The Peningkatan Branding dan Manajerial Kelompok Usaha Agribisnis Oyster Mushroom Pada Bumdes Bedjo Djojo

Penulis

  • Dwiarko Nugrohoseno Universitas Negeri Surabaya
  • Andre Dwijanto Witjaksono Universitas Negeri Surabaya
  • Budiono Budiono Universitas Negeri Surabaya
  • Khoirur Rozaq Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Hasil analisis situasi menunjukkan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh mitra, yaitu: Pertama, proses Branding produk unggulan seperti pengemasan produk, merek, dan desain yang kurang menarik. Sebagian petani sebenarnya sudah ada yang mencoba untuk mengemas dengan kualitas plastic yang baik. Namun masih sangat kurang untuk membuat produk menjadi spesifik dan memiliki posisioning dibenak konsumen. Oleh karena itulah sangat penting untuk dilakukan perbaikan dalam proses branding produk sehingga mencapai keunggulan kompetitif. Kedua, kurangnya pengetahuan dan kemampuan para pelaku usaha dalam pemasaran online untuk meningkatkan penjualan produk. Ketiga, sebagai usaha yang relatif baru berdiri, para pengusaha jamur tiram belum melakukan pembukuan keuangan.  Padahal pengelolaan usaha yang bagus harus ditunjang dengan pembukuan keuangan secara tertib administrasi. Solusi atas permasalahan tersebut, yaitu : Pertama, perlunya upaya untuk membantu para pengusaha jamur tiram dalam bentuk pelatihan tentang pengemasan (packaging). Kedua, untuk lebih meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pemasaran produk di era digital saat ini, perlu diberikan bantuan berupa pelatihan tentang pemasaran online (online marketing). Ketiga, diperlukan pelatihan tentang pembukuan keuangan. Diharapkan dengan adanya bantuan berupa pelatihan pembukuan keuangan, pelatihan online marketing, dan perbaikan packaging akan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan dan pengembangan usaha bagi para pelaku usaha jamur tiram

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-30

Cara Mengutip

Nugrohoseno, D., Witjaksono, A. D., Budiono, B., & Rozaq, K. (2024). The Peningkatan Branding dan Manajerial Kelompok Usaha Agribisnis Oyster Mushroom Pada Bumdes Bedjo Djojo. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 5(2), 1–10. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/abimanyu/article/view/29225

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 7 , PDF Downloads: 9

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama