Pelatihan Digital Marketing Berbasis Smartphone Untuk Membangun Kemandirian Ekonomi Pada Komunitas Tuli Gresik

Penulis

  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya
  • Hafid Kholidi Hadi Prodi Bisnis Digital, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya
  • Ima Kurrotun Ainin Prodi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Hitta Alfi Muhimmah Prodi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Muh Ariffudin Islam Prodi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

digital marketing, smartphone, economic independence, deaf disability, deaf community

Abstrak

Komunitas Tuli Gresik (Kotugres) merupakan komunitas masyarakat tuli dengan usia muda dan produktif yang perlu mendapatkan pelatihan digital marketing berbasis smartphone untuk mendukung kemandirian ekonominya. Pelatihan ini juga dapat digunakan sebagai salah satu strategi untuk memberdayakan Kotugres dari kondisi yang tidak menguntungkan seperti stigma negatif dari masyarakat, diskriminasi, pengabaian hingga termarginalisasi secara ekonomi dan sosial. Produk karya Kotugres perlu dipasarkan secara digital setelah proses bisnis secara manual/offline mengalami stagnasi karena perubahan mindset masyarakat yang mulai meninggalkan kebiasaan belanja secara offline dan cenderung meningkatnya animo belanja secara online, terlebih situasi pasca pemulihan pendemi Covid-19 yang belum 100% reda membuat platform digital marketing berbasis smartphone semakin dibutuhkan dan digemari masyarakat. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari tahap need assesment, perencanaan program, pelaksanaan program, dan evaluasi program. Hasil pelaksanaan kegiatan yaitu adanya dampak positif yang signifikan berupa peningkatan minat, pengetahuan dan kemampuan anggota Kotugres dalam melakukan digital marketing smartphone smartphone. Untuk menjamin kontinuitas dampak kegiatan pelatihan diperlukan kerjasama dengan mitra yang dapat meneruskan pelaksanaan program secara berkesinambungan untuk menjaga dampak jangka panjang dari pelatihan.

Referensi

[1]. Fajriyah Usman. (2020). Kotugres lahirkan karya fashion yang memukau. Pertamina News, 10. https://www.pertamina.com/id/news-room/csr- news/kotugres-lahirkan-karya-fashion-yang-memukau

[2]. Fakhriyyah, D. D., & Wulandari, Y. (2021). Sosialisasi digital marketing dan inovasi produk pada ukm gula merah guna mempertahankan ekonomi di masa pandemi covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(4), 311–317.

[3]. Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I. (2020). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19: Sebuah survey online. LP2M.

[4]. Nasution, D. (2017). Sistem perekonomian untuk mewujudkan kesejahteraan sosial sesuai undang-undang dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945. Kebijakan Pemerataan Ekonomi Untuk Mencapai Pertumbuhan Ekonomi Nasional Yang Berazaskan Demokrasi Dan Berbasis Ekonomi Pasar Yang Adil. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/ini-langkah-pemerintah- wujudkan-pemerataan-ekonomi/

[5]. Prastyaningtyas, E. W., & Arifin, Z. (2019). Pentingnya pendidikan kewirausahaan pada mahasiswa dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai upaya menghadapi revolusi 4.0. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 281–285.

[6]. Tayibnapis, A. Z., Wuryaningsih, L. E., & Gora, R. (2019). Pentingnya inovasi dan kreatifitas era teknologi digital. http://repository.ubaya.ac.id/36533/

[7]. Zubaida, siti, dkk.(2023). Dampak positif digital marketing dalam meningkatkan perekonomian pengrajin bubut kayu di kecamatan kasiman Kabupaten Bojonegoro.https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/KNBESI/article/view/10460

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30

Cara Mengutip

Supriyanto, S., Hafid Kholidi Hadi, Ima Kurrotun Ainin, Hitta Alfi Muhimmah, & Muh Ariffudin Islam. (2025). Pelatihan Digital Marketing Berbasis Smartphone Untuk Membangun Kemandirian Ekonomi Pada Komunitas Tuli Gresik. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 6(2), 111–117. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/abimanyu/article/view/36162
Abstract views: 2 , PDF Downloads: 2

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.