PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE PADA MUATAN IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nadya Af'idati Universitas Negeri Jakarta
  • Yustia Suntari Universitas Negeri Jakarta
  • Adi Putra Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v2n1.p22-33

Keywords:

Media Pembelajaran, Articulate Storyline, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran Articulate Storyline pada muatan IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif. Penilaian produk media pembelajaran Articulate Storyline dilakukan oleh tiga orang ahli dan uji coba kepada peserta didik. Hasil penilaian oleh ahli materi memperoleh skor 92,50%, ahli media memperoleh skor 91,66%, dan ahli bahasa memperoleh skor 92,50%. Hasil rata-rata yang diperoleh dari penilaian ahli mendapat skor kelayakan produk sebesar 92,14% sehingga mendapatkan kategori Sangat Baik. Uji coba produk kepada peserta didik melalui one to one evaluation memperoleh skor 100% dan small group evaluation memperoleh skor 96,66%. Hasil rata-rata yang diperoleh dari uji coba produk kepada peserta didik mendapat skor kelayakan produk sebesar 97,77% sehingga mendapatkan kategori Sangat Baik. Dengan demikian, Articulate Storyline layak digunakan sebagai media pembelajaran.

References

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2). https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Kemenkes. (2020). Hindari Lansia Dari Covid 19. Retrieved from http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2020/04/23/21/hindari-lansia-dari-covid-19.html

Mahmud, N. F. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Rumah Adat Nusantara (RAN) Menggunakan Articulate Storyline pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV B SD Telkom Makassar.

Mendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

N, S. Y. L., & Sugandhi, N. M. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Press.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS untuk SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Ke-26). Bandung: Alfabeta.

Yamin, M. (2012). Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Ciputat: Referensi.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Af’idati, N., Suntari, Y., & Putra, A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE PADA MUATAN IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR. Educational Technology Journal, 2(1), 22–33. https://doi.org/10.26740/etj.v2n1.p22-33
Abstract views: 1329 , PDF Downloads: 1177