DEVELOPMENT OF FINGER TABLE MATH PENGEMBANGAN MEDIA FINGER TABLE MATH UNTUK MELATIH KONSEP HITUNG PENGURANGAN SISWA DISABILITY RUNGU
PENGEMBANGAN MEDIA FINGER TABLE MATH UNTUK MELATIH KONSEP HITUNG PENGURANGAN SISWA DISABILITY RUNGU
DOI:
https://doi.org/10.26740/gkjsen.v4i1.28038Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengembangkan media finger table math . Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis efektifitas pengembangan media finger table math dalam melatihkan konsep pengurangan pada siswa disability rungu . Anak disability rungu adalah anak yang mengalami kehilangan kemampuan mendengar yang disebabkan oleh kerusakan atau tidak berfungsinya sebagian atau seluruh alat pendengaran. Hambatan yang dialami anak disability rungu menyebabkan minimnya pemahaman terhadap materi pelajaran, juga dalam pembelajaran matematika dalam konsep hitung pengurangan.
Pengembangan di lakukan dengan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation, Evaluation) dilakukan pada bulan Januari – Pebruari 2023 di SLBN Seduri Kab. Mojokerto dengan subjek siswa disability rungu kelas 6 berjumlah 5 siswa. Pengumpulan data melalui tes dan non tes dengan menggunakan instrumen uji kelayakan produk dan tes kemampuan, untuk analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pada siswa tunagrahita di SLBN Seduri Mojokerto menunjukkan bahwa, kemampuan awal melatih konsep pengurangan siswa sebesar 49%. Kemampuan awal inilah yang menjadi dasar pengembangan media finger table math dalam melatih konsep hitung pengurangan pada siswa disability rungu. Melalui penggunaan media finger table math diperoleh hasil validasi ahli rerata 85, dan hasil uji coba pengembangan sebesar 84,5%.
Pengembangan media finger table math dapat melatih konsep hitung pengurangan pada siswa disability rungu dapat dikatakan berhasil dengan signifikan , sebab terjadi peningkatan pada kemampuan dalam konsep hitung pengurangan.
Kata Kunci :Media Finger Table Math, Konsep Hitung Pengurangan, Disablitiy Rungu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

