Efektivitas Metode Colour Therapy Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Siswa Disleksia

Authors

  • Siswanti Siswanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi
  • Moh. Irfan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi
  • Arif Rahman Hakim Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Sururuddin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v2i2.19037

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan hambatan disleksia pada menulis permulaan siswa kelas 1 di SDN 03 Selagik.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Teknik Non-Probability karena tidak semua anggota populasi digunakan sebagai sampel atau mengambil sampel sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Desain penelitian yang digunakan yaitu one Group Pretest-Posttest Desaign.Data dikumpulkan dengan yang diberikan diawal sebagai Pre-test dan diakhir penelitian sebagai post-test. Instrument Pengambilan data dengan menggunakan angket keterampilan menulis siswa berupa pernyataan sebanyak 20 butir dan data yang dianalisis yaitu nilai pre-test dan post-test dengan menggunakan uji normalitas, uji normalitas dengan menggunakan uji f, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa “Ho” ditolak sedangkan “Ha” diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh signifikan dengan efektivitas metode colour therapy dalam meningkatkan keterampilan menulis pada siswa disleksia kelas 1 di SDN 03 Selagik”.

Kata Kunci: Efektivitas, Colour Therapy, Disleksia

 

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Siswanti, S., Irfan, M., Rahman Hakim, A., & Sururuddin , M. (2023). Efektivitas Metode Colour Therapy Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Siswa Disleksia. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 2(2), 100–107. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v2i2.19037

Issue

Section

Articles
Abstract views: 123 , PDF Downloads: 166