Pengaruh Multimedia Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n1.p43-48Keywords:
Motivasi dan hasil belajar siswa, Multimedia, post-test.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan multimedia berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok kelas. Penelitian dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dalam proses pembelajaran, satu kali pre-test, dan satu kali post-test pada masing-masing kelas yang dilengkapi dengan instrumen pengumpulan data berupa angket motivasi belajar dan angket multimedia serta soal tes pembelajaran tematik untuk hasil belajar. Populasi penelitian ini terdiri dari 60 siswa kelas V yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu 30 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol. Multimedia digunakan dalam pembelajan tematik di kelas ekperimen. Hasil penelitian pada penggunaan multimedia dalam pembelajaran tematik menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test antara dua kelas memiliki perbedaan yang signifikan. Nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal tersebut dilihat berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dua sampel berpasangan diperoleh nilai sig. 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka disimpulkan bahwa penggunaan multimedia memberikan pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik.
Kata kunci: Motivasi dan hasil belajar siswa, Multimedia, post-test.
References
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.


