Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatan Kompetensi Guru SMK Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) Bidang Keahlian Bisnis Manajemen di Kabupaten Tuban

Authors

  • Saino Saino Universitas Negeri Surabaya
  • Raya Sulistyowati Universitas Negeri Surabaya
  • Harti Harti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v1i1.6344

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ialah suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis reflektif terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh Guru yang sekaligus sebagai peneliti, disusunnya suatu perencanaan sampai dengan penilaian terhadap tindakan nyata di dalam kelas yang berupa kegiatan belajar mengajar untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang dilakukannya. Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam kelas ada kelompok kelas dan warganya yang dihuni beragam-ragam siswa yang memiliki kemauan dan keinginan yang berbeda-beda. Dalam kelompok kelas itu juga akan mengindikasikan pada kita bahwa dalam kelompok kelas itu setidaknya akan bermunculan masalah yang harus segera diatasi. Untuk itulah, sangat diperlukan langkah-langkah tepat yang jitu untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Yang ujung tombak pelaksanaannya adalah guru. Langkah-langkah yang tepat dan jitu yang harus dilakukan guru untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut yaitu dengan cara melakukan Penelitian Tindakan Kelas demi untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran siswa serta untuk meningkatkan profesionalitas guru itu sendiri. Oleh Karena itu, Penelitian Tindakan Kelas memang begitu diperlukan oleh guru yang selalu berkecimpung dengan dunia kelas. Hal tersebut sesuai dengan isu seputar profesionalisme, praktik di kelas, kontrol sosial terhadap guru, serta kemanfaatan penelitian pendidikan. Dari segi profesionalisme, penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru dipandang sebagai satu unjuk kerja seorang guru yang profesional karena studi sistematik yang dilakukan terhadap diri sendiri dianggap sebagai tanda dari pekerjaan guru yang profesional (Wardani:2014).

References

<p>Arrend, R.I. 1997. <em>Classroom Instruction And Management. </em>New York:  McGraw</p><p>Hll. Inc</p><p> </p><p>Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. <em>Pembelajaran Kooperatif. </em>Surabaya: University Press</p><p> </p><p>Johnson, Elaine B. 2002. <em>Contextual Teaching and Learning (CTL), </em>California:</p><p>Corwin Press Inc</p><p> </p><p>Kemmis, S. &amp; Mc. Taggart, R. 1988. <em>The Action Research Planner.</em> 3<sup>rd</sup> ed. Victoria:</p><p>                Deakin University</p><p> </p><p>Nur, Muhammad. 2004. <em>Guru yang Berhasil dan Model Pengajaran Langsung.</em></p><p>Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa</p><p> </p><p>Nur, Muhammad, dkk. 2004. <em>Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan</em></p><p><em>Konstruktivis dalam Pengajaran. </em>Surabaya: Pusat Sains dan Matematika</p><p>Sekolah Unesa</p><p> </p><p>Nurhadi. 2002. <em>Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)</em>:</p><p>Departemen Pendidikan Nasional</p><p> </p><p>Purwanto, Ngalim. 2004. <em>Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. </em>Bandung:</p><p>Remaja Rosdakarya</p><p> </p><p>University of Washington College of Education. 2001. <em>Training for Indonesian</em></p><p><em>Education Team In Contextual Teaching and Learning. </em>Seatle, Washington,</p><p>USA</p><p> </p><p>Wardani. 2014. <em>Penelitian Tindakan Kelas : Modul 1</em>. Jakarta : Universitas Terbuka.</p><p> </p><p> </p><p> </p><p> </p>

Published

2020-02-24

How to Cite

Saino, S., Sulistyowati, R., & Harti, H. (2020). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatan Kompetensi Guru SMK Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) Bidang Keahlian Bisnis Manajemen di Kabupaten Tuban. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(1), 68–77. https://doi.org/10.26740/abi.v1i1.6344
Abstract views: 1942 , PDF Downloads: 2735

Most read articles by the same author(s)