Analisis Pengaruh Diskon Terhadap Daya Beli Masyarakat di Era New Normal (Studi Kasus Pengguna Shopee di Kabupaten Sidoarjo)

Authors

  • Aralda Febrian Cahyono Universitas Negeri Surabaya
  • rachma indrarini Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n3.p31-40

Keywords:

discount, people's purchasing power, new normal era, Sidoarjo district

Abstract

There is a purpose of this study to determine the effect of discounts on people's purchasing power in Sidoarjo district in the new normal era. This research uses quantitative methods and analytical tools using validity and reliability methods as test instruments, simple linear regression method, hypothesis method (T), and coefficient of determination method (R2). The results of this study indicate that the discount variable has a positive and significant effect on the variable of people's purchasing power in Sidoarjo district. The application of discounts in the new normal era can increase the purchasing power of people in Sidoarjo district.

References

BI. (2021). Nilai Transaksi E-Commerce Mencapai Rp 266,3 Triliun pada 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/29/nilai-transaksi-e-commerce-mencapai-rp-2663-triliun-pada-2020

BPS. (2020). Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sidoarjo Tahun 2020. https://sidoarjokab.bps.go.id/subject/26/indeks-pembangunan-manusia.html

BPS. (2020). Keadaan Ketenagakerjaan Sidoarjo, Agustus 2020. https://sidoarjokab.bps.go.id/pressrelease/2020/11/16/21/brs-ketenagakerjaan-agustus-2020.html

BPS. (2021). Profil Kemiskinan Kab. Sidoarjo Tahun 2020. https://sidoarjokab.bps.go.id/pressrelease/2021/01/06/22/brs-kemiskinan-kabupaten-sidoarjo-2020.html

Fajarwati, S. I. (2019). Analisis Jual Beli dengan Diskon Menurut Fikih Muamalah pada Distro Bloods Cabang Kota Sukabumi (Analysis Of Sell Buy With Discount By Fiqih Muamalah In Distro Bloods Branch Of Kota Sukabumi). Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 5, 565.

iPrice. (2020). Shopee, E-Commerce dengan Pengunjung Situs Tertinggi Kuartal III 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/20/shopee-e-commerce-dengan-pengunjung-situs-tertinggi-kuartal-iii-2020

Islahuddin. (2020). Pasar e-commerce terbesar Indonesia dari milenial. https://lokadata.id/artikel/pasar-e-commerce-terbesar-indonesia-dari-milenial

Jonathan, G. (2014). Pengaruh Kenaikan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) Terhadap Peningkatan Daya Beli Masyarakat di Daerah Kabupaten Kediri (Studi Kasus Di Desa Sambireksik Kecamatan Gampengrejo). E-Perpajakan, 1, 4.

Nainggolan, E. M. S. (2019). Pengaruh Merek dan Iklan Terhadap Daya Beli Konsumen di PT.Indiko Trading COY Krakatau Medan (Studi kasus pada konsumen Honda yang membeli unit CB150 ). Mutiara Manajemen, 4, 371.

Pomantow, R. A. P. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Daya Beli Bahan Bakar Jenis Pertalite (Studi Pada Konsumen PT. Pertamina (PERSERO) Manado EMBA, 7, 522.

Rahayu, D. W. S. (2019). Penerapan Diskon Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Di Matahari Departement Store Kediri Town Square. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12, 44.

Rwana, Z. D. C. (2018). Faktor-Faktor Kemampuan Daya Beli dan Gaya Hidup yang Di Pertimbangkan Konsumen dalam Keputusan Pembelian Handpone Oppo di Mall Malang Town Square Kota Malang. Isntitut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Yusra. (2016). Pengaruh Kebijaksanaan Potongan Harga (discount) Terhadap Peningkatan Daya Beli Mobil Toyota Avanza di PT Dunia Barusa banda Aceh. SI-MEN, 7, 10-15.

Downloads

Published

2022-01-19

How to Cite

Cahyono, A. F., & indrarini, rachma. (2022). Analisis Pengaruh Diskon Terhadap Daya Beli Masyarakat di Era New Normal (Studi Kasus Pengguna Shopee di Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(3), 31–40. https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n3.p31-40

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 853 , PDF Downloads: 898