Analisis Pengaruh Diskon Terhadap Daya Beli Masyarakat di Era New Normal (Studi Kasus Pengguna Shopee di Kabupaten Sidoarjo)
DOI:
https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n3.p31-40Keywords:
discount, people's purchasing power, new normal era, Sidoarjo districtAbstract
There is a purpose of this study to determine the effect of discounts on people's purchasing power in Sidoarjo district in the new normal era. This research uses quantitative methods and analytical tools using validity and reliability methods as test instruments, simple linear regression method, hypothesis method (T), and coefficient of determination method (R2). The results of this study indicate that the discount variable has a positive and significant effect on the variable of people's purchasing power in Sidoarjo district. The application of discounts in the new normal era can increase the purchasing power of people in Sidoarjo district.
References
BI. (2021). Nilai Transaksi E-Commerce Mencapai Rp 266,3 Triliun pada 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/29/nilai-transaksi-e-commerce-mencapai-rp-2663-triliun-pada-2020
BPS. (2020). Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sidoarjo Tahun 2020. https://sidoarjokab.bps.go.id/subject/26/indeks-pembangunan-manusia.html
BPS. (2020). Keadaan Ketenagakerjaan Sidoarjo, Agustus 2020. https://sidoarjokab.bps.go.id/pressrelease/2020/11/16/21/brs-ketenagakerjaan-agustus-2020.html
BPS. (2021). Profil Kemiskinan Kab. Sidoarjo Tahun 2020. https://sidoarjokab.bps.go.id/pressrelease/2021/01/06/22/brs-kemiskinan-kabupaten-sidoarjo-2020.html
Fajarwati, S. I. (2019). Analisis Jual Beli dengan Diskon Menurut Fikih Muamalah pada Distro Bloods Cabang Kota Sukabumi (Analysis Of Sell Buy With Discount By Fiqih Muamalah In Distro Bloods Branch Of Kota Sukabumi). Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 5, 565.
iPrice. (2020). Shopee, E-Commerce dengan Pengunjung Situs Tertinggi Kuartal III 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/20/shopee-e-commerce-dengan-pengunjung-situs-tertinggi-kuartal-iii-2020
Islahuddin. (2020). Pasar e-commerce terbesar Indonesia dari milenial. https://lokadata.id/artikel/pasar-e-commerce-terbesar-indonesia-dari-milenial
Jonathan, G. (2014). Pengaruh Kenaikan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) Terhadap Peningkatan Daya Beli Masyarakat di Daerah Kabupaten Kediri (Studi Kasus Di Desa Sambireksik Kecamatan Gampengrejo). E-Perpajakan, 1, 4.
Nainggolan, E. M. S. (2019). Pengaruh Merek dan Iklan Terhadap Daya Beli Konsumen di PT.Indiko Trading COY Krakatau Medan (Studi kasus pada konsumen Honda yang membeli unit CB150 ). Mutiara Manajemen, 4, 371.
Pomantow, R. A. P. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Daya Beli Bahan Bakar Jenis Pertalite (Studi Pada Konsumen PT. Pertamina (PERSERO) Manado EMBA, 7, 522.
Rahayu, D. W. S. (2019). Penerapan Diskon Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Di Matahari Departement Store Kediri Town Square. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12, 44.
Rwana, Z. D. C. (2018). Faktor-Faktor Kemampuan Daya Beli dan Gaya Hidup yang Di Pertimbangkan Konsumen dalam Keputusan Pembelian Handpone Oppo di Mall Malang Town Square Kota Malang. Isntitut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Yusra. (2016). Pengaruh Kebijaksanaan Potongan Harga (discount) Terhadap Peningkatan Daya Beli Mobil Toyota Avanza di PT Dunia Barusa banda Aceh. SI-MEN, 7, 10-15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.