Kesulitan Analitik Keterampilan Menulis Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Nuriya Hidayatun Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi
  • Khirjan Nahdi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi
  • Zulfadli Hamdi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Husni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v2i2.19042

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesulitan analisis keterampilan menulis peserta didik sekolah dasar kelas V MI NW Leneng 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 20 siswa. Variabel atau variabel tunggal yang digunakan dalam penelitian ini adalah kesulitan analisis keterampilan menulis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dalam bentuk perintah untuk mengetahui capaian kesulitan kemampuan menulis siswa menggunakan serial iamging. Hasil tes pada pertemuan pertama mencapai rata-rata 50,5 berada pada kategori kurang kemudian meningkat pada pertemuan kedua mencapai rata-rata 58 berada pada kategori kurang, selanjutnya pada hari ketiga perolehan rata-rata menurun menjadi 52,5 dengan kategori kurang, selanjutnya pada hari terakhir mencapai rata-rata 60,5 dengan kategori cukup. Hal ini berarti bahwa terdapat kesulitan analitik keterampilan menulis siswa kelas V MI NW Leneng 2021/2022.

Kata Kunci: Kesulitan Analitik, Keterampilan Menulis.

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Hidayatun, N., Nahdi, K., Hamdi, Z., & Husni, M. (2023). Kesulitan Analitik Keterampilan Menulis Peserta Didik Sekolah Dasar. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 2(2), 113–119. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v2i2.19042

Issue

Section

Articles
Abstract views: 124 , PDF Downloads: 517