Pengembangan Rencana Bisnis Untuk Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Pelajar Indonesia di Filipina

Penulis

  • Andre Dwijanto Witjaksono Universitas Negeri Surabaya
  • Ulil Hartono Universitas Negeri Surabaya
  • Sanaji Sanaji Universitas Negeri Surabaya
  • Yessy Artanti Universitas Negeri Surabaya
  • Harlina Meidiaswati Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Rizky Ramadhan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v6n`1.p1-7

Abstrak

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman pengelolaan manajemen, melalui program pengembangan rencana bisnis untuk menumbuhkan jiwa wirausaha bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia di Filipina yangtergaung dalam Perhimpuna Pelajar Indonesia Filipina (PPIF). Kegiatan dilaksanakan atas hasil analisis situasi awal tim pengabdian kepada masyarakat FEB UNESA, atas kendala financial dan kendala lain yang dialami mahasiswa dan pelajar selama studi lanjut di Filipina. Kegiatan dilaksanakan dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, diakhiri dengan monitoring dan evaluasi. Pada tahap persiapan disusun materi pelatihan sesuai kebutuhan peserta sekaligus melakukan koordinasi lapangan. Kegiatan PKM dilaksanakan tanggal 6 - 7 Juli 2024 di kampus Adventist International Institute of Advanced Studies (AIIAS) di Jalan Raya Aquinaldo Highway, Km. 45.5, Lalaan I, Silang, Cavite 4118, Filipina. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terkait konsep dasar kewirausahaan, manajemen secara umum, manajemen operasi dari bisnis, serta bagaimana menemukan dan mengembangkan ide bisnis model kanvas dengan mempertimbangkan kelayakan dari sisi keuangan melalui penganggaran modal. Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan dan memahami materi yang diberikan. Secara keseluruhan peserta merasa puas atas pelaksanan dan kualitas pelatihan, dengan nilai evaluasi 4,80 pada skala 1-5. Tingginya nilai kepuasan peserta karena pelatihan dilaksanakan sesuai jadwal dengan suasana nyaman.

Referensi

[1] Fayolle, A., Gailly, B., & Lassas-Clerc, N. (2006). Assessing the impact of entrepreneurship education programmes: A new methodology. Journal of European Industrial Training, 30(9), 701–720. https://doi.org/10.1108/03090590610715022

[2] Honig, B. (2004). Entrepreneurship Education: Toward a Model of Contingency-Based Business Planning. Academy of Management Learning & Education, 3(3), 258–273. https://doi.org/10.5465/amle.2004.14242112

[3] Huang, Y., Li, P., Chen, L., & Wang, J. (2023). Opportunity or necessity entrepreneurship? A study based on the national system of entrepreneurship. Journal of Innovation and Knowledge, 8(4). https://doi.org/10.1016/j.jik.2023.100448

[4] Jones, M. V., & Coviello, N. E. (2005). Internationalisation: Conceptualising an entrepreneurial process of behaviour in time. Journal of International Business Studies, 36(3), 284–303. https://doi.org/10.1057/palgrave.jibs.8400138

[5] Kerr, S. P., Kerr, W. R., & Dalton, M. (2019). Risk attitudes and personality traits of entrepreneurs and venture team members. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 116(36), 17712–17716. https://doi.org/10.1073/pnas.1908375116

[6] Martin, B. C., McNally, J. J., & Kay, M. J. (2013). Examining the formation of human capital in entrepreneurship: A meta-analysis of entrepreneurship education outcomes. Journal of Business Venturing, 28(2), 211–224. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2012.03.002

[7] Oosterbeek, H., van Praag, M., & Ijsselstein, A. (2010). The impact of entrepreneurship education on entrepreneurship skills and motivation. European Economic Review, 54(3), 442–454. https://doi.org/10.1016/j.euroecorev.2009.08.002

[8] Pittaway, L., & Cope, J. (2007). Entrepreneurship education: A systematic review of the evidence. International Small Business Journal, 25(5), 479–510. https://doi.org/10.1177/0266242607080656

[9] Rasmussen, E. A., & Sørheim, R. (2006). Action-based entrepreneurship education. Technovation, 26(2), 185–194. https://doi.org/10.1016/j.technovation.2005.06.012

[10] Ronald K. Mitchell, Lowell Busenitz, Theresa Lant, Patricia P. Mc Dougall, Eric A. Morse, & J. Brock Smith. (2002). Toward a Theory of Entrepreneurial Cognition: Rethinking the People Side of Entrepreneurship Research. Entrepreneurship Theory and Practice, 93–104.

[11] Sendra-Pons, P., Belarbi-Muñoz, S., Garzón, D., & Mas-Tur, A. (2022). Cross-country differences in drivers of female necessity entrepreneurship. Service Business, 16(4), 971–989. https://doi.org/10.1007/s11628-021-00470-9

[12] Zahra, S. A., & George, G. (2002). Institutional Knowledge at Singapore Management University Absorptive Capacity : A Review Reconceptualization and Extension. Academy of Management Review, 27(2), 185–203.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-20

Cara Mengutip

Witjaksono , A. D., Hartono, U., Sanaji, S., Artanti, Y., Meidiaswati, H., & Ramadhan, M. R. (2025). Pengembangan Rencana Bisnis Untuk Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Pelajar Indonesia di Filipina. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 6(`1), 1–7. https://doi.org/10.26740/abi.v6n`1.p1-7
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0