ASPIRASI HIDUP ANAK JALANAN DI KAWASAN SIMPANG EMPAT GALANGAN, KABUPATEN GRESIK

Authors

  • Ilanti Febria Saraswati Universitas Negeri Surabaya
  • Oksiana Jatiningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcms.v6n1.p76-95

Keywords:

Aspirasi hidup, Anak jalanan, Gresik

Abstract

Dalam kesulitan kehidupan yang dihadapi, anak jalanan memiliki harapan bagi masa depannya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap aspirasi hidup di bidang pendidikan dan pekerjaan serta upaya untuk mencapainya oleh anak jalanan di Kawasan Simpang Empat Galangan, Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan teori Lapangan Kehidupan Kurt Lewin. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dari Alfred Schutz. Data diperoleh melalui wawancara mendalam. Subjek dalam penelitian ini berjumlah empat anak jalanan dengan rentang usia di atas 15 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan latar belakang kehidupan anak jalanan berdampak pada perbedaan aspirasi anak. Berdasarkan perbedaan ini, dapat dikemukakan bahwa anak-anak jalanan yang bekerja karena dorongan pribadi memiliki aspirasi positif tentang masa depannya, sedangkan yang dipaksa menjadi anak jalanan memiliki aspirasi negatif terhadap masa depannya. Pada mereka yang memiliki aspirasi positif berusaha mencapai impian masa depannya dengan melakukan: tidak meninggalkan tanggung jawabnya sebagai pelajar, mendaftar sekolah kejar paket, mengembangkan hobi dan minat, mengikuti alur kehidupan. Sedangkan yang memiliki aspirasi negatif cenderung pesimis dan pasrah terhadap keadaan.

References

Alfianita, N. 2016. Optimisme Anak Jalanan dalam Menghadapi Masa Depan S1 Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. PPs. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Asriwandari, H. 2003. “Profil dan Aspirasi Anak Jalanan di Kota Pekanbaru. Jurnal Industri dan Perkotaan.”Vol 8 (13). hal 640-655.

Astuti dkk. 2016. “Faktor Penyebab Anak Tidak Menyelesaikan Pendidikan Dasar di Kecamatan Seputih Raman.” hal 1-15.

Creswell, John W. 2016. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daris, S. 2017. “Motivasi Belajar Pada Anak Jalanan yang Memutuskan untuk Tetap Bersekolah.” Jurnal Psikoborneo. Vol 5 (1). ISSN: 2477-2666/E-ISSN:2447-2674. hal 59-68.

Departemen sosial RI. (2005) Petunjuk Teknis Pelayanan Sosial Anak Jalanan. Jakarta: Departemen Sosial RI.

Gunawan, G. 2019. “Aspirasi Pendidikan Siswa Untuk Melanjutkan Studi ke Jenjang Lebih Tinggi Kajian Eskriptif Teoritik Siswa Sekolah Dasar X di Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten.” Jurnal Pendidikan. Vol 20(2). hal 126-134.

Hurlock, E.B. 1986. Personality Development. New Delhi: Tata McGraw –Hill Publishing Company LTD

Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Isti Wiayanti & Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Khairunnisa, A & Kurniatin, N. 2016 “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Minat Belajar Remaja pada Kejar Paket B di PKBM Mutiara Bangsa Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor.” Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 5 (1). hal 155-168.

Kuswarno, E. 2009. Metodologi Penelitian Komunikasi: Fenomenologi. Bandung: Widya Padjajaran.

Laila, Q,N. 2015. “Pemikiran pendidikan Moral Albert Bandura.” Jurnal Pendidikan Moral. Vol. III, No. 1. hal 21-36.

Moleong, L J.2014. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulandar, Surya. 1996. Dehumanisasi Anak Marjinal:Berbagai Pengalaman Pemberdayaan. Bandung : Akatiga.

Nuqul, F L. Tanpa Tahun. “Konsep dan Teori dalam Psikologi Sosial.” hal 64-74.

Pramoko, W, R. 2015. Aspirasi Anak Jalanan S1 Psikologi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. PPs. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Pratiwi, H & Laksmiwati, H. 2019. “Studi Kasus tentang Konsep Diri Anak Jalanan yang Bersekolah.” Jurnal Penelitian Psikologi. Vol 6 (2). hal 1-7.

Purwoko, T. 2013. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keberadaan Anak Jalanan di Kota Balikpapan.” Jurnal Sosiologi. Vol 1(4). hal 13-25.

Pusparani, Y. 2012. Impian Anak Jalanan (Studi Eksplorasi tentang Orientasi Masa Depan Anak Jalanan) S1 Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Yogyakarta. PPs. Universitas Negeri Yogyakarta.

Putri & Meilya. 2021. “Motivasi Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran Program Kesetaraan Paket B di PKBM Karya Agung Tangerang.” Jurnal Lifelong education. Vol. 1 (1). hal 68-75

Salim dan Syahrum. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Konsep dan Aplikasi Ilmu Sosial, Keagamaan, dan Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Saputri, H. 2010. Eksploitasi Anak Jalanan Sebagai Pengamen di Kawasan Simpang Lima Semarang S1 Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. PPs. Universitas Negeri Semarang.

Siswanto & Widodo A. 2019. “Pembinaan Anak Jalanan Melalui Pola Asuh di Rumah Singgah dan Belajar (RSB) Diponegoro Sleman Yogyakarta.” Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. Vol 16 No. 1 Juni 2019. hal 59-73.

Subhan, M. 2018. “Eksploitasi Anak Jalanan di Pantai Amahami Kota Bima. Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan.” Vol 5 (1). ISSN: 2443-3519. hal 88-100.

Tresya H. 2008. Aspirasi Remaja Jalanan Binaan Komunitas Sahabat Anak. S1 Psikologi. Universitas Indonesia. PPs. Universitas Indonesia.

Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Wijayanti, P. 2010. Aspirasi Hidup Anak Jalanan Semarang Sebuah Studi Kualitatif dengan Pendekatan Deskriptif di Daerah Siranda, Semarang. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Semarang.

Yenti Z., Huda S., Piadi A. 2008. “Anak Jalanan di Simpang Lampu Merah Telanaipura Kota Jambi (Analisis terhadap Dampak Eksploitasi Anak).” Jurnal Kontekstualita. Vol 24 (2). hal 110-130.

Yuniarti, N.2012. “Eksploitasi Anak Jalanan sebagai Pengamen dan Pengemis di Terminal Tidar oleh Keluarga.” Jurnal Komunitas 4 (2). ISSN 2086-5465. hal 210-217.

Published

2022-05-10

Issue

Section

Articles
Abstract views: 368 , PDF Downloads: 219