Bermain Peran Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Perilaku Adaptif Dalam Berkomunikasi Anak Autis
DOI:
https://doi.org/10.26740/gkjsen.v1i2.14407Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hambatan interaksi sosial menggangu aktifitas keseharian anak autis. Kemampuan berkomunikasi yang di miliki oleh anak autis di SLB Harmoni Gedangan Sidoarjo masih terbilang kurang berkembang, bermain peran berbantuan video merupakan suatu cara untuk mengembangkan kemampuan adaptif dalam berkomunikasi anak autis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan bermain peran berbantuan video untuk meningkatkan perilaku adaptif dalam berkomunikasi anak autis tingkat SD di SLB Harmoni Gedangan. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah 10 anak autis tingkat SD di SLB Harmoni Gedangan Sidoarjo yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes perilaku adaptif sebelum dan setelah intervensi bermain peran berbantuan video selama 8 minggu. Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bermain peran berbantuan video dapat meningkatkan perilaku adaptif dalam berkomunikasi anak autis. Hal ini terlihat dari kemampuan berkomunikasi, termasuk kemampuan memberikan tanggapan saat interaksi sosial, mengalami peningkatan.
Kata Kunci: bermain peran, video, perilaku adaptif, komunikasi, autis
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

