STRATEGI DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK DAN KELUARGA BERENCANA DALAM MENGEMBANGKAN KABUPATEN LAYAK ANAK DI BOJONEGORO TAHUN 2021

Authors

  • Iis Widyawati Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Satmoko Adi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcms.v5n2.p33-50

Keywords:

Strategi, Pengembangan, Kabupaten Layak Anak

Abstract

Kabupaten Bojonegoro beberapa kali mendapatkan peringkat pratama dalam kategori Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), pada tahun 2019 Kabupaten Bojonegoro meningkat menjadi peringkat madya. Sehubungan dengan adanya peningkatan kategori peringkat pada tahun 2019 di Kabupaten Bojonegoro sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak, maka riset yang dilaksanakan berkaitan dengan strategi yang digunakan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) dalam mengembangkan Kabupaten/Kota Layak Anak di Kabupaten Bojonegoro. Riset ini memiliki daya tarik agar diamati dikarenakan terdapatnya peningkatan kategori peringkat yang diperoleh Kabupaten Bojonegoro. Riset ini memakai metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik penghimpunan data dengan wawancara dan observasi mendalam. Adapun subjek pada riset ini yakni: Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB), Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala Seksi Pengarustamaan Hak Anak, dan Forum Anak Bojonegoro. Hasil temuan dalam penelitian memperlihatkan strategi Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Kabupaten Bojonegoro dalam mengembangkan Kabupaten/Kota Layak Anak adalah adanya pembentukan gugus tugas KLA Kabupaten Bojonegoro, adanya kerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), adanya peningkatan penyedia lembaga konsultasi bagi keluarga dan lembaga pengasuhan alternatif, pembuatan infrastruktur ramah anak, adanya pengarustamaan hak anak, adanya pemantauan dan evaluasi KLA yang dilakukan setiap tahun.

References

Ambarwati, R.P dan Nasution, N. 2012. Buku pintar asuhan bayi dan balita. Yogyakarta: cakrawala ilmu.

Amti, Erman dan Prayitno. 2004. Layanan bimbingan dan konseling kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.

Anhusadar, L.O dan Islamiyah. 2017. Taman Layak Anak Usia Dini Di Kota Kendari. Jurnal Obsesi. Vol. 3 (1). Hal. 117-126

Antuhar, S.P.A dan Musa, S. 2021. Pengasuhan Melatih Kemandirian Anak Usia Dini Di Taman Penitipan Anak (Daycare) Mamiku Kabupaten Karawang. Journal of Community Education. Vol. 1 (1). Hal. 1-7

Arikunto, Suharsimi. 2016. Manajemen Penelitian., Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Bardja, Sutiati. 2017. Pengaruh Penerapan Senam Hook Ups Terhadap Tingkat Percaya Diri Anak Kelas Dua Min Guwa Kidul. Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol. 2(12). Hal. 112–122.

Badan Pusat Statistik. 2020. Hasil sensus penduduk. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html. Diunduh 23 Juni 2021.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. 2020. Profil Bappeda. https://bappeda.bojonegorokab.go.id/menu/detail/1/TentangBAPPEDA. Diunduh 24 November 2021.

Baskara, M. 2011. Prinsip Pengendalian Perancangan Taman Bermain Anak di Ruang Publik. Jurnal Lanskap Indonesia. Vol. 3 (1). Hal. 27-34

Bungin. 2009. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Prenada Media Grup.

Cameron, Kim S., Robert E. Quinn. 1999. Diagnosing and Changing Organizational Culture: Based on the Competing Values Framework. Reading, Massachusetts: Addison Wesley.

Faisea, dkk. 2020. Strategi Pemerintah Kota Surabaya Dalam Pengembangan Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol. 2 (6). Hal. 16-25

Fitriani, Rini. 2016. Peranan Penyelenggara Perlindungan Anak Dalam Melindungi Dan Memenuhi Hak-Hak Anak. Journal Hukum. Vol. 2 (2). Hal. 250-258

Fitriyyah, U.M. 2017. Studi Implementasi Kebijakan Kota Layak Anak (KLA) Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi. Vol. 9 (2). Hal. 154-171

Fred R, David 2011. Strategic Management. Jakarta.

Husniyah, Asmatul. 2019. Parenting Bagi Orang Tua Muda Di Pusat Pembelajaran Keluarga Surabaya Perspektif Abdullah Nashih Ulwan. Journal of Islamic Family Law. Vol. 9 (1). Hal. 173-194

Kementrian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak. 2019. Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA). https://www.kla.id/pusat-pembelajaran-keluarga/. Diunduh 25 Juni 2021

Kementrian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak. 2019. Pengarusutamaan Hak Anak. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/glosary/22/P. Diunduh 13 November 2021.

K, Marrus. 2002. Desain Penelitian Manajemen Strategik. Rajawali press: Jakarta

Mahmud, Amir dan Suandi. 2020. Implementasi Kebijakan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Di Kota Palembang. Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK). Vol. 2 (2). Hal 36-52

Manullang. 2008. Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Ghalia Indonesia

Miles, M.B dan Huberman A.M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mu’awanah, dkk. 2009. Bimbingan Konseling Islam Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Nuswantari, A.S, dkk. 2021. Penerapan Konsep Ramah Anak Pada Taman Pintar Di Sukoharjo. Jurnal Senthong. Vol. 4 (1). Hal. 330-339

Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Kebijakan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Indikator Kabupaten/Kota Layak Anak.

Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 56 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja DPPPAKB.

Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro No. 10 Tahun 2021 Tentang Gugus Tugas KLA Di Kabupaten Bojonegoro.

Pujianto, M.B dan Al-Amin, M. 2016. Konsep Pengasuhan Alternatif Perspektif UU Perlindungan Anak dan Hukum Islam (Studi Kasus Pengalihan Pengasuhan Anak Di Panti Asuhan Karangpilang). Jurnal Studi Agama-Agama. Vol. 2 (2). Hal. 1-19

Rahmah, Nuzuliar. 2018. Kajian Ruang Terbuka Publik yang Ramah Anak Di Kabupaten Batu, Kota Malang. Jakarta: Trisakty University

Reisdian, Rangga dkk. 2008. Implementasi Kebijakan Pengarusutamaan Hak Anak Dalam Rangka Mewujudkan Kabupaten Layak Anak (Studi pada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Jombang). Jurnal Administrasi Publik. Vol. 1 (6). Hal. 1247-1256

Roza, D dan Arliman, L.S. 2018. Peran Pemerintah Daerah Untuk Mewujudkan Kota Layak Anak Di Indonesia. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum. Vol. 25 (1). Hal 198-215

Rumtianing, Irma. 2014. Kota Layak Anak dalam Perspektif Perlindungan Anak. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 27 (1). Hal 7-23

Saputri, Felika Andriani. 2019. Strategi Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak Di Kabupaten Kebumen Tahun 2019. Journal of Politic and Goverment Studies. Vol. 9 (2). Hal 191-200

Saputra, Wahyu Pratama. 2019.Implementasi Kebijakan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (Kla) Di Kota Salatiga. Semarang: Semarang State of University.

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Suyanto, Bagong. 2010. Masalah Sosial Anak. Kencana

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Widoyoko, E.P. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijayanto, Dwi. 2018. Pengarusutamaan Hak Anak Dalam Penegakan Hukum Pidana (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Surabaya). Skripsi. Jawa Tengah: Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2022-05-15

Issue

Section

Articles
Abstract views: 654 , PDF Downloads: 555