Pendampingan Pemanfaatan Media Sosial atau E-Commerce dalam Upaya Pengenalan Produk dan Peningkatan Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.26740/abi.v4n2.p46-52Kata Kunci:
Digitalization of marketing, SMEs, BUMDes, Bojonegoro, E-CommerceAbstrak
Era digitalisasi memengaruhi perilaku usaha, tidak hanya pelaku usaha yang bisnis modelnya berubah dari cara-cara konvensional ke penggunaan teknologi informasi, tapi juga perilaku konsumen yang berbelanja melalui platform-platform media sosial atau e-commerce. Mitra pengabdian yang merupakan pelaku usaha UMKM dan badan pengelola BUMDes di Desa pada Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, memiliki permasalahan dalam mengenalkan usaha dan produk atau jasa yang dihasilkan. Metode konvensional mengorbankan biaya pemasaran yang tidak sedikit dan berpeluang mengalami kegagalan, begitu pula modal yang dikeluarkan untuk sewa toko. Semakin meningkatnya pengguna handphone dan internet di Indonesia menjadi peluang dalam memperluas pasar dan pemasaran produk atau jasa yang dimiliki oleh mitra pengabdian. Pemanfaatan Media Sosial atau E-Commerce menjadi upaya pengenalan produk dan peningkatan penjualan usaha mitra. Metode pelaksanaan pengabdian yang dilaksanakan diantaranya Pembuatan Katalog Produk, Pemilihan dan Pelatihan Penggunaan Media Sosial atau E-Commerce
Referensi
] Arianto, B. Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 6 No. 2. Des 2020
] Fadly H D, Sutama. Membangun Pemasaran Online dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global, Vol 5 No. 2. 2020
] https://pakuanpos.com/dosen-akuntansi-unesa-beri-pendampingan-e-commerce-pada-umkm-dan-bumdes- di-bojonegoro/.