Bermain Peran Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Perilaku Adaptif Dalam Berkomunikasi Anak Autis

Authors

  • Mira Ismaya Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v1i2.14407

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hambatan interaksi sosial menggangu aktifitas keseharian anak autis. Kemampuan berkomunikasi yang di miliki oleh anak autis di SLB Harmoni Gedangan Sidoarjo masih terbilang kurang berkembang, bermain peran berbantuan video merupakan suatu cara untuk mengembangkan kemampuan adaptif dalam berkomunikasi anak autis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan bermain peran berbantuan video untuk meningkatkan perilaku adaptif dalam berkomunikasi anak autis tingkat SD di SLB Harmoni Gedangan. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah 10 anak autis tingkat SD di SLB Harmoni Gedangan Sidoarjo yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes perilaku adaptif sebelum dan setelah intervensi bermain peran berbantuan video selama 8 minggu. Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bermain peran berbantuan video dapat meningkatkan perilaku adaptif dalam berkomunikasi anak autis. Hal ini terlihat dari kemampuan berkomunikasi, termasuk kemampuan memberikan tanggapan saat interaksi sosial, mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci: bermain peran, video, perilaku adaptif, komunikasi, autis

References

<p>Arief S. Sadiman, dkk .(2008). <em>Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya.</em> Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.</p><p>Arsyad, Arsyad dan Sulfemi, Wahyu Bagja. (2018). <em>Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual  Pendidikan  dalam  Meningkatkan  Belajar  IPS</em>. Jurnal  Pendidikan  Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. 3 (2). 41 46</p><p>Garungan. (2004). <em>Psikologi Social</em>. Bandung : PT Rafika Aditama.</p><p>Ginanjar,S. Adriana. 2000. <em>Kiat Aplikatif Membimbing Anak Autis</em>; Yayasan Mandiga, Jakarta.</p><p>Mutiah, Diana. (2010). <em>Psikologi Bermain Anak Usia Dini. </em>Kencana Prenada Media Grub.</p><p>Purwandari. (2003). <em>Pengembangan Kecakapan Hidup Anak Tunalaras Melalui Permainan Pura-pura. </em>JRR (Nomor 2 Tahun 2013). Hlm.122-131.</p><p>Sugiyono. (2016). <em>Metode Penelitian Kualitatif,Kuantitatif Dan R&amp;D. </em>Bandung: Alfabeta.</p><p>Sulfemi, Wahyu Bagja dan Setianingsih. (2018). <em>Penggunaan Tames Games Tournament (TGT) Dengan  Media  Kartu  Dalam  Meningkatkan  Hasil  Belajar</em>.  Journal  of  Komodo Science Education (JKSE. 1 (1), 1-14</p><p>Surya Hendra. (2016). <em>Kiat Membina Anak Agar Senang Berdakwah. </em>Jakarta; PT Elex.Media Kompitindo.</p><p>Tejasaputra, M.S. (1995). <em>Bermain, Mainan, Dan Permainan.</em> Jakarta ; Depdikbud Dirjen Dikti.</p>

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Ismaya, M. (2023). Bermain Peran Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Perilaku Adaptif Dalam Berkomunikasi Anak Autis. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 1(2), 68–73. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v1i2.14407

Issue

Section

Articles
Abstract views: 604 , PDF Downloads: 694