Pendampingan Pemanfaatan Media Sosial atau E-Commerce dalam Upaya Pengenalan Produk dan Peningkatan Penjualan

Penulis

  • Made Dudy Satyawan Accounting Department, Faculty of Economics, Universitas Negeri Surabaya
  • Ni Nyoman Alit Triani State University of Surabaya
  • Merlyana Dwinda Yanthi State University of Surabaya
  • Loggar Bhilawa State University of Surabaya
  • Aisyahturrahmi Aisyahturrahmi State University of Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v4n2.p46-52

Kata Kunci:

Digitalization of marketing, SMEs, BUMDes, Bojonegoro, E-Commerce

Abstrak

Era digitalisasi memengaruhi perilaku usaha, tidak hanya pelaku usaha yang bisnis modelnya berubah dari cara-cara konvensional ke penggunaan teknologi informasi, tapi juga perilaku konsumen yang berbelanja melalui platform-platform media sosial atau e-commerce. Mitra pengabdian yang merupakan pelaku usaha UMKM dan badan pengelola BUMDes di Desa pada Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, memiliki permasalahan dalam mengenalkan usaha dan produk atau jasa yang dihasilkan. Metode konvensional mengorbankan biaya pemasaran yang tidak sedikit dan berpeluang mengalami kegagalan, begitu pula modal yang dikeluarkan untuk sewa toko. Semakin meningkatnya pengguna handphone dan internet di Indonesia menjadi peluang dalam memperluas pasar dan pemasaran produk atau jasa yang dimiliki oleh mitra pengabdian. Pemanfaatan Media Sosial atau E-Commerce menjadi upaya pengenalan produk dan peningkatan penjualan usaha mitra. Metode pelaksanaan pengabdian yang dilaksanakan diantaranya Pembuatan Katalog Produk, Pemilihan dan Pelatihan Penggunaan Media Sosial atau E-Commerce

Biografi Penulis

Made Dudy Satyawan, Accounting Department, Faculty of Economics, Universitas Negeri Surabaya

Referensi

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-30

Cara Mengutip

Satyawan, M. D., Triani , N. N. A. ., Yanthi, M. D. ., Bhilawa, L. ., & Aisyahturrahmi, A. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Media Sosial atau E-Commerce dalam Upaya Pengenalan Produk dan Peningkatan Penjualan. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 4(2), 46–52. https://doi.org/10.26740/abi.v4n2.p46-52

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 27 , PDF Downloads: 24

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama