Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VII Di Sekolah Berwawasan Lingkungan SMPN 1 Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro

Authors

  • Deva Arshinta Anggraeni Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Raden Roro Nanik Setyowati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcms.v8n2.p81-95

Keywords:

Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Program Adiwiyata

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang implementasi pendidikan karakter peeduli lingkungan pada peserta didik kelas VII melalui program Adiwiyata di SMP Negeri 1 Sumberrejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deksriptif yang mengambil lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Sumberrejo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pendidikan karakter Thomas Lickona yang terdiri dari tiga komponen yaitu pengetahuan moral, perasaan moral, dan tindakan moral. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Informan pada penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan, guru PKn, guru IPA, guru Matematika, guru Bahasa Jawa.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan pada siswa kelas VII di sekolah berwawasan lingkungan SMP Negeri 1 Sumberrejo adalah (1) Pengimplementasian pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata, (2) Kurikulum sebagai tuntunan pengintegrasian karakter peduli lingkungan, (3) RPP sebagai media implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan, (4) Peran guru mapel Bahasa Jawa, PKn, Matematika dan IPA dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan, dan (5) Pembiasaan sekolah sebagai wujud implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan pada siswa kelas VII. Melalui implementasi tersebut, maka pendidikan karakter peduli lingkungan pada kelas VII khususnya, diharapkan mampu membantu upaya pemerintah dalam pelestarian lingkungan guna pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi muda atau peserta didik saat ini dan masa mendatang.

References

Aqib, Z. 2012. Pendidikan Karakter di Sekolah dalam Membangun Karakter dan Kepribadian Anak. Bandung: Yrama Widya.

Badan Penelitian dan pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bagsa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalmeri. 2014. Pendidikan untuk Pengembangan Karakter Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character. Jurnal Al-Ulum, Vol 14 (1).

Damayanti, D. 2020. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, Vol 3(2), 269-288.

Dama, Rian. 2021. Penyuluhan Pendidikan Karakter Adaptasi Thomas Lickona di SDN Gayam 3. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, Vol 1(1), 33-39.

Desfandi, M. 2015. Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. Jurnal Sosial Science Education, Vol 2(1), 31-37.

Depdiknas. 2001. Sekolah Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Depdiknas, Fadilah. 2021. Pendidikan Karakter. Bojonegoro: Agrapana media.

Farhurrohman, P. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung:Alfabeta.

Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Impelemntasi. Bandung: Alfabeta.

Hafid, Diki. 2011. Sekolah Berwawasan Lingkungan. Jurnal Pendidikan , Vol 4(1) 3-9.

Indrawati, Reni. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter pada Program Adiwiyata Melalui Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif di SMK Negeri 1 Turen. Thesis: Universitas Negeri Malang Pres.

Kemendikbud. 2003. Permendikbud Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.. Jakarta: Sekretariat Kemendikbud.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 811A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Sekretariat Kemendikbud.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo.2023. Penyebab Banjir di Bengawan Solo. (Online), https://nasional.tempo.co/read/1693996/kepala-bbwsbs-ungkap-penyebab-lain-banjir-solo-soroti-perilaku-warga-buang-sampah-sembarangan. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2022.

Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama.

Kemendiknas. 2010. Buku Induk Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi.

Kemendikbud, KLH. 2012. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya lingkungan. Jakarta: Bapedal.

Lampora, Aldi. 2021. Pendidikan karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembiasaan dan Pembudayaan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 3(5).

Lickona. 2013. Education for Character. Jakarta: Bumi Angkara.

Lickona, T. 2012. Character matters.. Jakarta: Bumi Angkara.

Melly, W. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas. Jurnal Pendidikan, Vol 2 (5) No 65-74.

Miles, Huberman, M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Miranto, S. 2017. Integrasi Konsep-Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 9(1) No. 81-88.

Downloads

Published

2023-07-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 355 , PDF Downloads: 675