Pendampingan Pengembangan Kemasan Abon Ayam UMKM dan Penyaluran Abon Ayam Beserta Makanan Pokok dalam Rangka Mengurangi Dampak Ekonomi Masyarakat pada Masa Pandemi

Authors

  • Dewi Prastiwi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Leny Yuanita Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Lucky Rachmawati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Merlyana Dwinda Yanthi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v2i2.12192

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor, khususnya para pekerja di sektor informal. Pembatasan kegiatan sosial dan ekonomi berdampak terhadap banyak tenaga kerja yang kehilangan
pekerjaan di kabupaten/kota se-Jawa Timur. Kondisi ini akan menurunkan tingkat kesejahteraan serta
meningkatkan angka kemiskinan di wilayah Provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu, untuk mengurangi
dampak pandemi Covid-19 pada para pekerja sektor informal serta pemberdayaan UMKM, maka pada
kegiatan ini Tim PKM melaksanakan kegiatan pendampingan pengembangan kemasan abon ayam dan
penyaluran abon ayam beserta makanan pokok dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar makanan
masyarakat terdampak Covid-19. Pendampingan pengembangan kemasan abon ayam dilaksanakan
pada UMKM Abon Barokah. Hasil pelaksanaan PKM ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan
UMKM Abon Barokah untuk menambah minat daya beli masyarakat, dapat memasarkan dan menjual
produknya dengan lebih baik lagi, sehingga mampu bertahan di masa pandemi. Penyaluran abon
ayam beserta makanan pokok diharapkan menjadi sarana promosi bagi produk abon ayam UMKM
Abon Barokah dan mampu mengurangi dampak pembatasan kegiatan sosial dan ekonomi bagi
masyarakat di wilayah kabupaten/kota se-Jawa Timur.

References

<p>[1]             Apriyanti,  Masayu Endang. 2018. Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Volume 10, no. 1, April 2018, pp. 20-27 e-issn: 2502-5449 p-issn: 2085-2266 http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/sosio_ekons.</p><p>[2]             Mufrenia, Alfin nf. 2016. Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen volume 2 nomor 2 (november 2016) 48-54 http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem issn 2477-2275 (print)</p><p>[3]             Pemprov Jatim. 2020. Peta Sebaran Covid-19 di Provinsi Jawa Timur per 28 April 2020, diakses melalui laman Instagram: jatimpemprov. </p><p>[4]             Susetyarsi, th. 2012. Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone Di Kota Semarang. Jurnal Stie Semarang, vol 4, no 3, edisi oktober 2012 (issn : 2252-7826).</p>

Published

2021-07-15

How to Cite

Prastiwi, D., Yuanita, L., Rachmawati, L., & Yanthi, M. D. (2021). Pendampingan Pengembangan Kemasan Abon Ayam UMKM dan Penyaluran Abon Ayam Beserta Makanan Pokok dalam Rangka Mengurangi Dampak Ekonomi Masyarakat pada Masa Pandemi. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.26740/abi.v2i2.12192
Abstract views: 211 , PDF Downloads: 297

Most read articles by the same author(s)