Manajemen Personalia Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MIN Kamal Bangkalan

Authors

  • Ali Wafa Mukhtar PRODI S2 MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n2.p123-140

Abstract

ABSTRAK

Guru memegang peranan penting dalam menciptakan sumber daya manusia pendidikan yang handal, sehingga diperlukan manajemen personalia yang baik bagi sekolah dalam menciptakan guru yang dengan kedisiplinan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi manajemen personalia dan kedisiplinan guru di MIN Kamal Bangkalan. Penelitian ini termasuk penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; (3) dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis datanya yang digunakan adalah: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) credibility; (2) transferability; (3) dependability; dan (4) confirmability. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa manajemen personalia yang berkaitan dengan pengembangan guru, lingkungan yang kondusif, insentif dan merit system  di MIN Kamal Bangkalan sudah dilaksanakan dengan baik, hanya perlu perbaikan dalam proses perencanaan hingga monitoring dalam program insentif dan merit system. Pelaksanaan kedisiplinan guru juga sudah dilaksanakan dengan baik. Upaya untuk meningkatkan kapasitas guru memang harus dilaksakan dengan manajemen peronalia yang baik yang nantinya akan menghasilkan kedisiplinan guru yang baik.

Kata Kunci    :          Manajemen Personalia, Kedisiplinan Guru, Peningkatan Kedisiplinan Guru.

Author Biography

Ali Wafa Mukhtar, PRODI S2 MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS SURABAYA

Penulis adalah seorang guru dari MA. Raudlatul Muttaqin Bangkalan.

Downloads

Additional Files

Published

2019-09-27

How to Cite

Mukhtar, A. W. (2019). Manajemen Personalia Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MIN Kamal Bangkalan. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(2), 123–140. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n2.p123-140
Abstract views: 673 , PDF Downloads: 3706 , PDF Downloads: 0