Pengaruh Multimedia Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar

Authors

  • Ritza Nurindah

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n1.p43-48

Keywords:

Motivasi dan hasil belajar siswa, Multimedia, post-test.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan multimedia berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok kelas. Penelitian dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dalam proses pembelajaran, satu kali pre-test, dan satu kali post-test pada masing-masing kelas yang dilengkapi dengan instrumen pengumpulan data berupa angket motivasi belajar dan angket multimedia serta soal tes pembelajaran tematik untuk hasil belajar. Populasi penelitian ini terdiri dari 60 siswa kelas V yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu 30 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol. Multimedia digunakan dalam pembelajan tematik di kelas ekperimen. Hasil penelitian pada penggunaan multimedia dalam pembelajaran tematik  menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test antara dua kelas memiliki perbedaan yang signifikan. Nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal tersebut dilihat berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dua sampel berpasangan  diperoleh nilai sig. 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka disimpulkan bahwa penggunaan multimedia memberikan pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik.

Kata kunci: Motivasi dan hasil belajar siswa, Multimedia, post-test.

References

<p>Ahmadi dan  Supriyono. 2013. <em>Psikologi Belajar. </em>Jakarta: Rineka Cipta.</p><p> </p><p>Alannasir. (2016). <em>Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. </em>dalam  jurnal <em>of EST </em>[online], volume 2 nomor 2 hal 81-90. P-ISSN: 2460-1497 e-ISSN: 2477-3840. Tersedia : http://eprints.ums.ac.id/28283/NASKAH.PUBLIKASI.pdf  [ 1 Maret 2018]</p><p>Arikunto, Suharsimi. 2009. <em>Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. </em>Jakarta: Bumi Aksara</p><p>Arsyad, Azhar. 2013. <em>Media Pembelajaran.</em> Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.</p><p>Atmaja, Prawira. 2017. <em>Psikologi Pendidikan. </em>Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.</p><p>Aunurrahman. 2013. <em>Belajar dan Pembelajaran. </em>Bandung: Alfabeta.</p><p> </p><p>Djaali. 2008. <em>Psikologi Pendidikan. </em>Jakarta: Bumi Aksara.</p><p> </p><p>Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. <em>Psikologi Belajar. </em>Jakarta: Rineka Cipta.</p><p> </p><p>Faturohman dan Sutikno. 2014. <em>Strategi Belajar Mengajar. </em>Bandung: PT Refika Aditama.</p><p>Hamalik, Oemar. 2015. <em>Proses Belajar Mengajar</em>. Jakarta: Bumi Aksara.</p><p> </p><p>Hasan. 2015. <em>Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhada[ Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. </em>dalam <em>e-Jurnal Mitra Sains </em>[online]<em>, Volume 3 Nomor 1, Januari 2015 hlm 53-60 ISSN: 2302-2027</em>. Tersedia : <a href="http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6591.pdf">http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6591.pdf</a>     [1 Maret 2018]</p><p>Islamuddin, Haryu. 2012. <em>Psikologi Pendidikan. </em>Yogyakarta: Pustaka Pelajar.</p><p>Kartikasari. 2016. <em>Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia. </em>dalam jurnal Dinamika Penelitian [online], Vol. 16, No. 1. Tersedia : <a href="http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/ViewFile/543/.pdf">http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/ViewFile/543/.pdf</a> [ 1 Maret 2018]</p><p>Lukman, Hamidah Suryani. 2017. <em>Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Software SPSS. </em>Bekasi: CV. Nurani</p><p>Majid, Abdul. 2014. <em>Pembelajaran Tematik Terpadu. </em>Bandung: PT Remaja Rosdakarya.</p><p>Margono. 2010. <em>Metodologi Penelitian Pendidikan. </em>Jakarta : Rineka Cipta</p><p>Purwanto, Ngalim. 2011. <em>Psikologi Pendidikan</em>. Bandung: Remaja Rosdakarya<em>.</em></p><p><em> </em></p><p>Qomariyah. 2016. <em>Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Kelas 4 MI Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang.</em> [online]. Tersedia :<a href="http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6591.pdf%20%5b1">http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6591.pdf [1</a> Maret 2018]</p><p>Riduwan. 2013. <em>Belajar Mudah Penelitian untuk Guru - Karyawan dan Peneliti Pemula. </em>Bandung: Alfabeta.</p><p> </p><p>Rifai, Ahmad dan Catharina Tri Anni. 2012. <em>Psikologi Pendidikan</em>. Semarang: UNNES Press.</p><p> </p><p>Rusman, dkk. 2013. <em>Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. </em>Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.</p><p>Sardiman, A.M. 2011. <em>Interaksi &amp; Motivasi Belajar Mengajar.</em> Jakarta: Rajawali Pers.</p><p>Slameto. 2010. <em>Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi</em>. Jakarta: Rineka Cipta.</p><p> </p><p>Sudjana, Nana. 2011. <em>Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar</em>. Bandung:  Remaja Rosdakarya.</p><p> </p><p>Sugiyono. 2015. <em>Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&amp;D. </em>Bandung: Alfabeta</p><p>Sugiyono. 2014. <em>Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). </em>Bandung :  Alfabeta.</p><p> </p><p>Sumiati dan Asra. 2011. <em>Metode Pembelajaran. </em>Bandung: Wacana Prima.</p><p> </p><p>Susanto, Ahmad. 2013. <em>Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar</em>. Jakarta: Prenadamedia Group.</p><p> </p><p>Syatra, Yusvavera. 2013. <em>Desain Relasi Efektif Guru dan Murid. </em>Yogyakarta: Buku Biru.</p><p>Uno, Hamzah. 2011. <em>Teori Motivasi dan Pengukurannya. </em>Jakarta: PT Bumi Aksara.</p><p> </p>

Downloads

Additional Files

Published

2019-10-01

How to Cite

Nurindah, R. (2019). Pengaruh Multimedia Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 3(1), 43–48. https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n1.p43-48
Abstract views: 793 , PDF Downloads: 844 , PDF Downloads: 0