Vol 8 No 2

Otoritas Jasa Keuangan. 2018. Snapshot Keuangan Syariah Nasional. Diakses melalui https://www.ojk.go.id Tanggal 20 Desember 2018

Pupuani, N.W dan Sulistyawati, E. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Perilaku Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen. Jilid 2

Pogorelova, Elena V, dkk. 2016. Marketing Mix for E-Commerce. Internasional Journal Of Environmental & Science Education. Vol 11 No 14. 6744-6759

Silviana dan Putra, Purnama. 2017. Model Attention, Interest, Desire and Action (AIDA) Sebagai Strategi Pemasaran Bagi Nasabah Mengambang Perbankan Syariah (Survei Masyarakat di Kota Bekasi. Jurnal Organisasi Manajemen. Vol 13 No 1. 10-21

Sumarni, Murti. 2002. Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Liberty Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi ketiga. Yogyakarta: Andi Wijaya dan Ariyanti, E. 2018. Pengaruh Service Marketing Mix Terhadap

Keputusan Nasabah untuk Menabung Pada PT Bank Mayapada Internasional TBK Cabng A.Yani Pekanbaru. Journal of Economic, Business and Accounting. Vol 1 No 2. 2597-5234

Susilo, E., & Anam, A. K. 2018. Sharia Complience Akad Berbasis Natural Uncertainty Contract (NUC) Lembaga Keuangan Mikro Syariah Di Kabupaten jepara. Al-Uqud: Journal of Islamic Economic, 2(1), 20-37. Diperoleh pada 19 Juli 2019.

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Larasati, D. A., & Seno Aji, T. (2019). Pengaruh Marketing Mix-7P Terhadap Kepuasan Nasabah BRI Syariah Kantor Cabang Malang. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 2(3), 42–53. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/26497

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 131 , PDF Downloads: 376