PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE PADA MUATAN IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nadya Af'idati Universitas Negeri Jakarta
  • Yustia Suntari Universitas Negeri Jakarta
  • Adi Putra Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

media pembelajaran, Articulate Storyline, proklamasi kemerdekaan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran Articulate Storyline pada muatan IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif. Penilaian produk media pembelajaran Articulate Storyline dilakukan oleh tiga orang ahli dan uji coba kepada peserta didik. Hasil penilaian oleh ahli materi memperoleh skor 92,50%, ahli media memperoleh skor 91,66%, dan ahli bahasa memperoleh skor 92,50%. Hasil rata-rata yang diperoleh dari penilaian ahli mendapat skor kelayakan produk sebesar 92,14% sehingga mendapatkan kategori Sangat Baik. Uji coba produk kepada peserta didik melalui one to one evaluation memperoleh skor 100% dan small group evaluation memperoleh skor 96,66%. Hasil rata-rata yang diperoleh dari uji coba produk kepada peserta didik mendapat skor kelayakan produk sebesar 97,77% sehingga mendapatkan kategori Sangat Baik. Dengan demikian, Articulate Storyline layak digunakan sebagai media pembelajaran.

References

Akhyar, M., Puspitarini, Y. D., & Djono. (2018). Developing Powtoon-Based Video Learning Media for Five Grade Students of Elementary School. 165, 173–177.

Alfianti, A., Taufik, M., & Hakim, Z. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(2), 1–12. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2). https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Darnawati, Jamiludin, Batia, L., Irawaty, & Salim. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 8–16.

Fatia, I., & Ariani, Y. (2020). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Faktor dan Kelipatan Suatu Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 503–511.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., … Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Kemenkes. (2020). Hindari Lansia Dari Covid 19. Retrieved from http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2020/04/23/21/hindari-lansia-dari-covid-19.html

Mahmud, N. F. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Rumah Adat Nusantara (RAN) Menggunakan Articulate Storyline pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV B SD Telkom Makassar.

Mendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Muryaningsih, S. (2021). Media Pembelajaran Berbahan Loose Part Dalam Pembelajaran Eksak Di Mi Kedungwuluh Lor. Khazanah Pendidikan, 15(1), 84–91. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i1.10360

N, S. Y. L., & Sugandhi, N. M. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Press.

Nursiyanto, Indera, Wibasuri, A., Lestari, S., & Aziz, R. A. (2020). Pendampingan Media Pembelajaran Online Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Islam Pelangi Bandar Lampung. 20–24.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di SDIT Cendikia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 94–101. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.011.10

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. 4(1), 122–130. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356

Savitri, D., Karim, A., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android di Kelas 4 Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2

Silmi, M. Q., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan RI SD Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 06(04), 486–495.

Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS untuk SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Ke-26). Bandung: Alfabeta.

Yamin, M. (2012). Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Ciputat: Referensi.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91–100. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Downloads

Published

2022-04-20
Abstract View: 140