PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE PADA MUATAN IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Nadya Af'idati Universitas Negeri Jakarta
  • Yustia Suntari Universitas Negeri Jakarta
  • Adi Putra Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v2n1.p22-33

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Articulate Storyline, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran Articulate Storyline pada muatan IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penilaian produk media pembelajaran Articulate Storyline dilakukan oleh 3 orang ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, serta melakukan uji coba produk kepada peserta didik. Hasil penilaian oleh ahli materi memperoleh skor 92,50%, ahli media memperoleh skor 91,66%, dan ahli bahasa memperoleh skor 92,50%. Hasil rerata yang diperoleh dari penilaian ahli mendapat skor kelayakan produk sebesar 92,22% sehingga mendapatkan kategori Sangat Baik. Uji coba produk kepada peserta didik melalui One to One Evaluation memperoleh skor 100% dan Small Group Evaluation memperoleh skor 96,66%. Hasil rerata yang diperoleh dari uji coba produk kepada peserta didik mendapat skor kelayakan produk sebesar 98,33% sehingga mendapatkan kategori Sangat Baik. Dengan demikian, media pembelajaran Articulate Storyline layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Referensi

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2). https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Kemenkes. (2020). Hindari Lansia Dari Covid 19. Retrieved from http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2020/04/23/21/hindari-lansia-dari-covid-19.html

Mahmud, N. F. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Rumah Adat Nusantara (RAN) Menggunakan Articulate Storyline pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV B SD Telkom Makassar.

Mendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

N, S. Y. L., & Sugandhi, N. M. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Press.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS untuk SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Ke-26). Bandung: Alfabeta.

Yamin, M. (2012). Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Ciputat: Referensi.

Diterbitkan

2022-04-20

Cara Mengutip

Af’idati, N., Suntari, Y., & Putra, A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE PADA MUATAN IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR. Educational Technology Journal, 2(1), 22–33. https://doi.org/10.26740/etj.v2n1.p22-33
Abstract views: 1329 , PDF Downloads: 1177