Peningkatan Kompetensi Guru SMK Pada Mata Pelajaran Akuntansi Pemerintahan

Authors

  • Cantika Sari Siregar Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Loggar Bhilawa Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Mariana Mariana Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Rohmawati Kusumaningtias Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Dian Anita Nuswantara Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v2i1.10754

Abstract

Pendidikan merupakan elemen kunci yang berperan untuk meningkatkan kualitas kehidupan bangsa. Dengan diterbitkannya Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 07/D.D5/KK/2018 tanggal 7 Juni 2018 tentang Struktur Kurikulum SMK dan MAK. Peraturan tersebut menyertakan mata pelajaran Akuntansi Pemerintahan dalam kurikulum standar SMK. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan pendidik untuk memahami mata pelajaran Akuntansi Pemerintahan melalui pelatihan. Hasil setelah dilakukan pelatihan terdapat kenaikan yang signifikan yaitu 85%.

References

<p>Fandhilah, F. (2015). Model Penerimaan dan Penggunaan Program Aplikasi Akuntansi pada Siswa SMK Studi Kasus SMK Yadika 1 dan SMK Yadika 2 Jakarta Barat. <em>Jurnal Bianglala Informatika</em>, <em>3</em>(2), 1018</p><p> </p><p>Hadi, B. (2015). Tantangan Penerapan Kurikulum Akuntansi Pemerintahan untuk SMK Kelompok Keahlian Bisnis dan Manajemen dengan Adanya UU Desa Nomor 6 Tahun 2014. In <em>Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan Keuangan</em> (pp. 564573)</p><p> </p><p>Jatmoko, D. (2013). Relevansi Kurikulum SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan terhadap Kebutuhan Dunia Industri di Kabupaten Sleman. <em>Jurnal Pendidikan Vokasi</em>, <em>3</em>(1), 113</p><p> </p><p>Jaya, H. (2012). Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum Dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. <em>Jurnal Pendidikan Vokasi</em>, <em>2</em>(1), 8190</p><p> </p><p>Mulyani, E. (2011). Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah. <em>Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan</em>, <em>8</em>(1), 118. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/705</p><p> </p><p>Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 07/D.D5/KK/2018 tanggal 7 Juni 2018 tentang Struktur Kurikulum SMK dan MAK</p><p> </p><p>Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan</p><p> </p><p>Peraturan Kepada Badan Pusat Statistik No. 17 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik No. 66 Tahun 2016 Tentang Kode Nama dan Wilayah Kerja Statistik Tahun 2016</p><p> </p><p>Priambudi, B. (2018). BPS: Jumlah Pengangguran Terbuka Berkurang, Terbanyak dari Lulusan SMK. <em>Tribunnews.Com</em>, p. 1</p><p> </p><p>Rahmadian, M. C. (2015). Implementasi Sistem Informasi Akuntansi dengan Software Accurate pada Perusahaan Manufaktur. In <em>Seminar Nasional Aplikasi dan Pengembangan Teknologi Informasi</em> (pp. 14). https://doi.org/10.15713/ins.mmj.3</p><p> </p><p>Rahmawati, M. (2015). Peran Aplikasi Komputer Berbasis Akuntansi untuk Badan Usaha dalam Perspektif Sistem Informasi. <em>Perspektif</em>, <em>13</em>(2), 172183. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/921</p><p> </p><p>Ratnasari, E. D. (2018). BPS Lulusan SMK Banyak Menganggur Sepanjang 2017. <em>CNN Indonesia</em>, p. 1</p><p> </p><p>Sukardi, T., &amp; Hargiyanto, P. (2007). Peran Bursa Kerja Khusus Sebagai Upaya Penempatan Lulusan SMK Dalam Rangka Terwujudnya Link and Match Antara Sekolah Dengan Dunia Industri. <em>JPTK</em>, <em>16</em>(2), 141163. https://doi.org/10.15713/ins.mmj.3</p><p> </p><p>Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa</p><p> </p><p>Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional</p><p> </p><p>Wijaya, T. (2007). Hubungan Adversity Intelligence dengan Intensi Berwirausaha ( Studi Empiris pada Siswa SMKN 7 Yogyakarta ). <em>Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan</em>, <em>9</em>(2), 117127</p><p> </p><p>Wulandari, N., &amp; Rohayati, S. (2015). Pengaruh Computer Knowlegde , Computer Attitude , Dan Fasilitas Laboratorium Komputer Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. <em>Jurnal Pendidikan Akuntansi</em>, <em>3</em>(2), 110</p>

Published

2021-02-02

How to Cite

Siregar, C. S., Bhilawa, L., Mariana, M., Kusumaningtias, R., & Nuswantara, D. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru SMK Pada Mata Pelajaran Akuntansi Pemerintahan. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 2(1), 36–44. https://doi.org/10.26740/abi.v2i1.10754
Abstract views: 271 , PDF Downloads: 220

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>