Manajemen Personalia Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MIN Kamal Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n2.p123-140Abstract
ABSTRAK
Guru memegang peranan penting dalam menciptakan sumber daya manusia pendidikan yang handal, sehingga diperlukan manajemen personalia yang baik bagi sekolah dalam menciptakan guru yang dengan kedisiplinan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi manajemen personalia dan kedisiplinan guru di MIN Kamal Bangkalan. Penelitian ini termasuk penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; (3) dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis datanya yang digunakan adalah: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) credibility; (2) transferability; (3) dependability; dan (4) confirmability. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa manajemen personalia yang berkaitan dengan pengembangan guru, lingkungan yang kondusif, insentif dan merit system di MIN Kamal Bangkalan sudah dilaksanakan dengan baik, hanya perlu perbaikan dalam proses perencanaan hingga monitoring dalam program insentif dan merit system. Pelaksanaan kedisiplinan guru juga sudah dilaksanakan dengan baik. Upaya untuk meningkatkan kapasitas guru memang harus dilaksakan dengan manajemen peronalia yang baik yang nantinya akan menghasilkan kedisiplinan guru yang baik.
Kata Kunci : Manajemen Personalia, Kedisiplinan Guru, Peningkatan Kedisiplinan Guru.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.


