Pendampingan Digital Marketing Pada UMKM Tas Talikur, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Penulis

  • Hariyati Hariyati Universitas Negeri Surabaya
  • Dian Anita Nuswantara Universitas Negeri Surabaya
  • Lintang Venusita Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Digital Marketing, Green Economy

Abstrak

Kegiatan PKM dilaksanakan dalam rangka membantu pelaku UMKM Tas Talikur yang bergerak dibidang Kerajinan Kreasi Tas Talikur yang beralamat di Desa Kandangan RT 02 dan RW 02 Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar Jawa Timur menjadi UMKM yang melek digital. Agar mempunyai kemampuan dalam marketing digital maka para pelaku bisnis Tas Talikur di desa tersebut harus mempunyai pemahaman, ketrampilan dan mengimplementasikan terkait digital marketing yang berkelanjutan yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan. Perlu dilakukan PKM yang terkait dengan marketing digital untuk bersaing di dunia digital. Digital Marketing merupakan kunci dalam keberhasilan suatu usaha yang dilakukan, yang dimana pada kegiatan ini meliputi kegiatan promosi dan mencari pangsa pasar melalui media digital dengan memanfaatkan beberapa platform digital. Kegiatan ini di laksanakan pada tanggal Tanggal 3 Mei 2024 secara online jam 16.00-18.00 dan Tanggal 4-5 Mei 2024 secara offline bertempat: FX Labs Coffee & Eatery, Jl. Ahmad Yani no 121 Blitar mulai Jam: 08.00 - 15.30. Kegiatan ini diikuti oleh 10 (sepuluh) pelaku UMKM. UMKM Tas Talikur yang bergerak dibidang Kerajinan Kreasi Tas Talikur yang beralamat di Desa Kandangan RT 02 dan RW 02 Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar Jawa Timur. Materi yang di bahas adalah: Strategi pemasaran, Membuat konten Pemasaran Digital, Pemesaran Digital secara keseluruhan.

Referensi

[1] Chaffey, D., and F. Ellis-Chadwick. 2019. Digital Marketing (7th Ed.). Pearson Education Limited.

[2] Khasbulloh, M. Wahab, Muthi’atul Khasanah, Wiliyanto Wiliyanto, and Muammar Afif Al Qusaeri. 2024. “Pengenalan Digital Marketing Untuk Pelaku Usaha UMKM Diwilayah Kecamatan Pangkah.” Journal Of Human And Education 4. http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/528.

[3] Kotler, P., and K. L. Keller. 2016. Marketing Management (15th Ed.). Pearson Education.

[4] Nurharista, Regina Ayu, Sherine, and Uun Ralita. 2022. “Penerapan Strategi Online Marketing UMKM Pada Era Normal Baru.” Universitas Tanjungpura. https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2022/09/17.pdf.

[5] Soetjipto, Noer. 2020. Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19.

[6] Yuswono, Irawan, Anis Turmudhi, Yuyun Ristianawati, Mirna Dyah Praptitorini, and Noor Salim. 2024. “Digital Marketing Sebagai Pengungkit Kinerja UMKM.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi 3. https://journal.adpebi.com/index.php/JPMA/article/view/993.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30

Cara Mengutip

Hariyati, H., Nuswantara, D. A., & Venusita, L. (2025). Pendampingan Digital Marketing Pada UMKM Tas Talikur, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 6(2), 69–76. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/abimanyu/article/view/45587
Abstract views: 85 , PDF Downloads: 31

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.