Pemanfaatan Seni Drama sebagai Media Pendidikan Karakter bagi Siswa di SMP Negeri 4 Desa Telangkah, Katingan Hilir
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak: Di masa ini, pendidikan karakter telah menjadi satu aspek fundamental dalam membentuk kepribadian generasi penerus bangsa. Pendidikan karakter telah menjadi bagian dari sistem pendidikan nasional, tujuannya adalah agar generasi di masa depan tidak hanya memiliki kecerdasan akademik, tetapi juga memiliki bekal moral yang baik.
Penanaman pendidikan karakter dapat dilakukan melalui media pembelajaran di sekolah. Seni drama, dalam hal ini memiliki potensi besar untuk dapat menjadi media pendidikan karakter yang menyenangkan bagi siswa di sekolah. Drama melatih siswa untuk merasakan empati, tanggung jawab, disiplin, kerjasama tim, kepercayaan diri, dan kreatifitas.
Penelitian ini difokuskan pada pemanfaatan seni drama sebagai media pendidikan karakter di SMPN 4 Desa Telangkah, Katingan Hilir.
Secara umum, tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi dan menganalisis pemanfaatan seni drama dalam membentuk karakter siswa di SMPN 4 Desa Telangkah. Adapun metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Luaran yang diharapkan dari penelitian ini berupa temuan mendalam mengenai praktik pemanfaatan seni drama dalam konteks pendidikan karakter, serta artikel ilmiah yang di publish di jurnal nasional terakreditasi.
Uraian TKT penelitian ini berada dalam level 3. Yaitu rancangan dan metodologi penelitian tersusun komplit.
Kata Kunci : Pembelajaran Drama, Pendidikan Karakter
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
kepemilikan artikel milik AutorReferensi
Alfauziyyah, Leni Latifah, Nida Dhiaul Aulia, and Intan Nurul Hikmah. 2024. “Peran Pendidikan Multikultural Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa.” (5).
Armesto Arias, Marta, M. Del Rosario Neira-Piñeiro, Tania Pasarín-Lavín, and Celestino Rodríguez. 2025. “A Drama-Based Intervention to Improve Emotional Intelligence in Early Childhood Education.” European Journal of Psychology of Education 40(1):13. doi:10.1007/s10212-024-00906-6.
Fresyam Antika Ajeng. 2024. “Moral Education as a Foundation for the Formation of Students’ Character.” International Journal of Islamic Educational Research 1(3):33–41. doi:10.61132/ijier.v1i3.42.
Ilhami, Muhammad Wahyu, Wiyanda Vera Nurfajriani, Arivan Mahendra, Rusdy Abdullah Sirodj, and M. Win Afgani. 2024. “Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.” doi:10.5281/ZENODO.11180129.
Isnaini, Muhammad. 2013. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Madrasah.” Al-Ta Lim Journal 20(3):445–50. doi:10.15548/jt.v20i3.41.
Komara, Endang, Heris Hendriana, and Uman Suherman. 2021. “The Roles Of Character Education In 21st Century Learning.”
Lephen, Purwanto. 2023. “Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dasar Berbasis Estetika Teater Antonin Artaud (Keresahan Zaman Dan Produksi).”
Prabuwati, Rin, Kristiwan Indriyanto, and Sartika Sari. 2024. “Pemanfaatan Pertunjukan Drama ‘Ulang Durhaka’ Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Dan Pendidikan Karakter Siswa SMA Harapan Medan.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 10(3). doi:10.31949/educatio.v10i3.9377.
Purba, Elisabeth, Enjel T. Banjarnahor, Fitri A. Tampubolon, Rizkita R. Sebayang, Sheshilia P. Damanik, Yanti Ambarita, and Safinatul Harahap. 2024. “Identifikasi Metode Project Based Learning Dalam Pembelajaran Drama Pada Sekolah Menengah Atas.” DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 4(4):1004–13. doi:10.53769/deiktis.v4i4.1149.
Rahmadani, Ervi, and Muhammad Zuljalal Al Hamdany. 2023. “Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Dasar.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6(1):10–20. doi:10.54069/attadrib.v6i1.368.
Ritonga, Zuleha, and Addary Padangsidimpuan. 2025. “Affective Learning Strategies In Improving Students’ Character.”
Rojabi, Ahmad Ridho, and Ali Mustofa. 2021. “Exploiting Drama for Children in EFL Teaching to Promote Creativity, Confidence, and Motivation.” Journal of English Education and Teaching 5(4):544–55. doi:10.33369/jeet.5.4.544-555.
Sidabutar, Ice Marlinggom. 2025. “Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Karya Sastra Nusantara: Implikasi Bagi Kurikulum Merdeka: Local Wisdom Values in Literature of the Archipelago: Implications for Merdeka Curriculum.” Boraspati Journal: Journal of Bilingualism, Organization, Research, Articles, Studies in Pedagogy, Anthropology, Theory, and Indigenous Cultures 1(1):15–28. doi:10.64674/boraspatijournal.v1i1.2.
Sumitro, Eko Adi, and Puniman Puniman. 2024. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra Di Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan Bahasa 13(2). doi:10.31571/bahasa.v13i2.8255.
Toivanen, Tapio, Kauko Komulainen, and Heikki Ruismäki. 2011. “Drama Education and Improvisation as a Resource of Teacher Student’s Creativity.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 12:60–69. doi:10.1016/j.sbspro.2011.02.010.