MENGUATKAN NILAI TOLERANSI MAHASISWA UNTUK MENEGUHKAN JATIDIRI SEBAGAI WARGA NEGARA DI ERA GLOBAL

Authors

  • Asep Mahpudz FKIP Universitas Tadulako
  • Anthonius Palimbong FKIP Universitas Tadulako
  • Alri Lande FKIP Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcms.v5n2.p22-32

Keywords:

Karakter, Toleransi, Pendidikan Kewarganegaraan, Warganegara Global

Abstract

Perguruan Tinggi sebagai tempat tumbuh suburnya perbedaan dari beragamnya warga. Mahasiswa, dosen, dan warga kampus dari berbagai suku, agama, adat, budaya. Kampus sebagai tempat komunitas yang bersifat heterogen. Perguruan Tinggi memiliki peran dalam menumbuhkan budaya demokrasi dan penumbuhan sikap toleransi di kalangan mahasiswa. Pergaulan di kampus penting dikembangkan menjadi tempat yang dapat menampilkan budaya demokratis dalam pengelolaan pendidikannya. Salah satu karakter yang penting dikembangkan untuk meneguhkan jatidiri sebagai warga negara di era kini adalah nilai-nilai toleransi. Sikap dan tindakan toleran tidak sekedar ditanamkan (knowing) dikalangan mahasiswa tetapi harus dipraktekan (doing) dan dikembangkan menjadi bagian dari budaya kampus.

References

Agustian, M., 2014, Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Multikultural Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 16, No. 2, Agustus 2014

Arifin, B. 2016, Implikasi Prinsip Tasamuh (Toleransi) Dalam Interaksi Antar Umat Beragama , Fikri, Vol. 1, No. 2, Desember 2016

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2010, Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI, Versi 1.0 - Tahun 2010

Bahari, (ed), 2010, Toleransi Beragama Mahasiswa (Studi Tentang Pengaruh Kepribadian, Keterlibatan Organisasi, Hasil Belajar Pendidikan Agama, Dan Lingkungan Pendidikan Terhadap Toleransi Mahasiswa Berbeda Agama Pada 7 Perguruan Tinggi Umum Negeri), Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Puslitbang Kehidupan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Kementerian Agama RI Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Kehidupan Keagamaan Jakarta, 2010

Cogan, J.J. 1998. Citizenship Education for the 21st Century: Setting the Context. In J.J. Cogan & R. Derricott (Eds.), Citizenship for the 21st Century: An International Perspective on Education (hal. 1–20). London: Kogan Page

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti. 2016. Pendidikan Kewarganegaran Untuk Perguruan Tinggi Cetakan 1.

Fadillah, I, 2017, “Indonesia Negara Paling Menjunjung Tinggi Toleransi”, dalam http://jurnalintelijen.net/2017/06/09/indonesia-negara-paling-menjunjung-tinggi-toleransi/ (diakses 1 april 2018)

Ghazali, A. M. 2016, Toleransi Beragama Dan Kerukunan Dalam Perspektif Islam, Religious: Jurnal Agama dan Lintas Budaya. Vol. 1 No. 1 (September 2016): 25-40

Hermawati, R. Paskarina, C. dan Runiawati, N. 2016. Toleransi Antar Umat Beragama di Kota Bandung, UMBARA : Indonesian Journal of Anthropology Volume 1 (2) Desember 2016

https://id.wikipedia.org/wiki/Sulawesi_Tengah#Pemerintah_Provinsi (diakses 1 april 2018)

Hutabarat, Binsar A. dan H. Hans Panjaitan, 2017, Tingkat Toleransi Antaragama Di Masyarakat Indonesia, tersedia di https://www.reformed-crs.org/ind/research/30.html (diakses 1 april 2018).

Jati, W. R. 2014, Toleransi Beragama Dalam Pendidikan Multikulturalisme Siswa Sma Katolik Sang Timur Yogyakarta, Cakrawala Pendidikan, Februari 2014, Th. XXXIII, No. 1

Kadarisman, M. 2011, Tantangan Perguruan Tinggi Dalam Era Persaingan Global, Sociae Polites, Edisi Khusus, November 2011

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum dan Perbukuan

Milles, Mattew B., dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Muhammad, S., 2014, Kepemimpinan Dalam Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Jurnal Ilmiah WIDYA Volume 2 Nomor 3 Agustus-Desember 2014

Nazmudin. 2017. “Kerukunan dan Toleransi Antar Umat Beragama dalam Membangun Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”. Journal of Government and Civil Society, Vol. 1, No. 1, 23-39.

Nichols, Jennifer R. 2013. 4 Essential of 21st Century Learning. http://www.teachthought.com/learning/4-essential-rules-of21st-century-learning/

Rahadian, D., 2018, Pergeseran Paradigma Pembelajaran Pada Pendidikan Tinggi https://www.researchgate.net/publication/326821924 DOI: 10.31980/jpetik.v2i1.60 (diakses 11 Maret 2020)

Rahman, K. 2016, Strategi Pengembangan Nilai Toleransi Dan Pluralisme Dalam Pendidikan Pesantren, jurnal HIKMAH, Vol. XII, No. 1, 2016

Santiko, H. 2013. Toleransi Beragama dan Karakter Bangsa: Perspektif Arkeologi, SEJARAH DAN BUDAYA, Tahun Ketujuh, Nomor 1, Juni 2013

Santosa, Bend A. 2017 “Peran Media Massa Dalam Mencegah Konflik” , Jurnal ASPIKOM, Volume 3 Nomor 2, Januari 2017, hlm 199-214

Simarmata, Thomas. H., dkk 2017, Indonesia Zamrud Toleransi Penerbit: Pusat Studi Islam dan Kenegaraan Indonesia (PSIK-Indonesia) Cetakan I, Januari 2017

Sinuraya, A.A, 2016, “Toleransi sebagai Kunci Perdamaian Dunia”, dalam https://www.qureta.com/post/toleransi-sebagai-kunci-perdamaian-dunia (diakses 1 april 2018.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Supriyanto, A dan Wahyudi, A. 2017, Skala Karakter Toleransi: Konsep Dan Operasional Aspek Kedamaian, Menghargai Perbedaan Dan Kesadaran Individu, Jurnal Ilmiah Counsellia, Volume 7 No. 2, Nopember 2017 : 61 – 70

Supriyono, 2018, Analisa Sistem Penjaminan Mutu Internal Pembiayaan Perguruan Tinggi Dengan Pendekatan Gap Analysis (Studi Kasus : Perguruan Tinggi X) , JITMI Vol.1 Nomor 1 Maret 2018

Tillman, D., 2004. Pendidikan Nilai Untuk Kaum Muda Dewasa (Terjemahan Risa Pratono). Jakarta: Grasindo

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

UNESCO-APNIEVE, (2000), Belajar Untuk Hidup Bersama Dalam Damai Dan Harmoni, (Bangkok: Kantor Prinsipal Unesco untuk Kawasan Asia-Pasifik, dan Universitas Pendidikan Indonesia, 2000

Winataputra, U.S. 2015, Rekonstruksi Pendidikan Kewarganegaraan: Analisis Historis-Epistemologis, Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Winataputra, U.S. 2016. Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dan Muatan/Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional, Jurnal Moral Kemasyarakatan Vol. 1, No.1, Juni 2016

Downloads

Published

2020-10-07

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1476 , PDF Downloads: 1184