Improving Children's Creativity through Outdoor Learning Jumputan Batik Activities

Penulis

  • Raya Sulistyowati Universitas Negeri Surabaya
  • Syafitri Universitas Negeri Surabaya
  • Rakhmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Aini Universitas Negeri Surabaya
  • Izzahtus Universitas Negeri Surabaya
  • Setia Brilianita Universitas Negeri Surabaya
  • Surya Andhini Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v4n2.p1-12

Abstrak

Batik jumputan merupakan hasil dari teknik ikat dan celup pada batik yang disesuaikan dengan  keinginan warna yang digunakan. Kain yang digunakan untuk membatik ini diikat dengan tali tebal ataupun karet untuk menghalangi warna masuk ke kain dan membetuk motif yang diinginkan. Kegiatan membatik dengan teknik jumputan ini di lakukan di SDN 2 Kauman yang bertepatan di Kabupaten Nganjuk yang bertujuan untuk menjelaskan pentingnya pengenalan seni batik jumputan kepada anak anak sekolah dasar, dan juga meningkatkan kreativitas siswa yang ditunjukan melalui batik yang berasal dari  hasil kreasi ikat dan pewarnaan oleh siswa. Tahapan pada kegiatan ini adalah metode praktek. Hasil yang dihasilkan dalam kegiatan outdoor learning dengan diadakan batik jumput pada siswa SDN 2 Kauman adalah kreatifitas dalam pembuatan produk serta pengembangan pengetahuan bagi siswa pada pembuatan batik jumputan. Kegiatan ini juga memperlihatkan bagaimana teknik membatik jumputan dan mengerti bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat batik jumputan.

Kata kunci: batik jumputan, kreativitas, siswa

Referensi

Ariesandy, K. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Berbentuk Jelajah Lingkungan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(1), 110–120. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/31695

Fadilah, F. R., Warsah, I., & Wanto, D. (2020). Implementasi Outdoor Learning: Upaya Menanamkan Nilai-nilai Keislaman Siswa SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 38–55. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1253

Purnaningrum, E., Putranto, K. N., Azies, H. A., Ningrum, A. S., Ekonomi, F., Pgri, U., Buana Surabaya, A., Keguruan, F., Pendidikan, I., Surabaya, A. B., Jumputan, A. B., Kunci, K., Jumputan, B., Dasar, S., & Kreativitas, P. (2019). Pembuatan Batik Jumputan Sebagai Sarana Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Guna Peningkatan Kreativitas Peserta Didik. Penamas Adi Buana, 03(1), 43–50.

Asmarani Ratih, dkk. (2021). Batik Jumputan Inovasi dan Cara Pembuatan. Lamongan: CV. Pustaka Djati.

Erikasari, E. (2019). Peranan Motivasi, Kreativitas Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2).

Handoyo, Joko Dwi. 2008. Batik Dan Jumputan. Yogyakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Lestar, Endang Titik. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Sari, A. P. P., Nugraha, R., Wardani, P. A., Anugrah, I., & Rustandie, A. (2018). Pelatihan Keterampilan Jumputan Untuk Cinderamata Sebagai Upaya Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Di Ngasem, Gunungkidul. Jurnal Ilmiah Penalaran dan Penelitian Mahasiswa, 2(2), 174-184.

Sari, R. P. (2013). Keterampilan Membatik Untuk Anak. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Wijayanti, K. E. (2017). Implementasi Pendidikan Luar Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(1), 48-58.

Ratyaningrum, F., Oemar, E. A. B., Anggapuspa, M. L., & Ahmad, A. S. E. (2018). Gulijat: Eksplorasi Teknik Menghias Kain Dalam Mendukung Seni Dan Industri Kreatif Pada Anggota Pkk Balas Klumprik. Prosiding Semnas Ppm 2018, 1(1), 1201-1209.

Sandi, N. V. (2022). Analisis kreativitas siswa dalam teknik pembuatan Batik Jumputan di Sekolah Dasar Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 8(2), 220-239.

Muslihasari, A., Cholifah, T. N., & Yanti, Y. E. (2022). Pelatihan Membatik Jumputan Sebagai Sarana Menumbuhkan Kreativitas Siswa Sdn 1 Maguan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-12.

Rahayu, D. W. (2018). Penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan kreativitas anak sekolah dasar. Proceedings of the ICECRS, 1(3), v1i3-1372.

Hapsari, P. S., Badriyah, S., & Utomo, T. P. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak SD dengan Pelatihan Pembuatan Jumputan untuk Asesoris Interior. Abdi Seni, 11(1), 53-62.

Wiro'i, M., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan mobile learning berbasis android pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan sekolah menengah kejuruan. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2092-2104.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-30

Cara Mengutip

Sulistyowati, R., Syafitri, N., Rakhmawati, D. Y. ., Aini, L. N. ., Izzahtus, S. ., Brilianita, S. ., & Andhini, S. . (2023). Improving Children’s Creativity through Outdoor Learning Jumputan Batik Activities. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.26740/abi.v4n2.p1-12

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 75 , PDF Downloads: 70