Pengaruh Label Halal, Citra Merek, dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah

Authors

  • Mia Adisty Amin Universitas Negeri Surabaya
  • Lucky Rachmawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n3.p151-164

Keywords:

Label Halal, Citra Merek, Online Consumer Review, Keputusan Pembelian

Abstract

Cosmetics are one of the needs of women to support their appearance, especially a muslim woman who want to look beautiful without having worry about the provisions of islam. The development of cosmetic industry is growing rapidly to innovate and accept the challenges. The purpose of this research to determine the simultaneously effect of halal label, brand image, and online consumer review on purchasing descision of Wardah Cosmetics. The sample is 100 muslim women respondents who have used or bought Wardah cosmetics in Surabaya. Data collection methods used in this research was a likert scale questinnaire. Data analysis techniques usedare the instrument test, multiple linear regression, and hypothesis test. The results of this research are halal label and brand image significantly influences purchasing decision,while online consumer review doesnt significantly influence Wadah cosmetics purchasing decisions.

References

<p>Anggraini, F., &amp; Ruzikna. (2015). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Koran Harian Riaun Pos. <em>JOM FISIP</em> . 3 (1):1-17.</p><p>Ayuniah, P. (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Yang Mengambil Kuliah di Kampus Depok). <em>Jurnal Ekonomi Bisnis.</em>  22 ( 3):208-219.</p><p>Febriana, M., &amp; Yulianto, E. (2018). Pengaruh Online Consumer Review Oleh Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2014/2015 dan 2015/2016 Yang Membeli dan Menggunakan Purbasari Matte Lipstick). <em>Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).</em> 58 (1):1-9.</p><p>Kanitra, A., &amp; Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Country Of Origin dan Online Consumer Review Terhadap Trust dan keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 Th Akademik 2017/2018 Pembeli Produk Oppo Smartphone. <em>Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).</em> 61 (1):64-73.</p><p>Puspitasari, R. (2018). Analisis Pengaruh Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Berlabel Halal. <em>Business Management Analysis Journal (BMAJ)</em> . 2 (1):68-77.</p><p>Shimp, T. (2003). <em>Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. </em>Edisi 5 Jilid 1<em>.</em>Erlangga. Jakarta: Indonesia.</p><p>Syaputra, E. (2017). Perilaku Konsumsi Masyarakat Modern Perspektif Islam: Telaah Pemikiran Imam Al-Ghazali dalam Ihya' Ulumuddin. <em>FALAH Jurnal Ekonomi Syariah</em> . 2 (2):144-155.</p><p>Widyaningrum, P. W. (2018). Pengaruh Label Halal, Asosiasi Merek, Iklan, dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian(Survei Pada Konsumen Wardah di Malang). <em>Jurnal Capital.</em>1 (2):110-124.</p><p>Wulandari, R., &amp; Iskandar, D. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Konsmetik. <em>Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT .</em> 3 (1):11-18.</p>

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Amin, M. A., & Rachmawati, L. (2020). Pengaruh Label Halal, Citra Merek, dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(3), 151–164. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n3.p151-164

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 4916 , PDF Downloads: 4994