KESIAPAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR PPKn PADA SISWA KELAS XII MAN 1 MAGETAN

Authors

  • Avita Nur Rohmah Universitas Negeri Surabaya
  • Oksiana Jatiningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcms.v6n1.p61-75

Keywords:

Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar, Hasil belajar

Abstract

Meningkatkan kualitas pada sumber daya manusia merupakan salah satu perwujudan dari peran strategis yang dikembangkan oleh pihak lembaga sekolah dengan berdasar pada tujuan pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini untuk untuk menganalisis hubungan-hubungan antara kesiapan belajar dan motivasi siswa terhadap hasil belajar siswa MAN 1 Magetan. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah sebanyak 138 anak dan untuk menentukan jumlah sampel tersebut peneliti menggunakan rumus sampling fraction per cluster. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan software SPSS 25. Sesuai dengan hasil penelitian yang telah diperoleh bahwasanya kesiapan belajar secara parsial memiliki suatu pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang mana nilai koefisien regresi memperlihatkan nilai positif yakni 0,334. Motivasi belajar secara parsial memiliki pengaruh secara signifikan dan positif terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien regresi yang menunjukkan nilai positif sebesar 0,498. Adanya sebuah pengaruh yang begitu signifikan dan positif di variabel kesiapan belajar dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa di mata pelajaran PPKn. Hal ini sesuai dengan teori Thorndike, bahwa dalam masa pandemi dan ketika pembelajaran berjalan secara daring kesiapan belajar dan motivasi memiliki hubungan yang positif dengan hasil belajar.

References

Anggraini, Silvi. Siswanto, Joko. dan Sukamto. 2019. Analisis Dampak Pemberian Reward And PunishmentBagi Siswa SD Negeri Kaliwuru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha. Vol. 7 No.3. Hal. 221-229.

Bujuri, Afrizal Putra. Pargito dan Sudarmi. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Geografi SMA Swadhipa. Jurnal Geografi, Vol. 3 No.1. Hal 1-14.

Cahyani, Adhetya.dkk.2020.Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Pendidikan Islam.Vol 3 No 01. Hal. 123-140.

Djamarah, Syaifu Bahri. 2008.Psikologi Pendidikan.Jakarta:Rineka Cipta.

Doyan, A. Taufik, M. dan Anjani, R. 2018. Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA). Vol. 4 No.1. Hal. 35-45.

Effendi. (2017). “Hubungan Readiness (Kesiapan) Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja.” Jurnal Pendidikan Fisika. Hal. 15-24.

Emda, Amna. 2017.Kedudukan Belajar Siswa dalam Pembelajaran.Lantanida Journal.Vol 5 No.2.Hal 173-182.

Fathoni, Muhammad Rezza Nur dan Sobandi, A. 2020. Dampak Fasilitas Belajar dan Kesiapan Belajar dalma Upaya Meningkatkan hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol.5 No.2. Hal. 129- 139.

Fauziyah, Prayitno. dan Karneli, Yeni. 2020. Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Behavioral. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 10 No.1. Hal. 96-106.

Hartono, Wiji dan Puspitaningrum, Dyah Ayu. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI-IIS SMA Negeri 1 Prajekan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol.6 No.2. Hal. 25-30.

Hayati,Nur. 2017. Hubungan Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Pucang Harapan Kecamatan Mragen Kabupaten Demak. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Maryani, Ika dan Fatmawati, Laila. 2018. Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik. Yogyakarta: CV Budi Utama

Mujiman, H. 2007. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Novalinda,Eri. Kantun, Sri dan Widodo, Joko. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X jurusan Akuntansi Semester Ganjil SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajar 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi.Vol.11 No.2. Hal. 115- 119.

Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, and Budiantara.2017.Dasar- Dasar Statistika Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA.

Olando, O, Kenneth, at all. (2014). Effectiveness of Guidance and Counseling Services on Adolescent Self-Concept in Khwisero District, Kakamega County. International Journal of Human Resource Studies. Vol 4 No 4. Hal. 1-9.

Pratiwi,Shinta. Faisal, Emil El. Waluyati, Sri Artati. (2018). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada mata Pelajaran PPKn Kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Jurnal Bhineka Tunggal Ika. Vol 5 No 2. Hal. 156-163

Rifa‟i dan Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRESS.

Saidatul, Afifah. Babo, Rosleny dan Muhajir. (2019). Hubungan antara Kedisiplinan Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas XII di SMA Somba Opu Sungguminasa Kabupaten Gowa. JED (Jurnal Etika Demokrasi. Vol 4 No 2. Hal. 82-91

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2010.Balajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi.Jakarta:Rineka Cipta.

Soenarjo. Sari, Siska Diana dan Dwijayanto. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Barat Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. 2015. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol 3 No 2. Hal. 258-266.

Solimun. Fernandes, Adji Achmad Rinaldo dan Nurjannah. 2017. Metode Statistika Multivariat. Malang: UB Press.

Suharsimi, Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarata: PT Rineka Cipta.

Sunhaji. 2014.Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.Jurnal Pendidikan. Vol 2 No 2. Hal:32-33.

Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru.Bandung: PT Remaja.

Tsabitah, Dina dan Wahyudin, Agus. 2016. Peran Kesiapan Belajar dalam Memediasi Pengaruh Kesiapan Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Economic Education Analysis Journal. Vol 5 No. 1. Hal. 72-84.

Umam, Khalif Ashhabul dan Fakhruddin. 2016. Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Program Paket C. Journal of Nonformal Education. Vol.2 No. 2. Hal. 163-167.

Uno, H. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Winarsih, Varia. 2009. Psikologi Pendidikan. Medan: Latansa Pers.

Published

2022-05-10

Issue

Section

Articles
Abstract views: 443 , PDF Downloads: 431