Mekanisme Partisipasi Masyarakat dalam Implementasi Kebijakan Desa Wisata Setigi di Desa Sekapuk Kabupaten Gresik

Authors

  • Inayah Wulandari Universitas Negeri Surabaya
  • Maya Mustika Kartika Sari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcms.v7n1.p16-29

Keywords:

Mekanisme, Partisipasi, Kebijakan

Abstract

Partisipasi masyarakat menjadi kunci dalam implementasi kebijakan desa wisata Setigi. Dengan adanya partisipasi masyarakat dalam setiap implementasi kebijakan menjadikan desa wisata Setigi mampu berkembang menjadi destinasi wisata yang berkelanjutan dan berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Desa Sekapuk. Tipe penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang terdiri atas tiga masyarakat Desa Sekapuk, satu kepala desa dan satu manajer BUMDes. Adapun teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada partisipasi masyarakat dalam implementasi kebijakan desa wisata Setigi dengan mekanisme secara kondisional. Partisipasi masyarakat sudah dikonstruksi oleh struktur untuk kemudian dilaksanakan oleh masyarakat. Kepala desa terpilih sebagai pemangku kebijakan sekaligus aktor intelektual dalam pengembangan desa wisata Setigi menawarkan ide dan gagasannya kepada masyarakat. Oleh sebab itu, lahirnya kebijakan mengenai desa wisata Setigi tidak berasal dari inisiatif masyarakat melainkan hadir karena ada pemicunya. Hal ini juga menunjukan bahwa pemerintah desa berupaya untuk melakukan pemberdayaan masyarakat melalui ide dan gagasan yang sudah dikondisikan untuk dilaksanakan oleh masyarakat.  Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa mekanisme partisipasi masyarakat dalam implementasi kebijakan desa wisata Setigi terjadi secara top down dan kondisional.

References

Abdoellah, Y Awan, & Yudi Rusfiana. 2016. Teori dan Analisis Kebijakan Publik. Bandung: Penerbit Alfabet.

Ansell, Christopher. 2014. Pragmatist Democracy: Evolution Learning as Public Philosophy. New York: Oxford University Press, Inc.

Ansell, Cris, & Alison Gash. 2007. Collaborative Governance in Theory and Practice. Journal of Public Administration Research and Theory, 18(4), 543-571.

Ansell, Cris, & Alison Gash. 2007. Collaborative Governance in Theory and Practice. Journal of Public Administration Research and Theory, 18(4), 543-571.

Antaranews (2021, 15 Oktober). Mendes PDTT jadikan Setigi Gresik percontohan desa wisata. Diakse pada 16 November 2021, dari https://m.antaranews.com/amp/berita/2462649/mendes-pdtt-jadikan- setigi-gresik-percontohan-desa-wisata

Arstein, Sherry R. 1969. A ladder of Citizen Participation. Journal of the American Planning Association (JAIP), 35(4), 2016-224.

Artisa, A.R, Kirana, C.A.D. 2020. Pengembangan Desa Wisata Berbasis Collaborative Governance di Kota Batu. Jurnal Administrasi Publik, 6 (1), 1-10.

Creswell, John W. 2010. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (Edisi terjemahan oleh Achmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

desabisa.com (2019, 2 Oktober). Mengenal Konsep Community Based Tourism. Diakses pada 15 November 2021, dari https://www.desabisa.com/mengenal-konsep-community-based-tourism/

Gramsci, Antonio, 2000. Sejarah dan Budaya, Surabaya, Pustaka Promethea.

Hill, Michael, & Peter Hupe. 2002. Implementing Public Policy. London: SAGE Publication Ltd.

Inskeep, E. 1991. Tourism Planning, and Integrated and Sustainable Development Approach. New York: Van Nostrand Reinhold.

jelajahgarut.com (2019, 23 September). Negara Asia Tenggara (ASEAN) yang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan Mancanegara, Indonesia Ke Berapa Ya?. Diakses pada 14 November 2021, dari https://www.jelajahgarut.com/negara-asia-tenggara-asean-yang-paling- banyak-dikunjungi-wisatawan-mancanegara-indonesia-ke-berapa-ya/

Kanaldesa.com (2020, 18 November). Menengok “Desa Kaya” di Gresik, Jawa Timur. Diakses pada 15 November 2021, dari https://kanaldesa.com/artikel/menengok-desa-kaya-di-gresik-jawa-timur

Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif . (Edisi terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: Remaja Resdekarya.

Nurhidayati, Sri Endah. 2015. Studi Evaluasi Penerapan CBT Sebagai Pendukung Agrowisata Berkelanjutan. Jurnal Masyarakat, Kebudayaan, dan Politik, 28(1), 1-10.

Peraturan Menteri Desa Nomor 03 Tahun 2021 tentang Pendaftaran, Pendataan Dan Pemeringkatan, Pembinaan Dan Pengembangan, Dan Pengadaan Barang Dan/Atau Jasa Badan Usaha Milik Desa/Badan Usaha Milik Desa Bersama.

Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa

Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014.

Perdes (Peraturan Desa) Sekapuk Nomor 06 Tahun 2018 tentang “Rencana Pembangunan Kepariwisataan Desa Sekapuk.”

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Widodo, Joko. 2007. Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi Analisis dan Proses Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia Publishing.

Yin, Robert K. 2000. Case Study Research: Design and Methods (Edisi Terjemahan M. Djauzi Mudzakir). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-04-18

Issue

Section

Articles
Abstract views: 463 , PDF Downloads: 443